Jelaskan Tentang Sistem dalam Permainan Sepakbola

"Pelatih hebat akan menciptakan sistem yang baik."

Analisis | 13 January 2023, 02:59
Jelaskan Tentang Sistem dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola merupakan olahraga yang sangat membutuhkan kerja sama tim. Kekompakan dan kesolidan para pemain sangat mempengaruhi kualitas permainan. Sepakbola juga membutuhkan sistem agar semuanya berjalan sesuai keinginan.

Sepakbola merupakan olahraga tim yang dimainkan oleh 11 orang pemain. Agar permainan dapat dijalankan dengan baik maka diperlukan koletivitas dan kekompakan antar pemain yang solid sehingga dapat memuluskan langkah untuk memenangkan pertandingan.

Kekompakan sebuah tim dalam pertandingan biasanya tercermin dari taktik dan strategi yang diterapkan di lapangan. Tidak jarang, beberapa tim yang berhasil menerapkan sistem yang baik dengan taktik dan strategi yang berjalan baik di lapangan untuk meraih hasil positif.

Sistem dalam permainan sepakbola sangat berkaitan erat dengan taktik dan strategi yang dijalankan sebuah tim saat bertanding di lapangan. Jadi, tidak heran jika para pelatih memberikan perhatian khusus dalam sistem permainan yang akan diterapkan timnya. Karena perlu analisis khusus untuk mengetahui cocok tidaknya sistem dengan para pemain.

Pelatih biasanya telah menentukan taktik dan strategi apa yang akan digunakan sebelum mulainya pertandingan. Cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjadikannya sebuah sistem permainan yang solid.

Saat ini, terdapat beberapa tim yang terkenal memiliki sistem permainan sepakbola solid. Misalnya, Barcelona yang terkenal dengan tiki-taka. Liverpool era Juergen Klopp dengan gegenpressing. Lalu, Manchester City di bawah asuhan Pep Gurdiola dengan juego de posicion.

Selain tiga sistem tersebut, ada banyak yang lainnya. Berikut ini beberapa sistem dalam permainan sepakbola yang sudah ada sejak lama:

1. Catenaccio

Sistem permainan ini identik dengan Italia. Saat menjuarai Piala Dunia empat kali, Gli Azzurri selalu menggunakan sistem bertahan total ini. Catenaccio mempunyai filosofi permainan jika lawan tidak bisa mencetak gol, maka mereka tidak bisa memenangkan pertandingan.

Catenaccio merupakan sistem permainan dengan para pemain bertahan yang sangat kuat. Catenaccio juga sering disebut pertahanan "gerendel". Itu mengacu para pintu yang dirantai dan digembok.

2. False 9

Sistem permainan False 9 menjadi salah satu sistem yang banyak dikenal pencinta sepakbola di era modern. Istilah ini pertama kali terdengar ketika Pep Guardiola menerapkannya di Barcelona. Kemudian, diikuti Vicente del Bosque di tim nasional Spanyol.

Sistem permainan ini mengandalkan peran "penyerang palsu", yang berfungsi untuk menarik perhatian bek lawan.

Alih-alih menjadi penyerang agresif, sistem permainan False 9 justru menjadikan seorang penyerang palsu tersebut bermain lebih ke dalam guna menciptakan ruang yang bisa dimanfaatkan pemain lain untuk masuk ke pertahanan lawan dan mencetak gol.

3. Total Football

Total football menjadi salah satu sistem permainan yang banyak digemari fans sepakbola. Sistem permainan ini memiliki ciri bermain yang terbuka dan atraktif sehingga sangat menghibur. 

Filosofi utamanya adalah "menyerang merupakan pertahanan terbaik". Tidak ada posisi yang pasti dalam sistem ini. Para pemain dapat bergerak secara bebas dalam memanfaatkan banyak ruang yang terbuka dalam lapangan.  Cara bermain ini juga dapat digunakan baik itu dalam situasi menyerang atau bertahan. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network