Boulaye Dia, Pemain ke-8 Senegal yang Sukses Cetak Gol di Ajang Piala Dunia

"Ketidakhadiran Mane tampaknya sudah mulai teratasi."

Berita | 26 November 2022, 05:31
Boulaye Dia, Pemain ke-8 Senegal yang Sukses Cetak Gol di Ajang Piala Dunia

Libero.id - Pada pertandingan lanjutan Grup A Piala Dunia 2022, Senegal sukses meraih kemenangan telak 1-3 atas tuan rumah Qatar. Laga yang digelar di Stadion Al Thumama, Jumat (25/11/22) pukul 20:00 WIB itu berlangsung sengit.

Meski bermain tanpa Sadio Mane, Timnas Senegal tampil agresif melakukan serangan sejak pertandingan dimulai. Namun, mereka baru berhasil mencetak gol pada menit ke-41 sebelum jeda turun minum.

Melalui aksi brilian Boulaye Dia, timnas Senegal membuka keunggulan dan mengancam tuan rumah Qatar tersingkir dari Piala Dunia 2022.

Pemain berusia 26 tahun itu membobol gawang Qatar setelah memanfaatkan blunder bek Boualem Khoukhi.

Gol itu bermula dari tendangan pemain Senegal dari luar kotak penalti. Khoukhi yang berupaya menghalau bola itu gagal total. Halauan Khoukhi tidak sempurna dan membuat bola tidak keluar kotak penalti. Bola itu dikejar Dia dan langsung ditembakkan ke gawang Qatar.

Melaluo gol pembuka dalam kemenangan 3-1 Senegal Qatar, Boulaye Dia tercatat menjadi pemain ke-8 Senegal yang sukses cetak gol di ajang Piala Dunia. Mengikuti para pendahulunya, Papa Bouba Diop, Henri Camara, Salif Diao, Khalilou Fadiga, Sadio Mane, M'Baye Niang, & Moussa Wague.

Apakah ini saatnya Juara Afrika itu unjuk gigi di ajang sepakbola bergengsi itu?

Kemenangan 1-3 atas Qatar tentu tidak diraih dengan mudah. Qatar pun sempat beberapa kali melakukan serangan berbahaya yang mengancam gawang Timnas Senegal. Namun tim tuan rumah itu hanya berhasil mencetak satu gol melalui aksi M. Mentari pada menit ke 78.

Lantaran kekalahan itu, dapat dipastikan tim tuan rumah Qatar tersingkir dari Piala Dunia 2022. Sebelumnya Qatar sudah kalah pada pertandingan pertama mereka di Grup A saat melawan Ekuador dengan skor 2-0 pada laga pembukaan Piala Dunia 2022.

Kini Qatar hanya memiliki sisa satu pertandingan lagi di Grup A, yaitu melawan Belanda pada 29 November mendatangkan, namun apapun tim tuan rumah sudah otomatis gugur dari Piala Dunia karena sudah kalah dua kali. 

Sementara itu, timnas Senegal masih memiliki harapn untuk melaju ke babak berikutnya. Setelas sukses meraih kemenangan 1-3 atas Qatar. Tim berjuluk Singa Teranga itu bakal harus berjuang keras untuk memenangkan pertandingan terakhir mereka di grup A melawan Ekuador pada 29 November mendatang, jika ingin lolos ke babak selanjutnya. 

(atmaja wijaya/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network