Inilah Perbedaan Lionel Messi dengan Diego Maradona Menurut Jorge Valdano

"Pendapat yang menarik. Apa itu? Simak pengalamannya berikut ini.."

Analisis | 21 December 2022, 12:59
Inilah Perbedaan Lionel Messi dengan Diego Maradona Menurut Jorge Valdano

Libero.id - Pemain legendaris yang jadi bagian penting dalam perjalanan Argentina menjuarai Piala Dunia 1986 bersama Diego Maradona, Jorge Maldano, punya pandangan tersendiri tentang keberhasilan La Albiceleste menjuarai Piala Dunia 2022. Dia punya pendapat unik soal bagaimana membandingkan Diego Maradona dengan Lionel Messi.

Meski sudah sama-sama memenangkan Piala Dunia, perdebatan tentang Diego Maradona dan Lionel Messi tidak pernah berakhir.

Menurut Jorge Valdano, pencapaian Diego Maradona dan Lionel Messi bersama Argentina luar biasa. Keduanya adalah orang-orang yang menghadirkan kegembiraan dan kebanggaan bagi rakyat Argentina.

"Dia (Lionel Messi) mengalami pertandingan dengan lebih banyak ketegangan daripada Piala Dunia 1986. Sebab, ketika anda bermain, anda melepaskannya. Tapi, kemarin (Piala Dunia 2022) ketegangannya luar biasa. Ketika anda hanya menonton, itu membuat anda tegang. Apalagi, yang bertanding," ujar Jorge Valdano kepada Cadena COPE.

Lebih lanjut, Jorge Valdano mengomentari perdebatan orang-orang soal Diego Maradona atau Lionel Messi. Dengan senang hati, dia membeberkan sejumlah fakta menarik.

"Kesamaan antara Maradona dan Messi adalah mereka sama-sama jenius. Perbedaannya adalah di Meksiko (Piala Dunia 1986), Diego berada di puncak fisiknya (26 tahun). Leo berusia 35 tahun (di Piala Dunia 2022), dan dia harus mengeluarkan kejeniusan, kebijaksanaannya," kata Jorge Valdano.

Jorge Valdano juga mengungkapkan bahwa dirinya sempat berbicara dengan La Pulga sebelum Piala Dunia 2022.

"Ketika saya mewawancarainya sebelum Piala Dunia, di luar kamera, saya mengatakan kepadanya bahwa dia akan memainkan lima Piala Dunia dan tidak ada pesepakbola yang bermain enam kali. Dia mengatakan kepada saya itu tidak mungkin. Dia berkata kepada saya bahwa jika argentina juara, dia akan tetap memakai jersey Argentina sampai Piala Dunia berikutnya," ungkap Jorge Valdano.

Lionel Messi sudah menegaskan akan tetap bermain untuk Argentina. Tapi, dia juga sempat menyebut Piala Dunia 2022 adalah yang terakhir.

Jadi, pertanyaannya kini adalah, apakah Lionel Messi akan berubah pikiran? Sebab, pada Piala Dunia 2026 usianya 39 tahun. Jika melihat angka, itu termasuk tua. Tapi, jika melihan kecenderungan pemain masa kini, itu usia yang biasa-biasa saja. Contohnya, Zlatan Ibrahimovic, Gianluigi Buffon, Cristiano Ronaldo, atau Luka Modric

"Kita lihat saja apakah Messi mampu. Tapi, sepakbola telah menunjukkan bahwa hampir tidak mungkin memainkan enam Piala Dunia," tutup Jorge Valdano.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network