Mirip MLS, Inilah Usulan PSSI Tentang Format Baru Kompetisi Liga Indonesia

"Menurutmu lebih simpel dan cocok atau rumit?"

Berita | 06 March 2023, 00:23
Mirip MLS, Inilah Usulan PSSI Tentang Format Baru Kompetisi Liga Indonesia

Libero.id - Salah satu pembahasan dalam sarasehan sepakbola Indonesia pada Sabtu (4/3/2023) di Surabaya, yang diinisiasi oleh PSSI dengan melibatkan sejumlah stakeholder terkait adalah tentang rencana format baru kompetisi untuk musim depan (2023-2024).

Ada dua format yang diajukan PSSI dan disambut dengan baik oleh peserta sarasehan yang tak lain adalah klub-klub dari Liga 1 dan Liga 2.

Format Pertama: 18 Klub Dibagi Menjadi 3 Grup

Jika format ini diberlakukan itu artinya masing-masing grup bakal diisi oleh enam klub. Namun belum begitu terang  bagaimana mekanisme pembagian grup yang akan diambil oleh PSSI.

Meski dibagi dalam satu grup, klub-klub peserta masih berkesempatan untuk bertanding melawan klub-klub dari grup lain.

Penentuan juara akan ditentukan dalam babak 8 besar yang dibagi dalam dua grup, masing-masing berisi 4 klub. Empat klub akan bertemu home and away untuk menentukan juara dan juara akhir akan ditentukan dari duel juara grup masing-masing.

Sekilas format ini mirip dengan yang diimplementasikan kompetisi basket di Amerika Serikat yakni NBA.

Format Kedua: 18 Klub Full Kompetisi + Final Series

Format yang satu ini hanya modifikasi dari format kompetisi musim 2022-2023, yaitu tetap mengadopsi sistem kompetisi penuh.  Dimana sebanyak 18 klub akan bertarung home and away secara double round robin.

Namun yang membedakan ada fase final series, tim empat besar akan kembali bertemu dalam format knock out system. 

Nantinya klub peringkat satu akan menghadapi peringkat ke empat, peringkat dua akan menghadapi peringkat tiga di babak semifinal dalam skema single match.

Pemenang antara keduanya akan bertemu di final yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Format tersebut mirip dengan model yang diimplementasikan Liga kasta tertinggi Amerika Serikat, Major League Soccer (MLS). Bedanya MLS tidak mengadopsi pembagian wilayah seperti format kedua Liga 1 Indonesia.

Dan dua format yang dijelaskan di atas secara tak langsung juga mengingatkan publik pencinta sepak bola tanah air dengan kompetisi Liga Indonesia periode 1994-2008 dan 2014 yang mengadopsi sistem gugur dalam menentukan gelar juara.

Namun yang perlu digarisbawahi dua format tersebut masih merupakan wacana.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network