Peringkat 5 Pemain Paling Banyak Menangkan Ballon d'Or

"Dua masih aktif, tapi sulit kembali meraih penghargaan tersebut."

Analisis | 19 October 2022, 16:08
Peringkat 5 Pemain Paling Banyak Menangkan Ballon d'Or

Libero.id - Pemenang Ballon d'Or 2022 telah diumumkan di Theatre du Chatelet di Paris, Prancis. Karim Benzema terpilih menjadi pemain terbaik setelah mengalahkan dua nominasi lainnya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada pesepakbola dengan performa terbaik dalam satu musim oleh majalah berita Prancis, France Football.

Ballon d'Or tidak diragukan lagi merupakan penghargaan individu paling bergengsi di dunia sepak bola. Pemenang Ballon d'Or dipilih oleh kombinasi suara dari perwakilan media, kapten tim nasional, dan pelatih.

Hingga 1995, Ballon d'Or hanya diberikan kepada pemain dari Eropa. Itu kemudian diperluas untuk memasukkan pemain dari seluruh dunia yang bermain di klub-klub Eropa. Pada 2007, ambisinya diperluas untuk memasukkan pemain sepak bola dari mana saja di seluruh dunia.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima pemain dengan peraih Ballon d'Or terbanyak dalam sejarah sepak bola.

#5 Marco van Basten - 3 Ballon d'Or

Marco van Basten adalah salah satu striker paling mematikan dalam sejarah olahraga ini. Dia fenomenal untuk tim nasional Belanda, Ajax, dan AC Milan, di mana dua klub yang dia wakili dalam kariernya relatif singkat.

Dia menduduki peringkat keenam dalam polling di sosial media tentang Pemain Terbaik Abad Ini dan telah memenangkan Ballon d'Or tiga kali. Van Basten memenangkan Ballon d'Or pertamanya pada 1988 setelah memimpin tim nasional Belanda meraih kemenangan di Euro. Dia juga menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen dan memenangkan Sepatu Emas.

Van Basten memenangkan Ballon d'Or kedua berturut-turut pada 1989 setelah membawa AC Milan menjuarai Piala Eropa. Dia kemudian memenangkan penghargaan itu lagi pada 1992.

#4 Michel Platini - 3 Ballon d'Or

'Le Roi' (Sang Raja) yang disematkan kepada Michel Platini adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah sepak bola Prancis. Dia memainkan peran penting dalam membawa Prancis menjadi negara adidaya sepak bola. Playmaker bertubuh kecil ini selalu ada untuk klub dan negaranya saat dibutuhkan.

Dia memimpin Les Bleus meraih kemenangan di Kejuaraan Eropa 1984. Platini adalah pesepak bola terbaik di dunia selama awal 1980-an. Dia memenangkan Ballon d'Or tiga tahun berturut-turut (1983, 1984, dan 1985).

Platini mengukuhkan statusnya sebagai pemain terhebat sepanjang masa selama di periode itu dan menginspirasi playmaker generasi baru, Zinedine Zidane, yang secara luas dianggap sebagai salah satu yang terhebat sepanjang masa.

Zidane memuji Platini sebagai pahlawannya. Dia mengatakan kepada FIFA.com, "Ketika saya masih kecil dan bermain dengan teman-teman saya, saya selalu memilih untuk menjadi Platini. Saya membiarkan teman-teman saya berbagi nama idola saya yang lain di antara mereka."

#3 Johan Cruyff - 3 Ballon d'Or

Johan Cruyff bukan hanya salah satu pesepak bola terhebat sepanjang masa, tetapi dia juga dipuji karena berhasil merevolusi olahraga. Dia adalah seorang pionir dan menikmati karier yang luar biasa baik sebagai pemain maupun manajer dan mempopulerkan filosofi 'total football'.

Cruyff awalnya memantapkan dirinya di Ajax, memenangkan gelar liga delapan kali dalam dua tugasnya. Dia juga memenangkan Piala Eropa tiga kali bersama timnas Belanda. Cruyff kemudian pindah ke Barcelona pada 1973 dan memenangkan gelar La Liga di musim pertamanya membela Catalunya.

Dia terpilih menjadi European Player of the Century pada 1999. Cruyff telah memenangkan Ballon d'Or tiga kali, yaitu pada edisi 1971, 1973, dan 1974.

#2 Cristiano Ronaldo - 5 Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo bisa dibilang adalah pencetak gol terbaik dalam sejarah permainan. Ikon Portugal itu menjadi pencetak gol terbanyak dalam sepakbola internasional pria dengan 117 gol atas namanya.

Dia memiliki karier yang sangat masyhur dan masih kuat tampil di kompetisi teratas pada usia 37 tahun.
 
Ronaldo telah memenangkan Ballon d'Or lima kali dalam kariernya. Dia adalah salah satu penyerang paling lengkap dalam sejarah olahraga ini. Setelah memulai sebagai pemain sayap, Ronaldo perlahan bertransisi menjadi penyerang sebelum akhirnya berubah menjadi penyerang tengah.

Kecepatannya yang luar biasa, tipu daya, jarak tembak yang luar biasa, visi, tubuh atletis, dan keinginan untuk berhasil sangat bisa dijadikan untuk membedakannya.

#1 Lionel Messi - 7 Ballon d'Or

Lionel Messi bisa dibilang adalah pesepakbola terhebat sepanjang masa. Jumlah Ballon d'Or-nya menunjukkan hal yang sama. Legenda Argentina itu telah memenangkan tujuh penghargaan Ballon d'Or dalam hidupnya. 

Dia telah mendominasi sepakbola selama satu setengah dekade terakhir dan melakukan duopoli atas Ballon d'Or dengan saingan beratnya, Cristiano Ronaldo. 

Messi tak terbendung dalam menunjukan keterampilan dribbling, kecepatan, dan kemampuan teknis yang sangat baik. Sebagai produk akademi muda terkenal Barcelona 'La Masia', Messi adalah salah satu pesepakbola paling berbakat secara teknis dalam sejarah olahraga. 

Dia meraih Ballon d'Or pertamanya pada 2009. Sejak itu, Messi telah memenangkan penghargaan tersebut sebanyak enam kali pada 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021. 

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network