Klub Istimewa? Shin Tae-yong Izinkan Cahya Supriadi Tinggalkan Timnas U-20 Bela Persija

"Harap maklum, Dirut PT Liga Indonesia Baru pernah di tim ini.."

Analisis | 22 February 2023, 13:59
Klub Istimewa? Shin Tae-yong Izinkan Cahya Supriadi Tinggalkan Timnas U-20 Bela Persija

Libero.id - Tekanan Persija Jakarta yang keras kepada timnas U-20 tampaknya sulit dihindari Shin Tae-yong. Buktinya, pelatih asal Korea Selatan tidak bisa mencegah Macan Kemayoran meminta Cahya Supriadi pulang. STY memberi izin kiper utama Garuda Muda itu boleh membela Persija di BRI Liga 1 2022/2023.

Ada pemandangan tak biasa saat timnas U-20 melawan Guatemala U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (21/2/2023) malam. Di daftar susuna pemain tidak ada Cahya Supriadi.

Ternyata, Persija Jakarta sebenarnya tidak melepas Cahya Supriadi untuk pemusatan latihan (TC) jangka panjang bersama timnas U-20 untuk persiapan ke Piala AFC U-20 2023 maupun Piala Dunia U-20 2023. Saat timnas U-20 melawan Guatemala, Cahya Supriadi ternyata diminta kembali ke Persija.

Alasan yang diungkapkan Persija adalah pada Rabu (22/2/2023) ada pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 melawan Barito Putera di Bekasi.

Karena alasan itulah Cahya Supriadi tidak masuk ke dalam daftar susunan pemain melawan Guatemala. Padahal, sebelumnya Cahya Supriadi bermain sejak menit pertama saat Indonesia kalah 1-2 dari Selandia Baru U-20. Dirinya juga sudah bergabung ke TC sejak beberapa hari sebelum pertandingan melawan Fiji U-20.

Ternyata, dalam perjanjian antara PSSI dan Persija, Shin Tae-yong harus melepas Cahya Supriadi ke klub sehari sebelum pertandingan BRI Liga 1 2022/2023.

Apakah Shin Tae-yong tidak khawatir jika ini adalah bentuk pilih kasih yang bisa berakibat pada tim lain yang meminta pemainnya kembali? "Saya sudah berjanji dengan Persija. Klub lain pasti bisa memahami ini," ujar Shin Tae-yong setelah pertandingan melawan Guatemala.

Shin Tae-yong juga tidak mempermasalahkan perjanjian yang dibuat PSSI dengan Persija. Sebab, Cahya Supriadi merupakan penjaga gawang, bukan pemain lapangan yang membutuhkan fokus 100 persen bersama timnas U-20.

"Dia bukan di field. Kalau pemain field memang harus dilepas (gabung timnas U-20), meski terlambat," ucap Shin Tae-yong.

Dengan prasangka baik, Shin Tae-yong berharap Persija memulangkan Cahya Supriadi setelah pertandingan melawan Barito Putera. Sebab, timnas U-20 akan segera berangkat menuju Uzbekistan untuk mengikuti pertandingan-pertandingan Grup A Piala AFC U-20 2023.

"Saya ingin klub tepati janji, karena saya juga menepati janji saya lepas Cahya Supriadi ke Persija. Tanggal 22 dia akan kembali lagi ke timnas U-20," pungkas Shin Tae-yong.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network