Jelaskan Peraturan Permainan Sepakbola yang Benar

"Banyak yang tidak paham aturan dasar sepakbola."

Analisis | 30 December 2022, 02:05
Jelaskan Peraturan Permainan Sepakbola yang Benar

Libero.id - Sepakbola telah menjadi olahraga paling populer di era modern. Untuk membuat pertandingan berlangsung menarik dan jauh dari kontroversi, dibutuhkan peraturan permainan yang diterapkan dengan benar.

Meski permainannya tampak sederhana, sepakbola memiliki sejumlah aturan yang wajib ditaati para pemain, ofisial, maupun penonton. Dalam sepakbola, terdapat setidaknya 21 peraturan yang wajib dipatuhi, terutama dalam pertandingan resmi level klub maupun tim nasional.

1. Jumlah Pemain

Sepakbola dimainkan dengan adanya dua tim yang bertanding. Setiap tim terdiri dari 11 pemain. Jika di lapangan anya tersisa kurang dari 7 pemain akibat kartu merah atau cedera, tim tersebut dianggap kalah.

2. Pemain Cadangan

Pemain cadangan adalah pemain yang akan menggantikan pemain utama. Jumlah pemain di bangku cadangan tergantung kompetisi. Contoh, Piala Dunia mengharuskan tim mempunyai cadangan 11 orang. Tapi, di liga domestik di seluruh dunia, umumnya 5-7 pemain cadangan, termasuk kiper.

3. Pergantian Pemain

Dulu, setiap tim hanya boleh melakukan 3 pergantian pemain. Tapi, sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, pergantian yang diizinkan adalah 5 pemain. 

4. Wasit

Wasiit adalah orang yang bertugas memimpin pertandingan, dan memberikan segala keputusan di dalam permainan sepakbola. Wasit berhak menentukan gol, pelanggaran, hingga menghentikan pertandingan. Dalam menjalankan tugasnya, wasit utama dibantu oleh 2 asisten wasit dan 1 ofisial keempat. Ada juga operator VAR.

5. Asisten Wasit dan Ofisial Keempat

Asisten wasit berjumlah 2 orang. Mereka sering disebut hakim garis, yang bertugas membantu wasit utama dalam menentukan off side, lemparan ke dalam, dan beragam pelanggaran lainnya. Sementara ofisial keempat berada di sisi lapangan untuk membantu teknis pergantian pemain, memberikan tambahan waktu, dan lain-lain.

6. Waktu Permainan

Lama waktu bermain sepakbola adalah 90 menit, dengan masing-masing babak berdurasi 45 menit. Jeda waktu antara babak pertama dan kedua, 15 menit. Ada juga waktu tambahan 2×15 menit jika pertandingan berakhir imbang dalam fase gugur dan wajib menentukan pemenang.

7. Lapangan

Lapangan standar FIFA memiliki lebar: 64-75 meter, panjang: 100-110 meter, luas daerah gawang: 18,35×5,5 meter, lingkar tengah: 9,15 meter, daerah penalti: 40,39×16,5 meter, dan titik penalti dengan garis gawang: 11 meter.

8. Bola

Bola harus berbentuk bulat, berbahan kulit, diameternya 68-71 cm, dan berat 396-453 gram.

9. Gawang

Gawang memiliki tinggi 2,44 meter dan lebar 7,32 meter.

10. Kapten Tim

Setiap tim yang bertanding wajib memiliki dan menunjuk kapten. Kapten bertugas untuk berdiskusi dengan wasit jika ada yang harus dibicarakan.

11. Kick-off

Kick-off dilakukan  untuk memulai pertandingan, tim lawan baru kebobolan, memulai babak kedua, memulai babak tambahan waktu.

12. Gol

Gol terjadi ketika bola sepenuhnya sudah melewati garis gawang.

13. Bola Keluar

Out atau bola keluar, terjadi saat bola keluar garis lapangan. Jika bola keluar garis pada sisi lapangan, maka akan dilakukan lemparan ke dalam. Jika keluarnya di sisi gawang, akan dilakukan tendangan gawang atau tendangan sudut.

14. Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam terjadi ketika bola keluar di sisi lapangan. Tim yang berhak mengambil lemparan ke dalam adalah klub yang tidak mengeluarkan bola. Cara melakukan lemparan ke dalam dilakukan dengan melempar dan menempatkan bola di atas kepala.

15. Tendangan Penalti

Tendangan penalti akan diberikan wasit kepada salah satu tim, jika ada pemain lawan yang dilanggar di kotak penalti. Tendangan penalti dilakukan pada titik yang sudah disediakan dalam kotak penalti dan langsung berhadapan dengan penjaga gawang.

16. Tendangan Sudut

Tendangan dilakukan dari sudut gawang. Ini terjadi jika bola keluar di garis sebelah gawang yang dilakukan oleh tim sendiri. Dan, tim lawan akan diberikan hadiah tendangan sudut.

17. Pelanggaran

Pelanggaran umumnya terjadi ketika bola menyentuh ke tangan atau handball, pelanggaran keras, menarik baju lawan, berkelahi, atau menghentikan lawan secara sengaja.

18. Kartu Kuning

Wasit bisa mengeluarkan kartu kuning jika terjadi pelanggaran cukup keras. Hal itu berfungsi sebagai penanda peringatan ke pemain agar tak melakukan pelanggaran serupa.

19. Kartu Merah

Jika pemain mendapat kartu merah, maka dia harus keluar dari lapangan. Kartu ini dikeluarkan ketika pemain mendapat dua kartu kuning. Bisa juga pemain langsung mendapat kartu merah ketika melakukan pelanggaran yang sangat keras dan berbahaya. Bisa juga hanball secara sengaja di dalam kotak penalti, atau penjaga gawang di luar kotak penalti. 

20. Tendangan Bebas

Tendangan bebas tidak jarang dimanfaatkan tim untuk mencegah gol. Kesempatan ini diberikan ketika salah satu tim dilanggar oleh tim lawan. Tendangan ini dapat dilakukan dengan cara mengoper bola atau menendangnya langsung ke gawang.

21. Aturan Lemparan ke Dalam

Berbeda dengan tendangan bebas yang bisa langsung mencetak gol, lemparan ke dalam berbeda. Bola harus diumpan terlebih dulu ke rekan setim. Artinya, gol tidak bisa tercetak lewat lemparan ke dalam secara langsung.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network