Cerita Indra Sjafri Blusukan di Belanda Cari Pemain Keturunan

"Butuh usaha dan tenaga untuk mengupayakan pemain naturalisasi..."

Feature | 21 October 2022, 11:36
Cerita Indra Sjafri Blusukan di Belanda Cari Pemain Keturunan

Libero.id - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri sudah menjalankan tugas mencari pemain keturunan buat memperkuat Timnas Indonesia U-20. Belum lama ini ia pergi ke Belanda.

Indra Sjafri ditugasi oleh PSSI bersama utusan federasi, Hamdan Hamedan, untuk mencari pemain keturunan di Belanda pada pekan pertama Bulan Oktober. Pemain keturunan dibutuhkan kehadirannya oleh pelatih Shin Tae-yong untuk bermain di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Sebelumnya Shin Tae-yong sudah sempat menghadirkan tiga pemain keturunan asal Belanda dalam Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 pada pertengahan Juli lalu. Mereka adalah Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel.

Pada akhirnya ketiganya dipulangkan karena dianggap tak memenuhi kriteria. Kualitas ketiganya belum bisa memuaskan Shin Tae-yong.

Makanya PSSI mengutus Indra Sjafri untuk mencari pemain yang diinginkan Shin Tae-yong. Dalam perjalanan ke Belanda, Indra Sjafri mengaku berhasil meyakinkan beberapa pemain incaran.

"Kemarin ada 11 pemain yang diminta coach Shin, saya lihat sama Jin (Jongjin Kim, asisten Shin Tae-yong). Kami dapat empat nama. Empat nama itu akan dirilis nanti," ujar Indra Sjafri kepada awak media.

"Posisi mereka yang dibutuhkan coach shin, sesuai yang diminta. Posisi apanya nanti akan dirilis. Apakah keluar pemain keturunan setuju? Saya enggak akan sampaikan itu. Nanti lihat saja. Dalam waktu dekat pasti ada pemberitaan tentang mereka," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sempat mengindikasikan Shin Tae-yong berminat dengan Ivar Jenner dan Mees Hilgers. Keduanya diduga termasuk dalam daftar 11 pemain incaran Shin Tae-yong.

Untuk Ivar Jenner, PSSI sudah pernah menemuinya langsung pada Bulan April lalu. Sedangkan Mees Hilgers sudah pernah menolak dan bahkan dipanggil Belanda U-21 awal September lalu.

"Bisa jadi (Ivar Jenner dan Mees Hilgers). Pokoknya saya ditugaskan memilih, lalu saya rekomendasikan ke coach Shin. Tetap keputusan di Soach Shin karena dia yang paling tahu posisi mana yang dia butuhkan," tutur Indra Sjafri.

"Kami sudah kasih empat nama, kami sudah komunikasikan juga dengan anak-anaknya apakah mereka mau atau tidak (memperkuat Timnas U-20)," ujar Indra Sjafri.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network