Sosok Timothy, Anak George Weah yang Sukses Memenuhi Impian Sang Ayah

"Ada alasan khusus kenapa dirinya membela Amerika Serikat..."

Feature | 22 November 2022, 05:57
Sosok Timothy, Anak George Weah yang Sukses Memenuhi Impian Sang Ayah

Libero.id - Dalam wawancaranya dengan La Gazzetta Dello Sport pada bulan Februari, Timothy Weah membahas pengaruh ayahnya dan mengapa dia memilih USMNT, mengungkapkan bahwa dia telah melakukan uji coba di Chelsea dan dan merupakan seorang The Gunners sejati.

Striker berusia 22 tahun itu menjadi berita utama dengan gol Piala Dunia pertamanya untuk USMNT melawan Wales (VIDEO), memenuhi impian ayahnya yang belum pernah bermain di kompetisi tersebut.

Tapi mengapa Weah Jr. memutuskan bermain untuk AS? Striker Lille itu mengungkapkannya dalam sebuah wawancara dengan La Gazzetta Dello Sport Februari lalu.

“Saya lahir di New York dan dibesarkan di AS, di mana saya mulai bermain sepak bola sejak awal di tim muda tim nasional."

“Selalu ada perasaan khusus, jadi pilihannya wajar. Fakta bahwa ayah saya adalah Presiden Liberia tidak mempengaruhi keputusan saya. Orang tua saya selalu memberi saya banyak kebebasan dan saya pikir saya telah mengambil keputusan yang tepat mengingat kami akan lolos ke Piala Dunia, itu akan menjadi mimpi."

“Bahkan jika saya bermain untuk Amerika Serikat, saya pikir saya dapat berkontribusi untuk negara Afrika melalui sepak bola, mencoba menjadi contoh.”

Weah Jr. tidak hanya melakukan debutnya di Piala Dunia tetapi juga mencetak gol dalam pertandingan pertamanya di kompetisi tersebut.

Pengaruh ayahnya, peraih Ballon d'Or 1995 bersama Milan, sangat signifikan, terutama di tahun-tahun pertama kariernya.

“Saya menganggap diri saya orang yang seimbang, dipanggil Weah bukan beban,” ucapnya.

“Nama belakang milik keluarga saya dan saya bermain untuk menghormatinya. Fakta bahwa ayah saya adalah bintang internasional dan presiden suatu negara tidak masalah. Bagiku, dia tetap ayahku. Dia membuat karir yang luar biasa dan terserah saya untuk melanjutkan jalannya."

“Haruskah saya mulai memikirkan karier ayah saya, semuanya akan menjadi lebih rumit. Jadi saya lebih memilih untuk fokus pada sepak bola saya, memberikan yang terbaik dan menikmati setiap momen di lapangan,” lanjutnya.

“Ayah saya adalah sumber inspirasi, teladan yang sangat memotivasi saya. Wajar jika dia memenangkan Ballon d'Or karena dia sangat kuat."

“Pemain Afrika lainnya pantas mendapatkannya, seperti Eto’o atau Mané. Mungkin mereka membayar fakta menjadi orang Afrika dan ini memberi nilai lebih pada pencapaian ayah saya.

“Dia tahu sepak bola dengan baik dan selalu memberi saya nasihat yang baik, hal yang sama berlaku untuk ibu saya yang merupakan penggemar berat sepak bola.”

George bermain untuk Chelsea ketika Timothy lahir dan putranya menjalani beberapa uji coba bersama The Blues.

“Ketika saya masih kecil, saya menjalani beberapa percobaan dengan The Blues karena ayah saya bermain di sana. Saya punya banyak teman di Chelsea, seperti Reece James dan Callum Hudson-Odoi.”

Wawancara tersebut dirilis beberapa hari sebelum pertemuan babak 16 besar Liga Champions antara klub Weah, Lille, dan Chelsea pada 2021-22.

Weah dikontrak dengan tim Ligue 1 hingga 2024 tetapi tertarik dengan Serie A dan memiliki tim favorit lain di London.

“Serie A adalah liga yang mendebarkan, dengan banyak tim yang memperebutkan gelar. Mungkin, ini bukan di puncak seperti Premier League, tapi di masa lalu, seperti ketika ayah saya bermain untuk Milan. Sepak bola adalah sebuah siklus dan liga Italia tetap menjadi salah satu yang terbaik, saya ingin bermain di sana suatu hari nanti."

“Saya fokus pada Lille, tapi saya memiliki ambisi untuk bermain di liga seperti Serie A, terutama di klub seperti Milan yang merupakan bagian dari sejarah keluarga saya."

“Dia [George] tidak pernah membicarakannya secara terbuka, tetapi ketika saya masih kecil, ada ide untuk membuat saya bermain di sektor yunior mereka. Segalanya berjalan berbeda tetapi suatu hari saya mungkin bergabung dengan Milan. Banyak hal terjadi dengan cepat dalam sepak bola, Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi.”

Weah bermain dengan kiper Milan Mike Maignan di PSG, namun saat wawancara terakhirnya dengan Gazzetta, dia mengungkapkan bahwa dia juga berteman baik dengan Rafael Leao dan Fikayo Tomori.

“Saya juga berbicara tentang Serie A dengan Weston McKennie dan Moise Kean.

“Saya sudah menjadi penggemar Arsenal sejak saya masih kecil,” pungkasnya. “Itu karena ibu saya yang merupakan penggemar Arsene Wenger dan biasa mengajak saya menonton pertandingan di Emirates Stadium.”

Weah bergabung dengan sektor yunior PSG pada 2014 dari New York Red Bulls. Dia menghabiskan enam bulan dengan status pinjaman di Celtic pada 2019 sebelum pindah permanen 10 juta Euro ke Lille pada musim panas di tahun yang sama. Dia membuat enam penampilan bersama PSG dan mencetak delapan gol dalam 81 penampilan di semua kompetisi bersama Lille.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network