Jelaskan Pengertian Sistem Rally Point dalam Bola Voli

"Ini adalah sistem penentuan poin yang khas bola voli."

Analisis | 13 September 2022, 22:24
Jelaskan Pengertian Sistem Rally Point dalam Bola Voli

Libero.id - Permainan bola voli memiliki sistem pengumpulan poin yang khas yang berbeda dari bola basket maupun sepakbola. Sistem rally point yang digunakan telah menginspirasi cabang olahraga lain seperti bulutangkis.

Bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Banyak orang dari lintas usia dan generasi gemar bermain bola voli, baik sekedar hobi maupun menjadi profesi yang menjanjikan. Bahkan, di Indonesia ada kompetisi semiprofesional bertajuk Proliga Voli.

Mengutip laman resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), pengertian bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim di lapangan permainan yang dipisahkan oleh jaring (net). Masing-masing tim terdiri dari enam pemain inti yang berada di lapangan. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengirimkan bola melewati net agar bola tersebut jatuh ke area lapangan lawan.

Dalam permainan bola voli, setiap tim memiliki kesempatan melakukan tiga kali pukulan untuk mengembalikan bola ke area lapangan lawan.

Bentuk permainan bola voli adalah bola dimainkan dengan awalan berupa servis, yaitu bola dipukul oleh pemain yang bertugas melakukan servis atau disebut server sampai bola melewati net. Kemudian, rally berlanjut sampai bola mendarat di lapangan permainan, keluar, atau gagal dikembalikan secara benar. 

Dengan cara bermain seperti itu, maka sistem penilaian yang digunakan dalam pertandingan bola voli adalah rally point. 

Rally atau reli adalah rangkaian permainan yang berawal dari pukulan awal (servis) hingga bola keluar dari permainan. Reli dapat dikatakan selesai jika berakhirnya laju bola menghasilkan angka untuk salah satu tim yang bertanding. Itu juga termasuk poin yang diperoleh saat diberikan penalti akibat pelanggaran peraturan menurut wasit, atau gagal dan hilangnya kesempatan melakukan servis.

Ketika tim yang melakukan servis berhasil memenangi sebuah reli, mereka akan tetap melakukan servis pada giliran selanjutnya dan pemainnya memutar satu posisi searah jarum jam. Tapi, servis diberikan kepada tim penerima servis pada awal terjadinya reli jika regu tersebut memenangi rangkaian permainan.

Kemudian, bola dinyatakan masuk dan menghasilkan poin bagi salah satu tim jika bola hasil pukulan mereka menyentuh permukaan lapangan dalam garis batas area permainan. Poin tetap diberikan apabila bola dinyatakan menyentuh garis batas wilayah permainan, asalkan tidak sepenuhnya meninggalkan lapangan.

Jadi, dapat disimpulkan pengertian rally point adalah sistem perhitungan poin dengan pihak yang berhasil memenangi reli atau mematikan lawan akan langsung mendapatkan poin. Dalam rally point, satu tim tidak perlu harus melakukan servis terlebih dulu (sistem pindah bola) untuk meraih poin.

Lalu, bagaimana penghitungan poin dalam bola voli? Pertandingan bola voli terdiri atas lima set. Tim yang berhasil memenangi tiga set akan dinyatakan sebagai pemenang.

Untuk memenangkan pertandingan dalam setiap set tim harus mencetak 25 poin. Jika seorang pemain melakukan kesalahan dalam bermain, maka regu lawan akan mendapatkan poin. Hal ini disebut sebagai sistem rally point.

Namun, jika poin kedua tim sama (24-24) dalam sebuah set maka pertandingan akan ditambah 2 (dua) poin. Tim pertama yang bisa unggul dua poin akan memenangi pertandingan dalam set tersebut. Sementara jika pertandingan imbang 2-2, maka set kelima atau set penentuan akan dimainkan hingga 15 poin dengan keunggulan minimal adalah 2 poin.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network