Apa itu Prakontrak? Senjata yang Digunakan Klub untuk Mengoda Pemain Bintang

"Ini adalah istilah yang biasa digunakan saat transfer window."

Feature | 03 February 2023, 06:18
Apa itu Prakontrak? Senjata yang Digunakan Klub untuk Mengoda Pemain Bintang

Libero.id - Salah satu istilah yang paling sering digunakan terkait transfer pemain adalah prakontrak. Prakontrak sering digunakan klub untuk mengoda pemain yang kontraknya dengan klub lama akan segera berakhir. Tapi, prakontrak terkadang juga bisa menjerumuskan.

Transfer window musim dingin 2023 baru saja ditutup. Ada beberapa perpindahan pemain menarik yang yang dilakukan sejumlah klub sepakbola Eropa. Ada juga kasus pemain gagal pindah.

Bagi yang gagal pindah, tidak perlu cemas. Terutama untuk mereka yang hanya memiliki sisa kontrak 6 bulan atau hingga transfer window musim panas 2023 dibuka. Pemain kategori ini bisa memanfaatkan sistem prakontrak. Pemain bisa berbicara dengan klub yang akan dibela di musim depan dengan prakontrak.

Dalam sepakbola, prakontrak adalah kesepakatan yang dibuat antara pemain dengan klub yang menyelesaikan kepindahan setelah kontrak pemain berakhir. Pemain baru diizinkan bergabung dengan klub baru segera setelah kontrak bersama klub lama berakhir.

Kadang-kadang, hal-hal transaksional dapat diatur untuk memutuskan angka-angka yang akan diterima pemain maupun klub. Tujuannya, tidak seperti yang dialami Liverpool, khususnya jika kontrak pemain itu masih tersisa lebih dari 6 bulan.

Pada 2019, Liverpool merekrut Harvey Elliott dari  Fulham. The Reds setuju mengontraknya pada usia 16 tahun. Tapi, mereka tidak dapat menyetujui biaya transfer yang diminta The Cottagers. Selanjutnya, Fulham membawanya ke Pangadilan Niaga Britania Raya. Hasilnya, Liverpool diperintahkan membayar 4,3 juta pounds (Rp7,9 miliar) kepada Fulham.

Sebelumnya, pada 2016, Liverpool terlibat dalam kasus Danny Ings di pengadilan yang sama. Mereka diperintahkan membayar 6,5 juta pounds (Rp120 millar) kepada Burnley setelah menandatangani prakontrak dengan Danny Ings.

Untuk menghindari kesalahan yang dilakukan Liverpool, klub yang ingin menandatangani prakontrak harus memperhatikan kontrak lama sang pemain. Misalnya, Lionel Messi dengan Paris Saint-Germain (PSG), yang akan berakhir 30 Juni 2023. Begitu pula Roberto Firmino (Liverpool) atau Karim Benzema (Real Madrid).

Jadi, jika ada klub baru yang berminat pada ketiga pemain, maka prakontrak bisa dilakukan saat ini.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network