Analisis 3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

"Pemuncak klasemen atau runner-up.."

Analisis | 30 December 2022, 16:15
Analisis 3 Skenario Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Libero.id - Babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 tinggal menyisakan satu laga. Dari lima tim, terdapat tiga tim yang berpeluang lolos ke babak semifinal.

Tiga tim tersebut adalah Timnas Thailand, Indonesia, dan juga Kamboja. Dua tim yang disebut di awal memiliki kans lebih besar untuk melaju ke fase berikutnya.

The War Elephants sementara unggul selisih gol dari Skuad Garuda yang menempati posisi kedua. Sementara, Kamboja yang berjuluk Angkor Warriors
berada di urutan ketiga dengan hanya selisih satu poin.

Lantas bagaimana peluang tim besutan Shin Tae-yong untuk bisa melaju ke fase gugur? Simak ulasannya berikut ini.

1. Apabila Menang

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika berhasil mengatasi perlawanan terkahir dari Timnas Filipina. Dengan kemenangan Marc Klok dan rekan-rekan tidak perlu bergantung dengan hasil dari laga Thailand vs Kamboja.

Tinggal bagaimana Indonesia memastikan diri juara grup atau tidak. Untuk keluar sebagai pemuncak klasemen, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yakni:

* Laga Thailand vs Kamboja bermain imbang. Dengan demikian Indonesia akan mengakhiri klasemen di posisi pertama dengan koleksi 10 poin dan runner-up akan ditempati Thailand dengan koleksi 10 poin.

* Kamboja mengalahkan Thailand. Hasil tersebut membuat Indonesia menempati puncak klasemen dengan 10 poin dan runner-up bakal dihuni oleh Kamboja dengan koleksi 9 poin.

*Teerasil Dangda dan rekan-rekan menang atas Kamboja dengan margin 1 gol. Jika demikian, Indonesia harus menang atas Filipina dengan selisih lebih dari dua gol mengingat saat ini Indonesia dan Thailand terpaut selisih satu gol.

2. Apabila Imbang

Skenario imbang lawan Filipina serupa dengan skenario Indonesia menang atas Filipina. Skuad Garuda  tidak perlu bergantung dengan hasil laga Thailand vs Angkor Warriors untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Bedanya, jika Indonesia cuma berhasil meraih satu poin saat bertandang ke Filipina, Indonesia hanya akan lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A.
Dan status juara grup bakal dihuni oleh Thailand dengan catatan Thailand menang atau imbang dengan Kamboja atau tim yang dibesut Keisuke Honda menjadi juara grup jika berhasil menaklukkan Thailand.

Simak satu skenario lainnya..


(gigih imanadi darma/gie)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network