5 Pengganti Justin Hubner Jika Batal Gabung Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023

"Tidak ada-apa, pemain lokal juga banyak yang bagus."

Analisis | 24 March 2023, 04:52
5 Pengganti Justin Hubner Jika Batal Gabung Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2023

Libero.id - Justin Hubner untuk saat ini lebih memilih panggilan timnas Belanda U-20 yang menjalani pertandingan persahabatan melawan Prancis U-20 daripada gabung skuad asuhan Shin Tae-yong yang akan bermain di Piala Dunia U-20 2023. Mungkin, pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu yakin main di Piala Dunia 2026 dengan De Oranje.

Sebenarnya, dalam aturan FIFA tidak ada masalah dengan Justin Hubner. Sebab, hanya timnas senior di pertandingan resmi FIFA yang bisa mengagalkan Shin Tae-yong menggunakan Justin Hubner.

Yang menjadi hambatan bagi Justin Hubner adalah perundang-undangan Indonesia yang tidak mengenal dwi kewarganegaraan. Jadi, setelah usia 18 tahun, Justin Hubner harus memilih apakah menjadi orang Indonesia atau orang Belanda. Apalagi, proses naturalisasinya sudah disetujui DPR RI dan tinggal sumpah WNI.

Lalu, bagaimana jika Justin Hubner memilih Belanda? Tidak masalah. Indonesia masih punya banyak pemain diaspora yang bisa ditawari menggunakan paspor Garuda. Tapi, yang paling dekat adalah mencari pengganti Justin Hubner di timnas U-20 pada Piala Dunia U-20 2023.

Siapa saja mereka? Berikut ini 5 pemain timnas U-20 yang bisa menggantikan Justin Hubner di Piala Dunia U-20 2023:

1. Muhammad Ferarri

Muhammad Ferarri adalah kapten timnas U-20 sejak Piala AFF U-19 2022. Jadi, ada atau tanpa Justin Hubner, sudah pasti bek Persija Jakarta itu akan jadi pemain utama. Hanya saja dengan tidak bergabungnya Justin Hubner, Muhammad Ferrari akan menjadi sorotan utama di sektor pertahanan.

2. Dimas Juliono Pamungkas

Dimas Juliono Pamungkas saat ini bermain untuk Bhayangkara FC. Meski kesempatan bermainnya di Liga 1 2022/2023 tidak banyak, kemampuan anak muda berusia 18 tahun ini cukup mumpuni. Dirinya sangat tangguh saat ditempatkan sebagai bek tengah di sisi kiri dalam skema tiga pemain belakang. Kemampuan mengeksplorasi area jadi kekuatan Dimas Juliono Pamungkas.

3. Sulthan Zaky Pramana

Sulthan Zaky Pramana dipanggil ke timnas U-16 setelah tampil bagus bersama timnas U-16 asuhan Bima Sakti di Piala AFF U-16 2022. Personel PSM Makassar itu merupakan pemain termuda di timnas U-20. Kelebihan utamanya adalah bisa ditempatkan di kanan, kiri, dan tengah.

Sayang, kekurangan Sulthan Zaky Pramana adalah pengalaman. Itu terbukti saat Piala AFC U-20 2023. Melawan Irak U-20 dia dimainkan di sisi kiri. Penampilannya mengecewakan, dan menjadi titik terlemah Garuda Muda.

4. Brandon Scheunemann

Brandon Scheunemann adalah pemain yang memiliki ayah keturunan Jerman. Memiliki postur tubuh yang tinggi dan berisi, kemampuan fisik dan visi bermain anak Timo Scheunemann itu layak mendapatkan perhatian serius. Apalagi, dirinya sudah menjalani debut di Liga 1 2022/2023 bersama PSIS Semarang.

5. Kadek Arel Priyatna

Kadek Arel Priyatna mencuri perhatian Shin Tae-yong dan asistennya setelah tampil bagus bersama Bali United di Liga 1 2022/2023. Baru berusia 17 tahun, mantan pemain timnas U-16 itu punya kematangan yang membuat dirinya mendapatkan kepercayaan Stefano Cugurra Teco bermain di tim utama.

Meski tidak ikut ke Piala AFC U-20 2023, Kadek Arel Priyatna layak dicoba untuk diduetkan dengan Muhammad Ferrari selama pemusatan latihan nasional (TC) jangka panjang di Korea Selatan, bulan depan.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network