Kisah Liverpool Coba Datangkan Jude Bellingham dengan Rp150 juta pada 2012

"Mungkin ceritanya bisa berbeda kalo jadi ke Anfield."

Analisis | 22 September 2022, 18:18
Kisah Liverpool Coba Datangkan Jude Bellingham dengan Rp150 juta pada 2012

Libero.id - Liverpool pertama kali mencoba untuk mengontrak Jude Bellingham satu dekade lalu, dan itu merupakan fakta lama yang baru terungkap.

Bellingham, yang saat ini baru berusia 19 tahun, adalah salah satu pemain muda berbakat yang menarik perhatian banyak klub-klub top Eropa, terutama setelah tampil mengesankan untuk Borussia Dortmund yang sampai dengan sejauh ini enggan melepas Bellingham.

Menurut laporan The Athletic, klub Bundesliga telah memagari sang pemain dengan menetapkan harga permintaan yang sangat besar yakni sekitar 131 juta pounds / Rp 2,2 trilliun untuk Bellingham pada musim panas mendatang.

Jika Liverpool - atau klub lain mana pun - memenuhi nilai yang Dortmund tetapkan, itu berarti akan menjadi biaya rekor baru untuk pemain Inggris tersebut. Rekor pemain Inggris saat ini masih dipegang Jack Grealish ketika dibeli Manchester City dari Aston Villa pada 2021 dengan biaya 100 juta pounds / Rp 1,6 triliun.

Liverpool sangat dikaitkan dengan kepindahan pemain tim nasional Inggris itu, yang terikat kontrak dengan Dortmund hingga musim panas 2025.

Sekarang telah terungkap bahwa Liverpool berusaha untuk mengontrak Bellingham hanya dengan sebagian kecil dari harga itu pada 2012.

The Athletic mengklaim bahwa ketika Bellingham masih berusia sembilan tahun, dia dan keluarganya pertama kali didekati oleh Liverpool untuk kemungkinan pindah ke Merseyside.

Bellingham, yang bermain untuk tim U-11 Birmingham City pada saat itu, menjalani uji coba selama dua hari di Liverpool. 

Menurut James Pearce dari The Athletic, Bellingham "membuat kesan abadi pada staf, tidak hanya dengan kemampuannya, tetapi dengan kedewasaannya saat dia mengambil bagian dalam sesi latihan dan diberi tur fasilitas". 

Liverpool berharap dapat meyakinkan Bellingham dan keluarganya untuk pindah dari Midlands, walau The Reds harus membayar sekitar 9.000 pounds / Rp 152 juta sebagai kompensasi ke Birmingham. 

Tetapi, mereka gagal dalam upaya mereka untuk mengontrak gelandang tersebut, dengan keluarganya memilih untuk tidak pindah. 

Manchester City dan Chelsea juga gagal dalam upaya mereka untuk mengontrak pemain muda itu, yang kemudian menjadi pemain termuda di tim utama Birmingham pada 2019 ketika ia melakukan debut seniornya pada usia 16 tahun 38 hari. 

Bellingham kemudian pindah ke Dortmund pada 2020 dengan biaya awal 25 juta pounds / Rp 424 miliar. Nominal transfer itu menjadikannya pemain berusia 17 tahun termahal dalam sejarah. 

Birmingham juga mempensiunkan nomor punggung 22 setelah pindah ke sepak bola Jerman "untuk mengingat salah satu dari pemain hebat seperti Bellingham sekaligus untuk menginspirasi orang lain". 

Sejak saat itu, dia telah mencetak 13 gol dalam 100 pertandingan untuk Dortmund dan sekarang dipandang sebagai pemain paling berharga di Bundesliga oleh Transfermarkt.com. 

Bellingham saat ini sedang menjalani tugas internasional bersama Inggris, yang akan menghadapi Italia dan Jerman di Nations League bulan ini. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network