10 Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik Sepanjang Masa

"Jepang dan China masing-masing menyumbang satu pemain. Tetapi Amerika Serikat adalah rajanya. Jangan lupa pula Martha dari Brasil."

Feature | 06 October 2020, 07:51
10 Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik Sepanjang Masa

Libero.id - 10 wanita ini adalah sosok hebat di dalam dunia sepak bola, ya benar sepak bola. Dengan motivasi, agresivitas, serta visi bermain yang tak kelah hebat dari para pesepakbola pria, semua keturunan Hawa ini memiliki prestasi yang luar biasa dengan berbagai penghargaan, baik secara individu atau pun bersama timnasnya masing-masing.

Piala Dunia Wanita yang  pertama diadakan di Tiongkok pada tahun 1991, dalam waktu kurang dari 30 tahun langsung berubah menjadi ajang paling bergengsi di dunia  dan telah menciptakan berbagai sejarah yang penuh dengan momen-momen tak terlupakan dan yang jelas menghasilkan pesepakbola wanita yang hebat-hebat. Berikut daftar pemain sepak bola wanita terbaik sepanjang masa;

10. Kristine Lilly

Negara: Amerika Serikat
Posisi: Striker
Tahun bermain: 1987-2011
Caps: 354

Penghargaan dan prestasi:

Juara Piala Dunia Wanita FIFA dua kali. Peraih medali emas Olimpiade dua kali. Juara NCAA empat kali.

Sejak aktif sebagai pesepakbola profesional dari tahun 1987, selama 23 tahun di lapangan hijau, Lilly  menutup rekor dunia yang luar biasa dengan mengemas 354 caps bersama tim Paman Sam serta mencetak 130 gol dan 105 assist.

Wanita kelahiran New York City itu mungkin akan selalu dikenang berkat penyelamatannya menggunakan kepala saat final menghadapi China di Piala Dunia Wanita 1999. Memang namanya munkin tidak seterkenal seperti Alex Morgan, tapi ia adalah pemain sepak bola wanita pertama yang membuat 100 caps untuk negaranya, terlebih lagi ia telah bermain secara selama 28.700 menit selama karirnya yang terbilang suskes.

Di level klub, dia bermain untuk Boston Breakers selama 4 musim dan saat ini menjadi mentor asosiasi di sana.

9.Nadine Angerer

Libero.id

Kredit: uefa.com

Negara: Jerman
Posisi: Kiper
Tahun bermain: 1995-2015
Caps: 146
Penghargaan dan prestasi: Pemain Terbaik Dunia Wanita FIFA. Juara Piala Dunia Wanita dua kali. Juara UEFA Wanita dua kali.

Salah satu penjaga gawang terbaik yang pernah ada, Nadine Angerer memenangkan hadiah Pemain Wanita Terbaik FIFA, menjadi penjaga gawang pertama dalam sejarah yang memenangkan penghargaan tersebut. Dia adalah role model yang ideal untuk para penjaga gawang wanita, dimana selama 540 menit ia tak pernah kebobolan dan pada Piala Dunia Wanita 2007, ia sukses tanpa kebobolan.

Dia juga menjadi orang nomor satu untuk Jerman yang memenangkan Kejuaraan Wanita UEFA pada tahun 2009 dan 2013. Ketika kiper nomor satu Jerman di Piala Dunai Wanita 2007,  Silke Rottenberg mengalami cedera lutut, Nadine Angerer mendapatkan kesempatan bermain dan itu adalah keputusan yang tepat.

Dia adalah seorang spesialis dalam situasi penalti. Setelah pengunduran diri Prinz pada tahun 2011, Angerer menjadi kapten dan melakukan dua penyelamatan penalti penting melawan Swedia untuk mendorong Jerman meraih gelar Eropa 2013.

"Angerer adalah pemimpin hebat di timnya,  pahlawan yang hebat untuk diikuti, "ujar pelatih Jerman saat itu, Tony DiCicco, yang juga seorang penjaga gawang. Sejak mengundurkan diri pada tahun 2015, Ia menjadi mentor kiper untuk Portland Thorns FC.

8.Homare Sawa

Libero.id

Kredit: fifa.com

Negara: Jepang
Posisi: Gelandang
Tahun bermain: 1991-2015
Caps: 201
Penghargaan dan prestasi: Pemain Terbaik Dunia FIFA Tahun Ini. Juara Piala Dunia Wanita FIFA. Peraih medali perak Olimpiade.

Homare Sawa adalah salah satu playmaker terbaik di dunia saat ini, khususnya sesama wanita. Sawa membuat penampilan pertamanya di lapangan hijau pada usia 12 tahun dan tiga tahun setelah itu mendapatkan panggilan pertamanya ke timnas Jepang.

Sawa yang berperan sebagai kapten sukses mendukung timnya dalam perjalanan untuk meraih Bola Emas dan Sepatu Emas. Ditambah, ia dinobatkan sebagai Pemain Dunia Wanita Tahun Ini oleh FIFA pada 2011 dan musim panas sebelumnya di London dia membantu timnya meraih penghargaan perak Olimpiade.

