Jelaskan yang Dimaksud Teknik Menyundul Bola

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 27 January 2023, 03:00
Jelaskan yang Dimaksud Teknik Menyundul Bola

Libero.id - Dalam permainan sepakbola, tidak hanya kaki yang mejalankan peran utama, melainkan juga kepala.  Tak jarang para pemain menggunakan kepala untuk memainkan bola, baik dalam mencetak gol, mengumpan bola, maupun mengontrol.

Sepakbola memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai para pemain. Setidaknya terdapat empat  teknik dasar menyundul bola yang penting diketahui bagi anda yang berniat menjadi pesepakbola profesional. Salah satunya menyundul bola.

Kelihatannya, menyundul bola itu mudah. Tapi, kenyataan di lapangan tidak semudah membalik telapak tangan.

Nah, berikut ini 4 teknik dasar menyundul bola:

1. Menyundul Bola dengan Sikap Berdiri

Para pemain yang bertanding sangat sering mempraktikkan di lapangan. Karena memang posisi utama dalam bermain sepakbola dengan berdiri, sembari melakukan langkah pelan maupun cepat.

Menyundul bola dengan sikap berdiri dilakukan dengan berdiri dengan tubuh menghadap bola yang datang. Kemudian, tekuk kedua kaki beserta lutut seraya mencondongkan tubuh sedikit ke belakang. Lalu, fokuskan pandangan ke arah datangnya bola.

Gunakan otot perut untuk mendapatkan dorongan panggul dan luruskan kedua lutut anda.  Setelah itu, condongkan tubuh Anda ke depan, lalu sundul bola ke arah yang dituju.

2. Menyundul Bola dengan Melompat

Dalam setiap pertandingan sepakbola, tak jarang para pemain memperlihatkan sundulannya dengan melompat. Dalam melakukan teknik menyundul bola sambil melompat, para pemain bisa menggunakan awalan atau tidak, tergantung situasi dan kondisi.

Menyundul bola dengan melompat bisa dilakukan dengan awalan (satu kaki sebagai tolakan) atau tanpa awalan (dua kaki sebagai tolakan). Tapi, saat menggunakan awalan, dua kaki juga bisa digunakan sebagai tolakan.

3. Menyundul Bola Sambil Berlari

Dalam suatu pertandingan, tak jarang kita melihat para pemain mencetak gol melalui sundulan sambil berlari. Dalam teknik menyundul bola sambil berlari, hal yang harus diperhatikan adalah fokus ke arah datangnya bola.

Menyundul bola sambil berlari dilakukan dengan mendatangi bola. Gerakan itu mirip, seperti hendak menyundul bola dengan sikap berdiri.

4. Menyundul Bola dengan Sikap Melayang

Dalam melakukan teknik menyundul bola sambil melayang, tentu membutuhkan keberanian. Hanya pemain tertentu dan sudah terlatih yang kerap melakukannya di lapangan. Sebab, anda harus menjatuhkan tubuh.  Anda harus melompat, lalu melayang, dan menyundul bola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network