Profil Nguyen Thai Son, Pemain Vietnam di SEA Games 2023 Disebut OTW Liga Indonesia

"Jika benar, dia jadi pemain Vietnam pertama di kompetisi Indonesia."

Biografi | 23 May 2023, 22:21
Profil Nguyen Thai Son, Pemain Vietnam di SEA Games 2023 Disebut OTW Liga Indonesia

Libero.id - SEA Games 2023 telah berkhir. Dan, penampilan beberapa pemain muda Asia Tenggara di Kamboja telah memunculkan berbagai rumor perpindahan pemain. Selain Pratama Arhan yang dikabarkan menuju Muangthong United di Thailand, seorang pemain Vietnam juga disebut menuju Liga Indonesia. Dia adalah Nguyen Thai Son.

Setelah gagal mempertahankan status juara bertahan back to back SEA Games 2023 dengan hanya meraih medali perunggu, pemain timnas Vietnam U-22 kembali ke klub masing-masing.

Salah satu nama yang tampaknya sudah move on dari kegagalan di turnamen dua tahunan yang digelar di Kamboja tersebut adalah Nguyen Thai Son. Dia merupakan gelandang muda berusia 19 tahun yang selalu jadi pilihan utama Philippe Troussier di banyak pertandingan.

Selama SEA Games 2023 pemain yang mengenakan nomor punggung 12 itu mencatatkan 1 gol dan 1 asisst.

Sekembalinya di klub asalnya Thanh Hoa, Nguyen Thai Son langsung dapat kepercayaan bermain. "Dia baru kembali hari ini. Jadi hari ini, saya hanya membiarkan Nguyen Thai Son masuk di babak kedua. Tapi, dia tampil bagus," kata Pelatih Thanh Hoa, Velizar Popov, seusai pertandingan melawan HAGL, akhir pekan lalu.

Uniknya, muncul rumor yang mengaitkan Nguyen Thai Son dengan salah satu klub Liga Indonesia. Kabar yang dirilis dari sebuah akun sepakbola di Vietnam menyebut seorang agen dari Indonesia telah bertemu Nguyen Thai Son di Kamboja, di sela-sela SEA Games 2023.

Meski belum bisa dikonfirmasi karena tidak menyebut nama agen yang dimaksud maupun klubnya, akun itu menyatakan Nguyen Thai Son menjadi buruan beberapa tim profesional Liga Indonesia.

Mengapa klub Liga Indonesia mengincar pemain Vietnam? Akun itu menyebut terkait dengan rencana PSSI yang membuka keran untuk pemain asing asal ASEAN. Aturan itu membuat beberapa klub Indonesia memburu pesepakbola-pesepakbola Asia Tenggara untuk dikontrak dan dimainkan di Liga Indonesia 2023/2024.

Lalu, siapa Nguyen Thai Son? Pemain ini lahir di Nhu Xuan, Thanh Hoa, 13 Juli 2003. Berposisi sebagai gelandang, Nguyen Thai Son tercatat sebagai pemain V.League 1, Thanh Hoa. Debut profesionalnya terjadi pada 4 November 2022 saat melawan Ha Noi FC di kompetisi kasta tertinggi Negeri Nguyen.

Kariernya di timnas Vietnam U-22 cukup moncer. Dia menjadi sanggota skuad inti The Golden Star yang terhenti di semifinal SEA Games 2023 dari Indonesia.

Nguyen Thai Son terkenal karena kemampuannya yang bagus sebagai gelandang serbaguna. Dia bisa bermain sebagai gelandang tengah, gelandang serang, gelandang pengangkut air, hingga gelandang sayap. Dia juga bisa bertindah sebagai penyerang maupun bek tengah.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network