Sawa adalah Legenda sepanjang masa untuk tim nasionalnya. Dia pensiun pada usia 37 tahun, mencetak 83 gol dalam 205 pertandingan, angka itu adalah rekor yang masih belum bisa terpecahkan hingga sekarang oleh rekan-rekannya di timnas Samurai.

7. Sun Wen

Libero.id

Kredit: fifa.com

Negara: China
Posisi: Penyerang
Tahun bermain: 1989-2006
Caps: 156
Penghargaan dan prestasi: Pemain Wanita Abad Ini FIFA. Pemenang Bola Emas Piala Dunia. Pemenang Sepatu Emas Piala Dunia.

Sebagai peraih Golden Ball dan Sepatu Emas 1999, Sun Wen adalah pemain top sekaligus top skorer turnamen. Dia juga adalah kapten tim nasional China dan Atlanta Beat. Dalam 152 penampilan untuk timnas China, ia berhasil mencetak 106 gol. Sun juga memiliki kualiatas umpan di atas rata-rata rekan satu timnya yang membuatnya sering mengambil alih bola mati.

Setelah mencetak gol dari jarak jauh melawan Amerika Serikat di Olimpiade Sydney, pelatih timnas wanita Amerika, April Heinrichs memberikan pujian yang tinggi kepada Sun. "Saya ingin membayar dia untuk datang bermain di Amerika Serika," katanya.

Biasa bermain sebagai penyerang ataupun gelandang, Sun ditopang dengan kecepatan berlarinya serta visi bermain yang bagus, dimana ia banyak menciptakan ruang tembak untuk kompratiotnya.

Sebelum benar-benar pensiun ada tahun 2005, Sun masih bisa membuktikn  dirinya sebagai pesepak bola. Timans wanita China sendiri bisa dikatan sebagai salah satu tim sempurna pertama sepak bola wanita, merebut perak Olimpiade pada tahun 1996 dan kalah di final Piala Dunia dari Amerika Serikat pada tahun 1999, dan itu tak lepas dari kontribusi Sun.

6. Abby Wambach

Libero.id

Kredit: fifa.com

Negara: Amerika Serikat
Posisi: Penyerang
Tahun bermain: 1998-2015
Caps: 256
Penghargaan dan prestasi: Pemain Terbaik Dunia Wanita FIFA tahun 2012. Juara Piala Dunia Wanita dan peraih medali emas Olimpiade.

Abby Wambach adalah salah satu pemain paling berbahaya karena kemampuan finishing-nya. Dia memegang rekor pertandingan internasional di antara pesepakbola wanita dan pria. Dia bermain dan mencetak gol di empat Piala Dunia Wanita FIFA dan dua kompetisi Olimpiade . Selain itu, ia juga dianugerahi Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun 2012.

Yang hebat lagi adalah sebagian besar gol, Wambach dicetak di panggung-panggung besar. Dia telah bermain di tiga Piala Dunia dan tiga Olimpiade. Dia juga pesepakbola pertama yang memenangkan AP Athlete of the Year dan wanita Amerika pertamaa yang memenangkan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2012. Ia mendapat panggilan tim nasional pada tahun 2001, namun, ia gagal membawa tim Paman Sam meraih gelar Piala Dunia Wanita hingga tahun 2015.

5. Christine Sinclair

Negara: Kanada
Posisi: Penyerang / gelandang
Caps:186
Tahun bermain: 2000-sekarang
Penghargaan dan prestasi: Juara NCAA dua kali. Juara WPS dua kali. Juara NWSL dua kali. Pemain Sepak Bola Kanada 14 kali Tahun Ini.

Sinclair berada di urutan pertama dalam daftar pencetak gol terbaik internasional dengan 186 gol mengalahkan raihan gol Abby Wambach. Sinclair bisa dikatkan adalah pemain yang paling berpengaruh dalam sepak bola Kanada, terutama ketika ia berhasil memenangi dua gelar nasional di University of Portland.

"Saya percaya dia adalah pemain terbaik yang pernah ada di planet ini," ujar Abby Wambach.

Salah satu momen yang paling berkesan dari Pemain berusia 37 tahun itu adalah hattricknya dalam pertandingan dramatis melawan Amerika Olimpiade 2012 dengan skor 4-3 untuk kemenangan Amerika Serikat.

4. Michelle Akers

Libero.id

Kredit: fifa.com

Negara: Amerika Serikat
Posisi: Gelandang / penyerang
Tahun bermain: 1985-2000
Caps:153
Penghargaan dan prestasi: Pemain Wanita Abad Ini FIFA. Juara Piala Dunia Wanita dua kali. Peraih medali emas Olimpiade.

