Profil Jack Brown, Pemain Persita Nyaris Pensiun karena Salah Diagnosis Cedera

"Pada sebuah masa, Jack Brown pernah jadi fenomena. Masih ingat?"

Biografi | 01 July 2023, 13:38
Profil Jack Brown, Pemain Persita Nyaris Pensiun karena Salah Diagnosis Cedera

Libero.id - Jack Brown pernah jadi pembicaraan di Indonesia ketika memikat hati Sir Alex Ferguson saat ikut Manchester United Summer Camp di Old Trafford. Bakatnya sangat bagus dan dinilai akan mampu menjadi pemain masa depan timnas Indonesia.

Sempat lama menghilang, Jack Brown muncul saat Shin Tae-yong menggelar pemusatan latihan timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021. Tapi, turnamen itu kemudian ditunda hingga 2023, dan Jack Brown menghilang lagi.

Jack Brown baru muncul pada putaran kedua Liga 1 2021/2022. Saat itu, dia bergabung dengan Persita Tangerang. Dia bermain setelah menderita cedera yang cukup parah dan cukup memilukan. Bahkan, akibat salah diagnosis, dia nyaris pensiun dini.

Masalah itu berawal ketika pemain kelahiran Jakarta, 2 November 2001, menjalani tes Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk mengetahui kondisi lututnya yang cedera. Dokter bilang lututnya aman.

Tapi, Jack Brown tidak langsung percaya dengan diagnosis tersebut. Dia kemudian menjalani konsultasi lebih lanjut dengan beberapa dokter di rumah sakit di Indonesia. Ada lima dokter yang ditemui, dan semuanya mendiagnosis ACL milik Jack Brown tidak putus.

Jack Brown masih bingung. Akhirnya, dia mendatangi seorang fisioterapis di Bekasi. Berbeda dengan dokter lainnya, fisioterapis tersebut mengatakan sebaliknya. "Saya membaca hasil MRI, hasilnya ACL putus. Terus saya saat membaca itu sempat bingung. Ini beneran putus atau tidak ya," ujar Jack Brown.

Karena hasil yang membingungkan, Jack Brown terbang ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan. Hasilnya, dokter di Singapura mengatakan ACL Jack Brown memang putus. Saat menjelaskan kondisi Jack Brown, dokter kaget tidak pernah melihat pemain main dengan ACL putus selama 5 bulan.

Akibat salah diagnosis tersebut, Jack Brown hampir penisun dini. Beruntung, kondisinya dapat segera ditangani dengan tepat. Kini, dirinya siap menatap musim baru bersama Persita Tangerang.

Jack Brown lahir dan besar di Jakarta dari ayah berkebangsaan Inggris dan ibu asli Indonesia. Dia memulai pendidikan sepakbola di Arsenal Soccer School Indonesia. Saudaranya, George Brown, juga pesepakbola profesional yang kini membela Persebaya Surabaya.

Pada Agustus 2020, Jack Brown masuk dalam daftar 30 pemain timnas U-19 untuk TC di Kroasia. Dia menjalani debut pada 25 September 2020 dalam kekalahan 0-1 melawan Bosnia-Herzegovina U-19.

Tapi, pada 11 Oktober 2020, Jack Brown mencetak dua gol untuk timnas U-19 dalam kemenangan 4-1 melawan Makedonia Utara U-19.

Jack Brown dikontrak Persita Tangerang untuk bermain di Liga 1 pada pertengahan musim 2021/2022. Dia melakukan debut liga dalam kemenangan 3-0 melawan Persiraja Banda Aceh pada 6 Februari 2022 sebagai pengganti Ricki Ariansyah pada menit 88 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar.

Untuk musim ini, Jack Brown kembali masuk daftar skuad utama Pendekar Cisadane di lini tengah. Jadi, layak kita tunggu kiprahnya.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network