Peringkat 5 Pesepakbola Top Masa kini Jebolan Piala Dunia U-20

"Peringkat pertama adalah pemain terbaik di bumi era milenial.."

Feature | 11 March 2023, 08:40
Peringkat 5 Pesepakbola Top Masa kini Jebolan Piala Dunia U-20

Libero.id - Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Ini diharapkan menjadi ajang bersejarah ketika para calon bintang sepakbola dunia berikutnya memulai karier dengan cemerlang.

Ajang paling bergengsi di level kelompok umur 20 tahun ke bawah ini telah diikuti oleh ratusan, bahkan ribuan pemain, sejak lama. Banyak di antara lulusan Piala Dunia U-20 menjadi bintang besar yang masih eksis hingga kini. Beberapa pemain bahkan mampu mengoleksi Ballon d'Or dan kemudian menjadi juara Piala Dunia senior.

Tidak mudah memang untuk menjadi bintang yang konsisten sejak U-20 hingga level senior. Tapi, beberapa pemain telah membuktikannya. Profesionalisme dan kerja keras menjadi kunci mereka bisa eksis di sepakbola junior maupun senior.

Siapa saja mereka? Berikut ini peringkat 5 pesepakbola top masa kini jebolan Piala Dunia U-20:

5. Erling Haaland

Pada Piala Dunia U-20 2019 di Polandia, Norwegia U-20 tidak tampil maksimal. Dua pertandingan awal melawan Uruguay U-20 dan Selandia Baru U20, mereka kalah. Tapi, di pertandingan ketiga, Erling Haaland mengamuk. Hanya butuh tujuh menit bagi striker jangkung itu untuk mencetak gol pertamanya saat melawan Honduras U-20.

Erling Haaland mencetak tiga gol lagi sebelum paruh waktu untuk membuat Norwegia unggul 5-0.

Di babak kedua, Erling Haaland semakin gila. Dia mencetak lima dari tujuh gol Norwegia U-20 berikutnya untuk membantu timnya meraih kemenangan 12-0. Itu kemenangan terbesar yang pernah tercipta di Piala Dunia U-20. Dengan sembilan gol itu, Erling Haaland memenangkan Sepatu Emas turnamen.

4. Fikayo Tomori

Fikayo Tomori menjadi bagian dari skuad Inggris U-20 yang menjuarai Piala Dunia U-20 2017 di Korea Selatan. Kini, enam tahun kemudian, Fikayo Tomori menjadi salah satu nama yang masih bersinar. Di membela Chelsea sebelum pindah ke AC Milan pada 2020. Sejak itu, dia menjadi bek tengah pilihan pertama I Rossoneri.

3. Sergej Milinkovic-Savic

Serbia U-20 menjadi juara pada Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru. Itu sesuatu yang tak terduga. Dan, nama yang paling menonjol di tim The White Eagles Junior saat itu adalah Sergej Milinkovic-Savic. Di akhir turnamen, gelandang stylish itu menyabet penghargaan individual, Silver Ball, untuk kategori pemain terbaik.

Sergej Milinkovic-Savic sejauh ini telah memainkan 39 pertandingan untuk timnas senior Serbia dan menjadi salah satu gelandang paling berprestasi di Eropa. Dirinya masih eksis untuk Lazio di Serie A.

2. Paul Pogba

Dipercaya sebagai kapten tim, peran Paul Pogba dalam turnamen yang berlangsung di Turki pada Piala Dunia U-20 2013 itu sangat penting. Dalam perjalanan menuju juara, Paul Pogba menjadi salah satu dari hanya tiga pemain yang memenangkan Golden Ball Piala Dunia U-20, yang kelak kemudian hari membawa Prancis senior juara Piala Dunia 2018.

1. Lionel Messi

Pada Piala Dunia U-20 2005, Lionel Messi menjadi pesepakbola ketiga yang memenangkan Golden Ball dan Sepatu Emas sekaligus di Piala Dunia U-20. La Pulga mengikuti jejak Geovani dari Brasil dan seniornya Javier Saviola. Itu berkat penampilan di turnamen yang benar-benar luar biasa.

Namun, Lionel Messi tetap menjadi satu-satunya pesepakbola selain Diego Maradona yang memenangkan penghargaan ini di level U-20 dan senior.

Mirip dengan perjalanan di Piala Dunia 2022, Lionel Messi membantu La Albiceleste pulih dari kekalahan di laga pembuka untuk bangkit kembali di sisa laga. Lionel Messi mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Mesir U-20 dan mencetak gol di setiap pertandingan sistem gugur untuk membawa Argentina U-20 ke final.

Anak muda Barcelona ketika itu, kemudian mengantongi dua gol dalam pertandingan final melawan Nigeria U-20. Dan, hingga hari ini seluruh dunia mengenal La Pulga sebagai pemain terbaik di bumi dengan tujuh Ballon d'Or dan satu Piala Dunia. 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network