Profil Maciej Gajos, Kapten Lechia Gdansk yang Disebut Gabung Persija Jakarta

"Sehebat apakah dia? Ini profilnya."

Biografi | 04 July 2023, 10:21
Profil Maciej Gajos, Kapten Lechia Gdansk yang Disebut Gabung Persija Jakarta

Libero.id - Memasuki musim baru Liga 1, ada aturan baru pemain asing diterapkan. Itu berarti akan semakin banyak yang terlibat. Bukan hanya jumlah, melainkan juga asal negara yang semakin bervariasi. Itu termasuk pemain-pemain yang selama ini jarang main di Indonesia seperti Myanmar atau Polandia.

Win Naing Tun adalah pemain pertama Myanmar yang bermain di Indonesia. Pemain sayap itu tercatat sebagai personel Borneo FC.

Selain Myanmar, negara yang jarang menampilkan pemainnya di kompetisi Indonesia adalah Polandia. Dulu, pada 2000-an, pernah ada beberapa pemain Polandia di Persib Bandung. Tapi, mereka tidak lama akibat performa Maung Bandung yang merosot di Divisi Utama 2002/2003.

Setelah 20 tahun, telur itu tampaknya akan pecah. Rumor menyebut, kapten Lecchia Gdansk, Maciej Gajos, akan membela Macan Kemayoran. Itu berarti temannya Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

"Dia pemain bagus. Dia bisa bantu pemain-pemain muda kita dengan berbagi pengalamannya. Itu bagus untuk pemain kita, untuk menaikkan level," ujar Egy Maulana Vikri saat ditanya awak media terkait kemungkinan Maciej Gajos bermain di Liga 1 2023/2024.

Maciej Gajos berposisi sebagai gelandang serang. Dia lahir di sebuah kota kecil bernama Blachownia, pada 19 Maret 1991.

Maciej Gajos memulai karier di level junior dengan menimba ilmu di akademi klub lokal, Rakow Szectochowa. Maciej Gajos berhasil menembus skuad utama ketika berusia 20 tahun. Pada 2009-2013, dirinya mencatatkan 19 gol dari 95 pertandingan semua ajang resmi.

Pada musim 2012/2013, Maciej Gajos pindah ke klub Jagiellonia Bialystok. Statistiknya cukup bagus dengan catatan 108 laga dan 23 gol pada semua pertandingan resmi.

Selanjutnya, Maciej Gajos diboyong salah satu klub elite Polandia, Lech Poznan. Di klub yang melahirkan Robert Lewandowski itu, Maciej Gajos dapat panggilan ke timnas Polandia untuk Kualifikasi Euro 2016. Debutnya terjadi saat melawan Republik Irlandia pada Maret 2016.

Empat musim memperkuat Lech Poznan, Maciej Gajos memainkan 151 pertandingan resmi dengan catatan 18 gol sebelum bergabung dengan Lechia Gdansk pada 2019. Itu adalah tahun yang sama ketika Egy Maulana Vikri bergabung.

Beda dengan Egy Maulana Vikri yang duduk manis di bangku cadangan, dan kemudian tersingkir, Maciej Gajos menjadi andalan di lini tengah Lechia Gdansk. Bahkan, dirinya dipercaya menjadi kapten tim. Pemain berusia 32 tahun itu sudah mencatatkan 135 laga dengan catatan 18 gol resmi.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network