Profil Madam Pang, Manajer Thailand yang Calonkan jadi Presiden FA Thailand

"Bakal jadi lawan tangguh Erick Thohir di PSSI."

Biografi | 02 June 2023, 02:31
Profil Madam Pang, Manajer Thailand yang Calonkan jadi Presiden FA Thailand

Libero.id - Asosiasi Sepakbola Thailand (FAT) dalam waktu dekat akan menggelar kongres untuk mencari Ketua Umum baru yang akan menggantikan Jenderal Polisi Somyot Poompanmoung. Sejumlah kandidat bermunculan. Salah satunya Nualphan Lamsam alias Madam Pang.

Layaknya PSSI, FAT juga organisasi yang sering dipimpin anggota militer, polisi, birokrat, atau menteri di pemerintahan yang sedang berkuasa. Contohnya, Somyot Poompanmoung, yang masa baktinya segera berakhir.

Di bawah kepemimpinan Somyot Poompanmoung, timnas Thailand menjuarai Piala AFF tiga kali. Sayang, Jenderal Polisi itu bukan tanpa cacat. Kepengurusannya dibanjiri kritik dengan tuduhan korupsi, penipuan laporan keuangan, hingga banyak mengambil keputusan yang salah.

Jadi, ketika FAT akan segera melaksanakan kongres pemilihan pemimpin yang baru, sejumlah nama mendaftarkan diri. Sebut saja Worawee Makudi, yang pernah jadi Ketua Umum FAT. Kemudian, Legenda timnas Thailand yang juga perwira Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF), Piyapong Pue-on.

Langkah Worawee Makudi dan Piyapong Pue-on dipastikan tidak mudah. Pasalnya, manajer timnas Thailand senior maupun timnas wanita Thailand, Madam Pang, ikut mencalonkan diri.

Pengusaha kaya pemilik Thai Port FC itu masih mempertimbangkan dukungan banyak pihak yang mendorongnya maju. Dengan sederet prestasi Madam Pang saat menjadi manajer maupun CEO klub Thai League 1, banyak yang berharap munculnya Erick Thohir versi Negeri Gajah Putih.

"Saya sendiri masih berpikir dengan sangat hati-hati. Klub juga telah meminta saya. Tapi, saya belum bisa memutuskan," ucap Madam Pang kepada awak media, dilansir Zingnews.

Posisinya sebagai pemilik klub yang bermain di Thai League 1 dan akan tampil di Liga Champions Asia 2023/2024 membuat Madam Pang bimbang. Sebab, jika terpilih, dia harus mundur dari Thai Port FC. "Ini tidak akan berjalan sederhana. Masih banyak hal yang harus didiskusikan," kata Madam Pang.

Banyak penggemar tim Gajah Perang berharap Madam Pang naik tingkat dengan mengurus FAT. Sebab, banyak yang puas dengan performa Madam Pang ketika mengelola tim nasional putra maupun putri. Baik di level senior maupun U-23.

Dalam 3-4 tahun terakhir, Madam Pang telah memberikan banyak kontribusi. Dia membantu Thailand memenangkan Piala AFF dua kali dan sekeping medali perak SEA Games 2021. Pada turnamen-turnamen besar, Madam Pang telah menunjukkan perannya sebagai manajer yang hebat untuk tim.

Madam Pang juga membuat keputusan yang dianggap progresif, yang mengubah sepakbola Thailand. Belum lagi potensi finansialnya yang paling kuat di antara para kandidat lainnya.

Dengan semua itu sangat mungkin Madam Pang mencalonkan diri sebagai Ketua umum FAT untuk masa jabatan 4 tahun ke depan. Apalagi, Thailand harus bersiap menghadapi kebangkitan sepakbola Indonesia yang tampaknya berada di jalur yang benar setelah Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI.
 

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network