12 Negara yang Gawangnya Dijebol Roberto Firmino Saat Membela Brasil

"Gol Firmino menjadi jawaban atas kritik setelah gagal menjebol jala lawan pada 4 pertandingan awal Liverpool di Liga Premier."

Feature | 11 October 2020, 09:28
12 Negara yang Gawangnya Dijebol Roberto Firmino Saat Membela Brasil

Libero.id - Brasil mengawali kampanye menuju Piala Dunia 2022 dengan gemilang. Tim Samba menghajar Bolvia 5 gol tanpa balas di Arena Corinthians, Sao Paulo, Sabtu (10/10/2020) pagi WIB, dengan Roberto Firmino menyumbang 2 gol. Itu adalah laga pertama Brasil sejak bertemu Korea Selatan, 19 November 2019.

Libero.id

Roberto Firmino. Kredit: cbf.com.br

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan itu, Brasil langsung menurunkan sejumlah pemain bintangnya seperti Thiago Silva, Marquinhos, Philippe Coutinho, Neymar, dan Firmino. Tanpa ampun tuan rumah langsung menggelontor jala La Verde.

Khusus Firmino, itu menjadi jawaban atas kritik yang dialamatkan setelah gagal menjebol jala lawan pada 4 pertandingan awal musim Liverpool di Liga Premier. Dua gol ke jala Bolivia cukup membuat mantan pemain Hoffenheim tersebut mengoleksi total 15 gol dari 45 penampilan bersama Brasil.

Dari 15 gol yang sudah dihasilkan, Firmino menghadapi 12 tim. Tiga dari Eropa, satu Afrika, dan sisanya Amerika. Berikut ini 12 negara yang jalanya pernah dibobol Firmino:

1. Austria

Pada 18 November 2014, Brasil menjalani pertandingan persahabatan dengan Austria di Ernst Happel-Stadion Vienna. Itu adalah pertarungan perdana tim Samba setelah gagal menyakitkan di Piala Dunia 2014.

Akibatnya, Brasil melakukan sejumlah perombakan skuad. Tim Samba menang 2-1 dan Firmino mencetak gol kemenangan. Hebatnya, itu adalah koleksi perdana penyerang berusia 29 tahun tersebut. Itu juga laga kedua bersama Brasil setelah menjalani debut melawan Turki, 23 Oktober 2014.

"Saya sangat gembira saat dipanggil ke timnas. Saya semakin senang karena bisa mencetak gol pada pertandingan kedua saya. Terima kasih untuk pelatih dan seluruh rekan-rekan setim yang telah mendukung saya," ujar Firmino saat itu, dilansir Kicker.

2. Chile

Jelang Copa America 2015, Brasil mengadakan dua pertandingan uji coba internasional. Salah satunya melawan Chile di Emirates Stadium, London, 29 Maret 2015. Brasil menang 1-0 lewat gol semata wayang Firmino. Itu menjadi gol pertama Firmino pada 2015.

3. Honduras

Sebelum Copa America 2015 berlangsung di Chile, Brasil mengadakan uji coba terakhir di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, 10 June 2015. Mereka mengundang Honduras. Tampil dengan skuad eksperimen, tim Samba unggul 1-0. Firmino menjadi satu-satunya pencetak gol pertandingan itu.

Uniknya, pada 9 Juni 2019, Brasil kembali menjadi pertandingan persahabatan dengan Honduras. Mengambil tempat yang sama di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Firmino kembali mencetak 1 gol. Bedanya, saat itu tuan rumah berpesta 7 gol tanpa balas.

4. Venezuela

Copa America 2015 menjadi ajang besar pertama yang diikuti Firmino. Tampil di Chiile, Brasail tergabung bersama Kolombia, Peru, dan Venezuela di Grup C. Pada pertandingan melawan Venezuela di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, 21 Juni 2015, Firmino mencetak 1 gol. Tim Samba unggul 2-1.

Sayang, pada kompetisi tersebut, Brasil tersingkir di perempat final. Mereka dikalahkan Paraguay lewat adu penalti 3-4 (1-1). Akhirnya, Chile keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Argentina di final.

