Standar Ganda? Insiden Kotak Penalti di Laga Arsenal vs Liverpool

"Yang satu penalti. Yang lain tidak. Cek videonya!"

Analisis | 10 October 2022, 00:39
Standar Ganda? Insiden Kotak Penalti di Laga Arsenal vs Liverpool

Libero.id - Insiden menarik terjadi pada pertandingan Liga Premier 2022/2023 yang mempertemukan Arsenal dengan Liverpool di Emirates Stadium, Minggu (9/10/2022) malam WIB. Ini terkait dua kejadian di kotak penalti dengan penilaian berbeda oleh wasit dan VAR.

Arsenal sukses mempertahankan posisi puncak klasemen sementara setelah mengalahkan Liverpool 3-2. Gol Gabriel Martinelli dan Bukayo Saka (2 gol) sudah cukup membuat aksi Darwin Nunez dan Roberto Firmino sia-sia.

Namun, ada dua insiden kotak penalti menarik yang menjadi perdebatan suporter di dunia maya maupun dunia nyata. Kejadian pertama tercipta pada menit 14 ketika bola yang dikontrol Diogo Jota mengenai tangan Gabriel. Tapi, wasit maupun VAR mengabaikannya sebagai hadiah tendangan 12 pas.

Kemudian, pada menit 72, Thiago Alcantara menendang kaki Gabriel Jesus di kotak terlarang. Wasit dan VAR memutuskan hal tersebut sebagai pelanggaran. Penalti kemudian dikonversi Bukayo Saka menjadi gol. Skor 3-2! 

Atas perbedaan perlakukan pada dua insiden tersebut, suporter membanjiri dunia maya dengan berbagai kata-kata keluhan, kritik, hingga kekecewaan." Apakah ini standar ganda? Lalu, apa fungsinya VAR jika tidak bisa menilai dengan benar," tulis salah satu pengguna Twitter.

Ada lagi yang menambahkan: "Yang satu tidak penalti, yang lain penalti. Keputusan macam apa ini?" Ada juga yang menulis: "Salah satu skandal paling memalukan di Liga Premier".

Tapi, apa pun alasannya, Arsenal berhasil memetik hasil sempurna sekaligus melanjutkan rentetan hasil positif. Mereka tetap di puncak dengan 24 poin atau unggul 1 poin dari Manchester City. Sementara Tottenham Hotspur ada di peringkat ketiga dengan 20 poin.
 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network