Cyrus Margono Makin Berkembang, Posisi Kiper Local Pride Di Timnas Indonesia Mulai Terancam?

"Semoga bisa bersaing dengan sehat.."

Berita | 26 June 2023, 15:00
Cyrus Margono Makin Berkembang, Posisi Kiper Local Pride Di Timnas Indonesia Mulai Terancam?

Libero.id - Panathinaikos baru saja mengumumkan daftar pemain yang dibawa untuk tur pramusim di Austria. Dari sekian banyak nama ada sosok Cyrus Margono, kiper dengan tinggi 190 cm itu menjadi salah satu dari empat kiper yang diikutsertakan pelatih Ivan Jovanovic dalam masa persiapan menuju musim kompetisi 2023/2024.

Ada kesempatan bagi Cyrus Margono untuk naik level. Musim sebelumnya kiperketurunan Indonesia dan Iran yang lahir di Amerika Serikat itu dimainkan di
Panathinaikos B, di mana Cyrus Margono tampil dalam 9 laga dengan 2 kali clean sheet.

Nama Cyrus Margono akhir-akhir ini mulai dibicarakan kembali seiring dengan kabar pencarian akan pemain keturunan Grade A
yang akan menjadi tambahan kekuatan untuk berlaga di Piala Asia 2023 mendatang.

Cyrus Margono sendiri tak perlu menjalani proses naturalisasi sebagaimana Ivar Jenner, Rafael Struick, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama, sebab meskipun bukan 100 persen orang IndonesiaCyrus Margono sempat terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Sebelumnya Cyrus Margono sempat terdaftar sebagai warga negara Amerika Serikat berdasarkan tempat kelahirannya, namun usianya yang belum 21 tahun tahun berdasarkan regulasi khusus masih biaa mendapatkan status WNI.

Hal tersebut juga sudah diurus oleh Cyrus Margono pada awal Mei 2023 lalu, dibantu oleh mantan utusan PSSI untuk urusan naturalisasi pemain yakni Hamdan Hamedan yang menjembatani komunikasi dengan sang pemain, orang tua dan pihak pemerintah

Hal tersebut tak lepas dari keinginan kuat Cyrus Margono jika suatu waktu dipanggil oleh Timnas Indonesia. Mengingat usianya masih sangat muda dan perkembangan kariernya menuju arah yang positif, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Shin Tae-yong memanggil Cyrus Margono.

Keberadaan Cyrus Margono bisa jadi mengancam eksistensi kiper Timnas Indonesia yang selama ini selalu diisi oleh pemain local pride.

Saat ini di bawah mistar gawang Timnas Indonesia ada nama Ernando Ari Sutaryadi dan Syahrul Trisna yang rutin dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Akan menjadi persaingan menarik jika benar-benar suatu saat Cyrus Margono memperkuat Timnas Indonesia.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network