Terungkap, Alasan di Balik Pemain Membuat Lubang di Sepatu Bola

"Mereka yang melakukannya antara lain Danielle de Rossi, Philippe Coutinho dan Matts Hummel. Malah ada yang membuat lubang cukup besar."

Feature | 21 July 2020, 02:52
Terungkap, Alasan di Balik Pemain Membuat Lubang di Sepatu Bola

Libero.id - Pemain sepakbola memiliki kebiasaan unik yang jarang dipahami maksud dan tujuannya. Anda mungkin tidak memperhatikan bahwa banyak pemain memiliki kebiasaan memotong sepatu di bagian belakang kaki. Ada pula yang dengan keinginan sendiri memotong sepatu di bagian depan.

Ternyata semua kebiasaan itu bukan untuk gaya-gayaan. Memang ada maksud dan tujuannya.

Pemain yang melakukan tindakan ini salah satu yang jadi perbincangan adalah bek SPAL Fransesco Vicari. Dia tampak membuat lubang yang cukup besar di bagian belakang sepatu Nike Tiempo Legend VII.

Hal yang sama dilakukan Philippe Coutinho sewaktu masih membela Liverpool. Pemain lain yang juga pernah melakukannya adalah Danielle de Rossi.

Libero.id

Philippe Coutinho

Libero.id

Danielle de Rossi

Kalau misalnya hal itu dilakukan karena sepatu kekecilan rasanya tidak masuk akal. Sebab, pemain sekelas mereka bisa saja memesan sepatu custom sesuai ukuran. Ibrahimovic dan Romelu Lukaku misalnya menggunakan sepatu ukuran 47 EU.

Ternyata, tindakan itu dilakukan lebih karena alasan bersifat medis.

Lubang-lubang pada sepatu kemungkinan merupakan cara untuk meringankan tekanan atau rasa kurang enak dari apa yang disebut "tumit Haglund”.

Bagi beberapa pemain ada yang mengalami pembesaran tulang di bagian belakang tumit. Ausnya tendon Achilles disembuhkan oleh tubuh dengan penambahan kalsium di bagian belakang kaki, yang mengarah pada pembentukan eksostosis (malformasi tulang). Efeknya adalah rasa  ketidaknyamanan akibat kontak langsung dengan sepatu.

Bagian belakang sepatu tertentu bisa menyebabkan iritasi sehingga mereka perlu memotongnya.

Tumit Haglund juga bisa timbul dari masalah postur tubuh atau pada pemain bola lebih karena tekanan yang berlebihan.

BAGIAN DEPAN

Selain memotong di bagian belakang, ada pula pemain yang memotong di bagian depan. Pemain yang pernah melakukan ini adalah Matts Hummel.

Libero.id

Matts Hummel

Sepatu Hummels tampak dipotong di bagian jempol kanan dan kiri saat pertandingan Bayern Munich lawan Borussia Dortmund tiga tahun lalu. Ketika itu Hummels masih membela Bayern.

"Saya tidak bisa memberikan banyak tekanan pada jempol kaki karena keduanya biru.

Bek tengah itu lantas membuat lubang di bagian jempol yang ternyata ia potong sendiri.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network