Profil Elias Dolah, Satu-satunya Pemain Liga Indonesia yang Pernah Juara Piala AFF

"Tidak ada di Indonesia yang seperti dirinya."

Biografi | 09 June 2023, 05:05
Profil Elias Dolah, Satu-satunya Pemain Liga Indonesia yang Pernah Juara Piala AFF

Libero.id - Bali United sudah memperkenalkan seorang pemain ASEAN untuk Liga Indonesia 2023/2024. Dia adalah Elias Dolah, pemain timnas Thailand keturunan Swedia. Artinya, mantan pemain Thai Port FC itu menjadi satu-satunya orang di Liga Indonesia musim depan yang pernah menjuarai Piala AFF. Gokil!

Regulasi pemain Asia Tenggara yang akan diterapkan musim depan benar-benar dimanfaatkan klub untuk mencari pemain-pemain terbaik ASEAN.

Ada banyak pemain Asia Tenggara yang musim ini dikontrak klub Liga Indonesia. Ada yang berasal dari Filipina, Singapura, Myanmar, hingga Timor Leste. Satu lagi yang baru datang adalah pemuda Thailand yang punya reputasi mentereng sebagai bek tangguh tim Gajah Perang.

Elias Dolah lahir di Lund, Swedia, 24 April 1993, dari ayah asal Thailand-Melayu dari provinsi Muslim di selatan, Narathiwat. Sementara ibunya asli Swedia.

Berposisi sebagai bek tengah, Elias Dolah memiliki postur yang sangat tinggi, 195 cm. Dia memulai karier sepakbola di Skandinavia. Saat remaja, dia bergabung dengan Dalby GIF di Swedia. Kemudian, mendapatkan kesempatan membela tim junior Lunds BK.

Di Lunds BK inilah Elias Dolah menjalani debut profesional sebelum akhirnya pindah ke klub Swedia lainnya, FC Rosengard. Selanjutnya, dari Swedia, Elias Dolah kembali ke negara asal ayahnya, Thailand. Pada 2015, dirinya membela Songkhla United hingga 2017.

Akibat performa yang cukup bagus di Thai League 1, pemilik No.4 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, itu mendapatkan kesempatan membela Thai Port FC. Kini, dia membela Bali United.

Karier Elias Dolah semakin moncer saat panggilan membela Thailand didapatkan. Salah satu penampilan terbaik Elias Dolah bersama tim asuhan Mano Polking hadir di Piala AFF 2020.

Ketika turnamen edisi Covid-19 digelar pada 2021 di Singapura, Elias Dolah turun sebagai pemain utama Thailand. Dia tampil enam kali dan mencetak sebiji gol saat melawan Singapura.

Sayang, Elias Dolah tidak bermain di final melawan Indonesia lantaran cedera. Meski tanpa bek jangkung itu, tim Gajah Perang tetap mampu menghentikan perlawanan anak-anak muda Indonesia. Itu artinya, Elias Dolah akan jadi satu-satunya pemain Liga Indonesia 2023/2024 yang pernah mengangkat Piala AFF.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network