Ada-ada saja! Qatar Dituduh Manipulasi Jumlah Penonton di Stadion

"Kenapa Piala Dunia kali ini banyak sekali sorotan negatifnya ya?"

Viral | 23 November 2022, 21:05
Ada-ada saja! Qatar Dituduh Manipulasi Jumlah Penonton di Stadion

Libero.id - Negara tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar dituduh memanipulasi jumlah penonton Piala Dunia hingga melebihi kapasitas stadion.

Sebagaimana dilaporkan FoxSports, negara tuan rumah Piala Dunia mungkin memiliki beberapa penjelasan yang harus dilakukan setelah beberapa ahli statistik menyadari bahwa penonton resmi terdaftar jauh di atas kapasitas resmi untuk setiap tempat.

Namun, dari sejumlah dokumentasi pertandingan berupa foto dan rekaman. Masih terlihat banyak kursi kosong, dan dapat diasumsikan bahwa banyak pertandingan bahkan tidak mencapai kapasitas.

Kendati demikian, hal itu tidak menghentikan Qatar dari tuduhan manipulasi penonton hingga melebihi kapasitas stadion.

Pasalnya, beberapa pertandingan yang telah digelar sejauh ini diumumkan memiliki penonton melebihi kapasitas stadion. Seperti pada pertandingan pembukaan Piala Dunia diumumkan memiliki 67.372 penonton sedangkan kapasitas resmi Stadion Al Bayt adalah 60.000.

Begitu juga pada pertandingan Inggris melawan Iran diumumkan memiliki 45.334 penonton di stadion, sedangkan Stadion Internasional Khalifas hanya secara resmi menampung 40.000.

Pertandingan Belanda melawan Senegal dikatakan memiliki 41.721 di dalam Stadion Al Thumama berkapasitas 40.000.

Dan pertandingan AS melawan Wales diadakan di Stadion Ahamd Bin Ali berkapasitas 40.000 dengan penonton yang diumumkan sebanyak 43.418.

Total, terdapat 17.845 tambahan yang telah dijejalkan ke dalam stadion yang seharusnya tidak dapat mereka muat di dalamnya.

Foto-foto yang diambil saat Belanda menang 2-0 atas Senegal menunjukkan seluruh bagian stadion kosong saat The Oranje merayakan gol telat.

"Lebih banyak kursi kosong di Senegal-Belanda daripada di konvensi penderita wasir," komentar situs judi Bola Paddy Power dengan satire yang khas.

Para fans juga ikut berkomentar dalam kasus ini. Seorang fans di twitter juga menyebutkan bahwa dalam pertandingan lain dia melihat kursi kosong, dia menambahkan, "Jumlah kursi kosong di setiap stadion benar-benar membuat turnamen ini terasa seperti Euro Covid."

"Ini f ** king shambolic, ribuan kursi kosong, lagi," kata seorang fans Belanda.

Senada dengan itu, wartawan Kanada Joe Callaghan mencatat, "Kami berada 30 menit di Stadion Al Thumama dan masih ada bank dan deretan kursi kosong. Ini bisa dibilang permainan terbaik di minggu pertama, di tempat terkecil bersama. Jika mereka tidak bisa menjual yang ini (tiket)”

Fans yang lain juga menambahkan, "Tidak pernah terpikir pertandingan penyisihan grup Piala Dunia antara Belanda dan Senegal akan memiliki begitu banyak kursi kosong ... sedih melihatnya."

Ini bukanlah tuduhan pertama kali bagi Qatar sejak negara itu ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Qatar telah dituduh sebagai negara pelanggar HAM dan tidak ramah kepada para buruh. 

(atmaja wijaya/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network