Jelaskan Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Senam Irama Menggunakan Bola

"Simak penjalasan berikut ini."

Analisis | 01 January 2023, 23:42
Jelaskan Cara Melakukan Rangkaian Gerakan Senam Irama Menggunakan Bola

Libero.id - Gerakan senam irama tidak jarang menjadi pilihan banyak orang dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya.  Senam irami atau senam ritmik juga disebut sebagai aktivitas olahraga yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Olahraga ini disebut senam ritmik karena gerakan senam yang dilakukan dengan iringan musik atau lagu.

Merujuk pada buku modul Bugar dengan Gerak Berirama (2020) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, aktivitas ritmik atau senam irama melibatkan seluruh anggota tubuh untuk bergerak secara berulang-ulang dengan irama atau hitungan tertentu.

Saat melakukan gerakan senam irama atau gerak berirama, anggota tubuh seperti kepala, lengan, dan kaki dituntut untuk bergerak selaras sesuai irama musik yang mengiringi.

Dalam gerakan ini, terdapat enam unsur yang perlu diperhatikan yaitu kelentukan, keseimbangan, kontinuitas, keluwesan tubuh, irama, dan fleksibilitas.

1. Pemanasan

Dalam setiap olahraga pada umumnya, selalu ada pemanasan terlebih dahulu. Di mana pemanasan merupakan suatu aktivitas yang perlu dilakukan sebelum melakukan aktivitas yang lebih berat.

Pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan tubuh agar dapat beraktivitas dengan lebih baik dengan risiko cedera yang kecil. Adalun tujuan pemanasan adalah: Meningkatkan sirkulasi peredaran darah Mengembangkan paru-paru Meningkatkan detak jantung secara bertahap

Bentuk-bentuk pemanasan dalam senam irama adalah sebagai berikut:

- Gerakan menundukkan dan mengangkat kepala ke bawah dan ke atas .

- Gerakan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri Urutan gerakan pada senam ritmik yaitu dimulai dari bagian kepala dan dilanjutkan dengan gerakan bagian bahu ke atas dan ke bawah.

- Gerakan memutar bahu ke arah depan dan ke belakang Setelah melakukan gerakan pemanasan pada senam irama maka dilanjutkan dengan gerakan inti.

2. Gerakan Inti

Gerakan inti dalam senam irama merupakan gerakan-gerakan dasar yang wajib dimiliki oleh para pesenam. Berangkat dari gerakan dasar inilah kemudian atlet senam irama bisa menciptakan koreografi nya sendiri. Beberapa contoh gerakan inti dalam senam irama adalah sebagai berikut.

- Gerak meluruskan persendian

- Gerak langkah kaki

- Dan Ayunan lengan

Dalam melakukan gerakan inti senam irama, para pesenam harus bergerak sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring. Kemampuan ini disebut dengan musikalitas.

Pergerakan sesuai dengan aksen musik, tepat dengan ketukan pada musik, sesuai dengan tema musik yang digunakan, serta kemampuan menjiwai ide pada musik tersebut. Setelah melakukan gerakan inti, barulah kemudian melakukan gerakan pendinginan.

3. Pendinginan

Pendinginan adalah gerakan melemaskan atau merilekskan otot dan organ tubuh untuk mengantar tubuh secara bertahap sebelum istirahat. Aktivitas pendinginan umumnya terdiri dari aktivitas aerobik atau kardiovaskular yang ringan disertai peregangan.

Aktvitas pendinginan bertujuan untuk secara bertahap mengurangi denyut jantung dan melemaskan otot. Pendinginan dapat mengembalikan tubuh ke kondisi semula.

Bentuk-bentuk gerakan pendinginan dalam senam irama di antaranya adalah:

- Merentangkan tangan 

- Menarik tangan dan badan ke samping kiri dan kanan 

- Meluruslan tangan sejajar ke depan. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network