Profil Jayden Oosterwolde, Pemain Keturunan Indonesia Juara Piala Turki dengan Fenerbahce

"Kalau PSSI berminat, langsung saja ditawarkan paspor Garuda."

Biografi | 14 June 2023, 02:37
Profil Jayden Oosterwolde, Pemain Keturunan Indonesia Juara Piala Turki dengan Fenerbahce

Libero.id - Fenerbahce mengakhiri kompetisi domestik Turki dengan hasil yang tidak terlalu mengecewakan. Klub elite Istanbul itu berhasil menjadi runner-up Super Lig dan memenangkan Piala Turki. Menariknya, ada seorang pemain Belanda keturunan Indonesia di skuad asuhan Jorge Jesus yang bisa dinaturalisasi PSSI.

Kepastian Istanbul memenangkan Piala Turki 2022/2023 didapatkan seusai mengalahkan sesama klub Istanbul, Istanbul Basaksehir, di Gursel Aksel Stadium, Istanbul, Minggu (11/6/2023). Fenerbahce menang 2-0 melalui Michy Batshuayi.

Menariknya, dalam daftar susuan pemain final, terdapat pemain asal Belanda bernama Jayden Oosterwolde. Dia tidak bermain malam itu. Dia hanya duduk di bench. Tapi, namanya mendadak viral di media sosial Indonesia.

Setelah ditelusuri lebih jauh, viralnya Jayden Oosterwolde karena latar belakang yang melekat.  Lahir di Zwolle, 26 April 2001, pemilik nama lengkap Jayden Quinn Oosterwolde itu masuk kategori pemain keturunan. Dia punya darah Indonesia, Suriname, dan Belanda.

"Indonesia dan Suriname pernah menghubungi saya. Pada suatu waktu, saya menerima pesan di Instagram dari orang-orang Indonesia. Salah satunya ternyata asisten pelatih timnas," kata Jayden Oosterwolde suatu kali, dilansir ELF Voetbal.

Sebelum pergi ke Turki, Jayden Oosterwolde memulai karier sepakbola dari FC Twente. Dia bermain di sana sejak akademi setelah meninggalkan tim kanak-kanak ZAC di kampung halamannya, Zwolle.

Moncer di akademi membuat Jayden Oosterwolde mendapatkan kesempatan bermain di tim utama FC Twente. Debutnya bersama dengan tim senior terjadi pada musim 2020/2021. Berposisi sebagai full back kiri, Jayden Oosterwolde menghasilkan 1 gol dan 3 assist dari 26 pertandingan.

Sayang, akibat penurunan performa, Jayden Oosterwolde dipinjamkan ke Parma. Di sana, dia bermain di Serie B bersama sang legenda, Gianluigi Buffon. Dia memainkan 19 laga dan 1 gol.

Pada pertengahan musim 2022/2023, Jayden Oosterwolde pindah ke Fenerbahce dengan transfer 6 juta euro (Rp97,78 miliar). Belum lama memperkuat Fenerbahce dan jarang main di Super Lig, pemain berusia 21 tahun itu sudah merasakan gelar juara Piala Turki 2022/2023.

Kini, layak ditunggu apakah PSSI akan kembali menghubungi Jayden Oosterwolde atau tidak?

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network