Apa Itu? Kombes Pol Sumardji Sebut Peran Besar Shin Tae-yong untuk Tim Besutan Indra Sjafri yang Juara SEA Games 2023

"Bahu membahu untuk Timnas Indonesia. Mantap.."

Berita | 31 May 2023, 19:25
Apa Itu? Kombes Pol Sumardji Sebut Peran Besar Shin Tae-yong untuk Tim Besutan Indra Sjafri yang Juara SEA Games 2023

Libero.id - Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol Sumardji mengungkapkan peran Shin Tae-yong untuk tim besutan Indra Sjafri yang belum lama ini memulangkan medali emas setelah 32 tahun lamanya.

Seperti yang kita ketahui, Timnas Indonesia U-22 sukses mempercundangi Timnas Thailand U-22 dengan skor 5-2 di babak final SEA Games 2023 sehingga berhak untuk medali emas.

Sepanjang turnamen yang digelar di Kamboja tersebut tim besutan Indra Sjafri tak sekalipun merasakan kekalahan. Marselino Ferdinan dan rekan-rekan membuktikan kalau mereka memang layak jadi yang terbaik di antara yang terbaik.

Statistik mencatat Skuad Garuda Muda menggemas 21 gol dan hanya 5 kebobolan dari 6 laga. Terutama di dua laga terkahir Skuad Garuda menunjukkan mentalitas juara. Laga sengit penuh drama  diakhiri dengan manis. Di mana Skuad Garuda tampil tak kenal lelah.

Soal mentalitas dan kekuatan fisik itu Indra Sjafri yang sukses meramu strategi terbaik perlu berterima kasih --- dan itu sudah dilakukannya --- kepada Shin Tae-yong.

Banyak pemain Timnas Indonesia U-22 merupakan polesan Shin Tae-yong di Timnas senior. Sebut saja Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Alfeandra Dewangga, Muhammad Ferarri, dan lainnya. Pemain-pemain yang mental dan fisiknya sudah teruji.

Dua hal itu jugalah yang baru-baru ini diakui secara langsung oleh Kombes Pol Sumardji, manajer Timnas Indonesia itu mengatakan bagaimana peranan Shin Tae-yong yang mengutamakan fisik dan menaikan mental pemain amat berguna di SEA Games 2023.

" Dicatat ini. Perlu dicatat. Saya harus berterima kasih kepada Shin Tae-yong. Fisik itu diutamakan." Kata Kombes Pol Sumardji di acara podcast Sport77ofiicial.

Dalam banyak kesempatan di poscast berdurasi kurang lebih 1,5 jam itu sosok yang juga menjadi manajer bagi Bhayangkara FC tersebut berulang kali menekankan soal kemampuan fisik dan mental para punggawa Timnas Indonesia U-22 yang lebih unggul ketimbang pemain dari tim lawan.


"Bicara kemarin SEA Games, by data (fisik) bagusan kita. Dari lari dan mobilitasnya," ujar Kombes Pol Sumardji.

Namun bagaimanapun juga pendekatan Shin Tae-yong itu dikemas dengan apik oleh taktik ala Indra Sjafri.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network