Sebagai salah satu pemain sepak bola wanita lain yang umumnya populer karena sukses memenangi Piala Dunia Wanita, Michelle Akers terbilang sangat terampil. Selama turnamen 1991, ia bahkan mendapatkan Sepatu Emas, yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak turnamen. Kadang-kadang dikenal sebagai pemain terbaik yang pernah ada, ia masuk dalam FIFA 100, bersama Mia Hamm, sebagai salah satu dari dua pemain sepak bola wanita yang tercatat dari para pemain sepak bola yang masih hidup dan juga dinobatkan sebagai pemain sepak bola FIFA Abad Ini.

Akers adalah mantan kapten tim nasional Amerika Serikat serta mencetak rekor luar biasa dengan 39 gol hanya dalam 26 pertandingan internasional. Akers menyelesaikan karirnya sebagai pesepakbola dengan 105 gol dalam 153 pertandingan internasional. Ia dihormati sebagai pemain abad ini oleh FIFA bersama dengan Sun, namun penghargaan terbaik mungkin berasal dari mitra serta mentornya di timnas wanita Amerika yakni Mia Hamm. "Dia adalah seorang pejuang, dia adalah awal dan akhir kami"

3. Mia Hamm

Libero.id

Kredit: fifa.com

Negara: Amerika Serikat
Posisi: Penyerang / gelandang
Tahun bermain: 1987-2004
Caps: 276
Penghargaan dan prestasi: Pemain Terbaik Dunia FIFA dua kali. Juara Piala Dunia Wanita Dua Kali dan peraih medali emas Olimpiade. Juara NCAA empat kali.

Terlepas dari kenyataan bahwa dia telah pensiun sejak 2004, Mia Hamm terus menjadi sosok panutan dari anak-anak perempuan di berbagai belahan dunia untuk menjadi pesepakbola. Dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA, Hamm adalah anggota tim Amerika Serikat yang memenangkan Piala Dunia Wanita pada tahun 1991 dan 1999 dan Olimpiade pada tahun 1996 dan 2004.

Dia adalah pencetak gol terbaik kedua dengan 158 gol dan merupakan salah satu dari dua wanita yang masuk dalam 100 pesepakbola sepanjang masa oleh FIFA. Terlepas dari setiap kehormatan Piala Dunia dan medali emas Olimpiade, Hamm mungkin lebih dari segalanya, dipandang sebagai sosok pemimpin dalam sepak bola wanita serta wajah sepak bola wanita Negri Paman Sam.

2. Marta

Negara: Brazil
Posisi: Penyerang
Tahun bermain: 2000-sekarang
Caps: 154
Penghargaan dan prestasi: Enam kali Pemain Terbaik Dunia FIFA. Memenangkan Bola Emas dan Sepatu Emas Piala Dunia Wanita 2007.

Marta adalah salah satu pesepakbola terampil paling berbakat yang pernah ada. Dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia FIFA untuk rekor yang luar biasa sebanyak 5 kali berturut-turut sejak 2006. Ia juga membantu Brasil meraih runner up di Piala Dunia 2007. Ditambah, ia juga sukses memenangkan Sepatu Emas dan Bola Emas untuk pemain terbaik dan pencetak gol terbaik di turnamen itu.

Jika Hamm adalah Wonderwoman pertama sepak bola, maka Marta adalah orang yang meningkatkan harapan masa kini untuk menunjukkan bahwa wanita juga bisa memainkan si kuit bundar yang dahulu hanya dimainkan oleh pria. Marta menunjukkan kehebatannya dengan memenangkan Penghargaan Pemain Terbaik FIFA ke-6 pada tahun 2018 dan pada tahun 2019, meningkatkan rekornya di Piala Dunia menjadi 17.

1. Birgit Prinz

Libero.id

Kredit: fifa.com

Negara: Jerman
Posisi: Striker
Tahun bermain: 1993-2011
Caps: 214
Penghargaan dan prestasi: Pemain Terbaik Dunia FIFA Tiga kali. Juara Piala Dunia Wanita FIFA dua kali. Peraih medali perunggu Olimpiade tiga kali.

Prinz sukses mengantarkan Jerman memennagka Piala Dunia pada tahun 2003 dan 2007 serta sukses meraih tiga penghargaan perunggu Olimpiade. Ia juga dikenal sebagai pencetak gol terbaik Piala Dunia Wanita FIFA dengan 14 gol. Di level klub, ia telah meraih 8 gelar Bundesliga dan 3 Piala Wanita UEFA. Terlepas dari kenyataan bahwa ia pensiun pada tahun 2011, warisannya sebagai salah satu pemecah rekor terbaik dalam olahraga ini tetap tertanam.

Selain kemampuannya yang luar biasa, ia juga memegang tempatnya di antara pemain sepak bola wanita paling hebat yang pernah ada. Birgit Prinz telah memenangkan dua Piala Dunia dan tiga Pemain Terbaik Dunia IFA. Luar biasa dibandingkan dengan pesepakbola wanita lainnya, ia pernah bermain untuk timnas Jerman, Carolina Courage dan FFC Frankfurt. Sepanjang profesinya, dia mencetak 282 gol sebelum 2011 ketika dia menyatakan pensiun.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network