10 Bintang Asia yang Layak Dicermati di Piala Dunia 2022

"Jangan pernah meremehkan pemain Asia. Mereka ini buktinya.."

Analisis | 18 November 2022, 08:02
10 Bintang Asia yang Layak Dicermati di Piala Dunia 2022

Libero.id - Dengan adanya pemain seperti Hidetoshi Nakata, Ali Daei, atau Park Ji-sung dalam sejarah Piala Dunia, Asia sepertinya tidak kekurangan panggung terbesar di sepakbola. Tapi, bagaimana dengan Piala Dunia 2022?

Piala Dunia tahun ini adalah kali kedua diselenggarakan di Asia. Kira-kira 20 tahun lalu, Jepang dan Korea Selatan menggelar turnamen bersama dengan sangat meriah. Brasil menjadi juara. Tapi, penampilan wakil-wakil Asia, khususnya Korea Selatan dan Jepang, menuai decak kagum.

Kini, saat Piala Dunia kembali digelar di Asia, wakil AFC diyakini bisa berbuat banyak. Jepang, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, Australia, hingga tuan rumah Qatar bakal jadi kebanggaan Asia di Piala Dunia 2022.

Berikut ini 10 pemain Asia yang layak ditunggu penampilannya di Piala Dunia 2022:

1. Almoez Ali (Qatar)

Lahir di Sudan dan pindah ke Qatar saat masih kecil, Almoez Ali secara luas dianggap sebagai salah satu striker top. Sebagian besar karena penampilannya yang gemilang di Piala Asia 2019. Dia mencetak sembilan gol hanya dalam tujuh pertandingan, termasuk gol krusial di semifinal dan final untuk mengklaim penghargaan Sepatu Emas dan MVP turnamen.

2. Abdelkarim Hassan (Qatar)

Bek jarang menjadi sorotan. Tapi, Abdelkarim Hassan berbeda. Jika tidak ada dirinya, sektor kiri belakang  Qatar akan keropos. pengalaman jadi anak asuh Xavi Hernandez di Al Sadd benar-benar membuat dewasa. Dengan status sebagai Pemain Terbaik Asia 2018, Piala Dunia 2022 bakal jadi panggung besar untuk dirinya.

3. Mehdi Taremi (Iran)

Pada Piala Dunia 2018, Mehdi Taremi tampil luar biasa. Empat tahun kemudian dia semakin matang. Kini, dia bermain di Portugal bersama FC Porto. Dengan lima gol di Liga Champions musim ini, Mahdi Taremi tampaknya sangat siap membantu Team Melli mengajutkan Piala Dunia 2022.

4. Alireza Beiranvand (Iran)

Empat tahun lalu di Rusia, Alireza Beiranvand dikenang karena dua hal. Pertama, menggagalkan tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Kedua, lemparan yang mampu mencapai lingkaran tengah lapangan. Kini, meski Team Melli punya kiper lain dalam diri Amir Abedzadeh, Alireza Beiranvand bakal tetap jadi penjaga gawang utama Iran pilihan Carlos Queiroz.

5. Salman Al-Faraj (Arab Saudi)

Salman Al-Faraj adalah playmaker paling berbakat di Asia selama dekade terakhir. Dan, tampaknya cukup mengherankan jika dirinya tidak bermain di Eropa. Entah karena tidak berani keluar dari zona nyaman atau apa, faktanya dia menghabiskan seluruh karier di Al Hilal.

6. Salem Al-Dawsari (Arab Saudi)

Kebanyakan pemain Arab Saudi menghabiskan karier di dalam negeri, di Liga Profesional Arab Saudi, termasuk Salem Al-Dawsari. Padahal, dengan kemampuan yang dimiliki, dia seharusnya berani keluar dari zona nyaman dan fasilitas bintang lima untuk bermain di Eropa.

7. Takehiro Tomiyasu (Jepang)

Sepakbola Jepang tidak pernah kekurangan pemain yang sukses di Eropa. Tapi, hanya ada segelintir yang berhasil membuat tanda cukup bagus di Liga Premier, salah satunya Takehiro Tomiyasu.

Setelah dua musim yang mengesankan di Serie A bersama Bologna, bek serba bisa itu pindah ke Arsenal. Hebatnya, tidak butuh waktu lama bagi Takehiro Tomiyasu untuk membuktikan dirinya sebagai kontributor yang berguna. Dia banyak membantu The Gunners menjalani start impresif di Liga Premier musim ini

Jadi, kini layak dinantikan sepak terjang Takehiro Tomiyasu bersama tim nasional Jepang di Piala Dunia 2022.

8. Daichi Kamada (Jepang)

Dengan skuad Jepang yang terdiri dari empat penyerang dengan hanya 10 gol internasional diantara mereka, ada kekhawatiran yang dapat dipahami mengenai apakah Hajime Moriyasu memiliki daya tembak yang cukup. Sebab, mereka harus menghadapi Jerman dan Spanyol.

Syukurlah, Samurai Biru punya Daichi Kamada. Awal gemilang ditunjukkan pemain Eintracht Frankfurt di musim 2022/2023. Dia sudah mencetak 12 gol hanya dalam 21 pertandingan di semua kompetisi. Dan, gaya permainannya yang dinamis akan menarik perhatian banyak orang netral yang menonton Piala Dunia 2022.

9. Kim Min-jae (Korea Selatan)

Fakta bahwa Napoli hampir tidak merasakan kepergian Kalidou Koulibaly ke Chelsea adalah karena satu nama. Dia adalah Kim Min-jae. Dengan postur 1,9 meter, Kim Min-jae sukses membantu Napoli perkasa di Serie A. Kini, semua pendukung Korea Selatan menanti aksi eks pemain belakang Fenerbahce.

10. Son Heung-min (Korea Selatan)

Tentu saja, tidak ada yang tidak kenal Son Heung-min. Bintag Korea Selatan itu moncer bersama Tottenham Hotspur di Liga Premier. Dan, untuk Piala Dunia 2022, Sonny dipastikan akan tampil denga topeng diwajah setelah mengalami cedera pada pertandingan Liga Champions beberapa waktu lalu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network