Klub Sulit Lepas Pemain, Shin Tae-yong Minta Naturalisasi Pemain U-20 Dipercepat

"Tolak naturalisasi, teriak nasionalisme. Tapi, pas pemainnya diminta tak dilepas."

Analisis | 18 February 2023, 17:48
Klub Sulit Lepas Pemain, Shin Tae-yong Minta Naturalisasi Pemain U-20 Dipercepat

Libero.id - Menghadapi tentangan dari klub-klub Liga 1 yang sulit melepas pemain, Shin Tae-yong memiliki solusi alternatif. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu berharap naturalisasi pemain-pemain untuk timnas U-20 dipercepat. Dia yakin memanggil pemain keturunan jauh lebih mudah dari pemain lokal.

Selama sekitar tiga pekan terakhir, konsentrasi Shin Tae-yong dalam mempersiapkan timnas U-20 untuk Piala AFC U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023 dihambat faktor non teknis. Itu adalah keenganan klub melepas pemain.

Akibatnya, pemusatan latihan timnas U-20 sejak awal Februari 2023 tidak berjalan mulus. Beberapa pemain ditahan klub sehingga Shin Tae-yong kesulitan menyusun program latihan yang komperehensif dan terstruktur, yang diharapkan mencapai klimaks saat Piala Dunia U-20 2023.

Shin Tae-yong juga sempat menyindir apakah Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 akan tampil asal-asalan.

Untuk mengatasi hambatan itu, Shin Tae-yong kembali mendesak PSSI dan Pemerintah Indonesia mempercepat proses naturalisasi pemain-pemain U-20. Mereka adalah Ivar Jerner, Justin Hubner, dan Rafael Struick.

"Memang proses naturalisasi (pemain) U-20 sedikit terlambat dan saya mohon perhatiannya dari Pak Presiden. Tiga pemain ini harus cepat bergabung, barulah kita membuat tim yang baik," ujar Shin Tae-yong di sesi konferensi pers setelah pertandingan melawan Fiji.

"Jujur, sampai saat ini memang sangat kurang waktunya membentuk tim yang baik," tambah Shin Tae-yong.

Jika pemain-pemain itu bisa bergabung, kepala Shin Tae-yong dipastikan tidak pusing lagi. Sebab, kualitas mereka sedikit di atas pemain-pemain lokal Indonesia.

"Saya mohon pada wartawan di sini agar menjadi perhatian lebih dari sekarang dan ada juga perhatian dari Pak Presiden dan Menpora terhadap Piala Dunia U-20. Memohon sekali kepada para pihak agar cepat menaturalisasi, prosesnya cepat, baru bisa membuat tim yang baik," ungkap Shin Tae-yong.

Faktanya, dokumen Ivar Jerner, Justin Hubner, dan Rafael Struick kini sudah ada di Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg). Selanjutnya, diteliti Badan Intelijen Negara (BIN), dan diserahkan ke DPR RI. Setelah parlemen ketuk palu, Presiden Jokowi akan menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres).

Dalam kondisi seperti ini, seharusnya sebelum Piala Dunia U-20 2023, Ivar Jerner, Justin Hubner, dan Rafael Struick sudah bisa digunakan Shin Tae-yong.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network