Bagaimana Cara Menghentikan Lionel Messi? Inilah Tips Pelatih Arab Saudi

"Saran dari sang maestro yang mengalahkan Argentina."

Analisis | 17 December 2022, 18:32
Bagaimana Cara Menghentikan Lionel Messi? Inilah Tips Pelatih Arab Saudi

Libero.id - Lionel Messi akan menjadi pusat perhatian para pemain Prancis saat final Piala Dunia 2022 digelar melawan Argentina. Untuk menghentikan La Pulga, pasukan Les Bleus akan kerja keras. Mereka harus mencontoh Arab Saudi yang sukses menang 2-1 di pertandingan pertama.

Berdasarkan jadwal yang dirilis FIFA, final Piala Dunia 2022 akan berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Doha, Minggu (18/12/2022), pukul 22.00 WIB.

Ini akan menjadi pertandingan yang berat bagi Prancis. Mereka harus melakukan segala cara untuk mencegah Lionel Messi memberikan dampak besar pada permainan, seperti yang ditunjukkan di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Bagaimana caranya?

Kebetulan, ada satu pelatih di Piala Dunia 2022 yang cukup sukses membuat Lionel Messi mati kutu. Dia adalah Herve Renard, yang kebetulan memiliki paspor Prancis.

Mantan pelatih Zambia dan Pantai Gading itu membeberkan cara paling ampuh meredam Lionel Messi. Ada beberapa cara yang pernah dilakukan Herve Renard saat Arab Saudi berjumpa Argentina. Tapi, satu cara yang paling mujarab adalah mengisolasi pemilik tujuh Ballon d'Or tersebut.

Menurut Herve Renard, untuk membuat Lionel Messi tak berdaya adalah memperhatikan kinerja pemain lain, khususnya sang bodyguard, Rodrigo de Paul.

Sepanjang turnamen di Qatar, terlihat sangat jelas, gelandang Atletico Madrid itu menjalankan tugas melindungi Lionel Messi dengan baik. Maksudnya, Rodrigo de Paul akan "membersihkan" lawan yang berada dalam radius 1-2 meter dari manuver eks bintang Barcelona.

"Kami tidak hanya fokus pada Messi. Tapi, pada dia (Rodrigo de Paul). Anda harus membawanya dalam konteks ini, untuk menganalisis area pengaruhnya, untuk melihat bagaimana bola mencapainya," ujar Herve Renard, dilansir RMC Sport.

"Yang terpenting, anda harus menekan Rodrigo de Paul. Bagi saya, dia salah satu pemain Argentina terbaik dan salah satu yang paling berguna untuk menempatkan Messi dalam kondisi terbaik. Dia penting karena dia memberi banyak kompensasi di sisi kanan," tambah Herve Renard.

Berdasarkan pengalaman Herve Renard, semua pemain Argentina akan berkorban untuk melihat Lionel Messi ada di posisi tembak, khususnya Rodrigo de Paul. 

"Yang membuat saya kagum adalah permainan kerasnya membebaskan Messi dari banyak tugas. Saat mereka kehilangan bola, pemain ini (Rodrigo de Paul) ada di sana untuk menyelamatkannya dari pekerjaan defensif. Itulah mekanisme kerja mereka," lanjut Herve Renard.

Lebih lanjut, Herve Renard menyatakan bahwa semua pemain Argentina memang terpusat pada Lionel Messi. Jadi, membuat La Pulga terisolasi adalah cara terbaik memenangkan permainan.

"Saat bola hilang, yang lain bekerja untuknya. Saya tidak mau membongkar rahasia kecil (Lionel) Scaloni. Tapi, dia memang membebaskan Messi dari semua pekerjaan itu. Ketika mereka bermain empat bek di belakang, mereka juga punya tiga gelandang yang bekerja keras, dan langsung membantu Messi," pungkas Herve Renard.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network