10 Klub dengan Raihan Trofi Terbanyak di Eropa

"Dua klub Portugal menjadi raja trofi. Real Madrid hanya di peringkat kedua."

Feature | 27 August 2020, 13:40
10 Klub dengan Raihan Trofi Terbanyak di Eropa

Libero.id - Raihan trofi dalam sebuah tim tentu sangat penting, selain meningkatkan nilai jual klub dan menambah pemasukan, trofi juga bisa mengingatkan para pecinta sepakbola akan momen-momen penting dari sebuah pertandingan.

Adapun di benua Biru setidaknya terdapat 10 klub dengan raihan trofi terbanyak, siapa saja mereka? berikut ulasannya:

10. AC Milan

Libero.id

Kredit: twitter.com/acmilan

AC Milan telah meriaih 50 trofi sejak didirikan pada 120 tahun silam. Milan adalah tim kedua setelah Madrid yang mampu memenangkan Liga Champions terbanyak yakni dengan 7 kali menjadi jawara.

Kesuksesan mereka di kompetisi Piala Berkuping Besar itu berawal di tahun 1963 yang kemudian diikuti hingga kesuksesan mereka di tahun 2007.

Sebelum Madrid mulai bangkit kembali pada tahun 2017. Milan adalah klub Italia tersukses yang mampu mempertahankan gelar Liga Champions berturut-turut, yakni di tahun 1989 dan 1990.

9.Manchester United

Klub dengan raihan gelar Liga Premier terbanyak, plus tim Eropa yang pemasukannya paling tinggi di dunia adalah Manchester United.

Massa kejayaan Setan Merah bersama Sir Alex Ferguson banyak membawa kisah manis dengan raihan trofi bergengsi yang sampai sekarang bisa kita lihat bersama di Old Trafford.

Secara umum, United telah memenangkan 66 trofi, di mana 20 di antaranya adalah trofi Liga Premier. United juga memenangkan 12 trofi Piala FA, 5 Carling Cup dan rekor 21 kali memenangkan Community Shields. Di pentas Eropa, Theatre of Dreams telah memenangkan gelar 3 Liga Champions, 1 Liga Eropa dan 1 Piala Super Eropa.

Manchester United adalah satu-satunya tim Inggris yang mampu meraih trebel winner dalam satu musim, yakni pada musim 1998/99, dimana Dwight Yorke dan kawan-kawan memenangkan Liga Premier, Piala FA serta mengalahkan Bayern Muenchen di final Liga Champions.

8. Juventus

Libero.id

Kredit: juventus.com

Tim berjuluk Bianconeri itu adalah tim tersukses di Italia dengan raihan gelar domestik mereka yang musim ini genap menjadi 36, walaupun sedikit coretan masa lalu agak merusak rekor mereka yakni kasus calciopolidi tahun 2006.

Jumlah keseluruhan trofi yang diraih Juventus adalah 67 trofi. 13 gelar Coppa Italia dan 8 gelar Super Cup Italia mengisi lemari juara Si Nyonya Tua. Selain itu, prestasi mereka di Eropa juga tak kalah mentereng, di mana mereka berhasil merengkuh Liga Champions 2 kali, 3 Liga Eropa, 1 UEFA Cup Winner’S dan 2 Piala Super Eropa. Dikancah dunia, Juventus pernah menjuarai Intercontinental Cup di tahun 1985 dan 1996.

7. Liverpool

Satu-satunya tim Inggris yang mampu mendekati raihan trofi Manchester United sebagai jawara Liga Premier.
 
Secara total, tim yang kini dilatih oleh Juergen Klopp itu telah memenangkan 68 trofi di berbagai kompetisi dan Liverpool adalah klub Inggris tersukses di ajang Liga Champions, Dimana mereka memenangkan 6 kejuaraan Eropa, menempatkan mereka hampir setara dengan raihan AC Milan.

Liverpool telah memenangkan Liga Eropa sebanyak 3 kali, begitu pula dengan Piala Super Eropa. Sementara untuk kompetisi domestik, The Anfield Gank telah memenangkan 19 gelar Liga, 7 Piala FA dan rekor 8 kali juara Carling Cup serta 15 Community Shields. Di zaman kepemimpinan Jordan Henderson, Liverpool akhirnya dapat memenangkan kejuaraan dunia untuk pertama kalinya seperti Piala Dunia Antar Klub.

6. Ajax

Libero.id

Kredit: english.ajax.nl

Satu-satunya klub asal Belanda yang mampu mengguncang dunia dengan pemain muda, yaitu Ajax. Memanfaatkan pemain muda kemudian menjualnya dengan harga fantastis, itu adalah gaya manajemen tim berjuluk de Godenzonen tersebut. Namun, tak hanya terkenal dengan pemain mudanya, nyatanya prestasi dan raihan trofi  Ajax tak bisa dipandang sebelah mata, yakni 73 trofi sudah mereka museumkan.

34 kali menjadi kampiun Eredivisie, sulut untuk tim besar lainnya seperti Feyenoord ataupun PSV untuk mengejar raihan  gelar Liga mereka. Masih di kompetisi domestik, Ajax telah memenangkan KNVB Beke sebanyak 19 kali plus 9 Piala Super Belanda.

Di pentas Eropa, mereka juga tak kalah sangar, apalagi ketika era 90-an, Ajax  adalah rajanya Eropa. Sebanyak 4 gelar Liga Champions, 1 Liga Eropa, 3 Piala Super Eropa dan 1 Piala Winners sudah cukup mengklaim bahwa mereka masih menjadi salah satu yang terbaik saat ini.

5. FC Bayern Muenchen

Sudah banyak rekor yang diciptakan oleh tim asal Jerman ini.

Secara keseluruhan, Die Bayern telah memenangkan 78 trofi di berbagai kompetisi. Raja Jerman ini , meraih gelar ke-30 mereka musim ini dan rekor 8 kali berturut-turut menjadi kampiun Bundesliga.

Selain itu, Tim Bavaria juga memenangkan DFB Pokal sebanyak 20 kali plus Piala Super Jerman sebanyak 7 kali. Di ajang lain seperti Liga Champions, Bayern mengkoleksi 6 gelar, termasuk 3 diantaranya terjadi di pertengahan tahun 1970-an.

Adapun gelar lainnya seperti Liga Eropa berhasil diraih 1 kali, begitu pula dengan Piala Super Eropa, Piala Winner serta Piala Dunia antar klub, mereka  raih 1 kali. Mereka meraih trebel winner musim 2012/13, dimana pada saat itu Die Bayern dilatih oleh Jupp Heynckes. Sukses itu diulangi tahun ini.

4. FC Porto

Libero.id

FC Porto

Tidak mengejutkan bila tim berjuluk Azuis e brancos itu masuk dalam list ini, dimana dalam 1 dekade terakhir, mereka hampir menguasai Liga Primer Portugal dan kejuaraan Eropa.

Porto adalah salah satu dari 3 tim besar di Portugal-bersama dengan 2 tim asal Lisbon, yakni Benfica dan Sporting Lisbon.

Porto adalah tim kedua yang paling sukses di Portugal dengan raihan 78 trofi. 29 di antaranya berasal dari perjuangan mereka di Liga Primer Portugal, sisanya berasal dari kompetisi domestik lainnya, yakni 20 kali menjadi kampiun Taca de Portugal dan 21 kali juara Piala Super Portugal.

Untuk di pentas Eropa, Porto telah memenangkan Liga Champions sebanyak 2 kali, salah satunya ketika Jose Mourinho menungkangi mereka di musim 2003/04, dimana Deco dan kawan-kawan mampu mengalahkan Monaco dengan skor 3-0. Di Liga Eropa, Porto telah menjadi kampiun sebanyak 2 kali dan Piala Super Eropa diraih satu kali.


3. SL Benfica

Dengan 85 trofi yang sudah anak-anak The Eagles raih, mereka layak berada di posisi ketiga. Yang menarik adalah sebagian besar trofi yang mereka dapatkan berasal dari gelar Liga Primer Portugal, yakni sebanyak 37 kali, tertinggi di Portugal dan mengalahkan FC Porto dan Sporting Lisbon. Selain tu, mereka juga menajdi jawara Taca de Portugal sebanyak 29 kali dan Taca de Liga sebanyak 7 kali.

Di ajang Liga Champions mereka berhasil meraih 2 kali gelar kemenangan, namun sejak dikutuk oleh pelatih legendaris mereka, Bela Guttmann, Benfica tak pernah lagi menjadi kampiun di Eropa.

Sama seperti Ajax, Benfica kerap menghasilkan pemain muda top, khususnya yang berasal dari benua Amerika Latin. Cuma bedanya, mereka hanya mengasah bakat pemain muda tersebut, berbeda dengan Ajax yang sedari awal sudah membimbing dan menggembleng mereka sampai menjadi pemain top.

2. Real Madrid

Libero.id

Real Madrid

Sering dikenal sebagai tim glamor ataupun tempat berkumpulnya para pemain bintang, itu sepertinya sesuatu yang wajar bila melihat raihan trofi mereka yang begitu banyak, yakni 92 trofi, 8 lagi genap menjadi 100.

34 gelar La Liga, 19 gelar Copa del Rey dan 12 Piala Super Spanyol, Los Blancos adalah raja di Spanyol, apalagi raihan gelar La Liga mereka  musim ini membuat Lionel Messi dan kawan-kawan gigit jari karena La Liga adalah satu-satunya gelar yang paling memungkinkan buat mereka.

Untuk kompetisi di benua Biru, Madrid juga adalah rajanya, 13 gelar Liga Champions telah mereka bukukan, 2 gelar Liga Eropa plus 4 Piala Super Eropa juga berhasil Madrid menangkan.

Di ajang internasional, El Real telah memenangkan Piala Dunia Antar Klub sebanyak 4 kali serta Piala Intercontinental berhasil dimenangkan 3 kali, selebihnya hanya gelar-gelar kecil.

1. FC Barcelona

Meskipun musim ini tanpa gelar, Blaugrana tetaplah salah satu klub terbaik di dunia dan klub ketiga tersukses dalam sejarah La liga.

Secara total, El Barca mempunyai 97 trofi dalam lemari pribadi mereka, dan itu tak lepas dari gaya bermain tiki-taka yang mereka terapkan dahulu. Di La Liga, Barca sudah menjadi kampiun sebanyak 26 kali, tertinggi kedua setelah Real Madrid. Di ajang lainnya seperti Copa del Rey, mereka berhasil menang sebanyak 30 kali plus 13 gelar Piala Super Spanyol.

Di Eropa, Blaugrana telah memenangkan Liga Champions sebanyak 5 kali, Piala Super Eropa juga sama, 5 kali dan jangan lupa bahwa raihan Piala Winners (cikal bakal Liga Eropa) mereka cukup  mengesankan yakni 4 kali menjadi juara. Mungkin raihan mereka yang agak sulit untuk dicapai oleh tim lain, selain Madrid adalah Barca mampu memenangkan Piala Dunia Antar Klub sebanyak 3 kali, bahkan pada tahun 2009  mereka adalah klub pertama di dunia yang mampu meraih 6 trofi dalam satu tahun.

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network