"Kami harus mengambil banyak pelajaran (dari kegagalan Copa America) dan menerapkannya untuk kualifikasi (Piala Dunia 2018). Sama seperti Copa America, (kualifikasi Piala Dunia) itu sulit. Tapi, kami tidak boleh meninggalkan karakteristik Brasil dan harus memanfaatkan kemampuan teknis kami," ungkap Dunga, dikutip Fox Sports.

5. Bolivia

Pada 6 Oktober 2016, Brasil menghadapi Bolivia di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Pertandingan digelar di Arena das Dunas, Natal, 6 Oktober 2016. Brasil menang 5-0 dan Firmino mencetak 1 gol. Empat gol lainnya dikemas Neymar, Philippe Coutinho, Filipe Luis, dan Gabriel Jesus.

Uniknya, pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Firmino kembali mencetak gol ke gawang Bolivia. Skornya juga 5-0 dan laga berlangsung di Arena Corinthians. Bedanya, Firmino mencetak 2 gol. Selain Firmino, Marquinhos dan Coutinho juga mencetak gol. Satu gol lagi tercipta berkat bunuh diri Jose Carrasco.

6. Kroasia

Bermain di Anfield, 3 Juni 2018, pada sebuah pertandingan uji coba internasional versus Kroasia, Firmino tampil menggila. Di depan suporter Brasil dan para pendukung Liverpool yang hadir di stadion secara langsung, Firmino mencetak gol kedua dalam kemenangan 2-0. Pertandingan sengaja digelar di Inggris sebagai bagian dari kampanye Brasil menuju Piala Dunia 2018.

7. Meksiko

Brasil memulai aktivitas di Piala Dunia 2018 dengan hasil imbang melawan Swiss. Lalu, memukul Kosta Rika dan Serbia. Pada babak 16 besar, tim Samba bertemu Meksiko, 2 Juli 2018. Brasil menang 2-0 lewat Neymar dan Firmino.

Sayang, laju Brasil terhenti di perempat final. Menghadapi Belgia pada 6 Juli 2018, Brasil kalah 1-2. Fernandinho mencetak gol bunuh diri, sementara Renato Augusto mencetak satu-satunya gol untuk Brasil. Untuk kali keempat secara beruntung sejak menjuarai Piala Dunia 2002, tim Samba harus pulang dari Rusia dengan tangan hampa.

8. Amerika Serikat

Setelah Piala Dunia 2018, Brasil menjalani agenda internasional dengan pertandingan persahabatan di MetLife Stadium, East Rutherford, 7 September 2018, melawan Amerika Serikat. Tim Samba menang 2-0 dan Firmino menjadi pencetak gol pertama.

9. Republik Ceko

Pada 26 Maret 2019, Brasil tampil di Sinobo Stadium, Praha, menghadapi Republik Ceko pada uji coba internasional. Hasilnya, Brasil menang 3-1 dan Firmino mencetak 1 gol. Itu adalah pertandingan persiapan menghadapi Copa America 2019 di kandang.

10. Peru

Pada akhir Mei 2019, nama Firmino masuk dalam daftar 23 pemain Brasil yang tampil di Copa America 2019. Firmino baru mencetak gol saat Brasil menjalani pertandingan ketiga versus Peru di Arena Corinthians, 22 Juni 2019. Dia mencetak 1 gol dan Brasil menang 2-0. Tim Samba memuncaki klasemen akhir Grup A dan melaju ke perempat final untuk menantang Paraguay.

11. Argentina

Melawan Argentina selalu menarik dan penuh gengsi bagi para pemain Brasil. Contohnya pada semifinal Copa America 2019 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, 2 Juli 2019. Brasil menang 2-0 dan Firmino mencetak 1 gol. Tim Samba melaju ke final untuk mengalahkan Peru 3-1.

Itu adalah tahun yang menggembirakan bagi Firmino karena beberapa pekan sebelumnya membantu Liverpool menjuarai Liga Champions. "Yang kemarin adalah akhir musim yang intens untuk Liverpool. Saya telah mengerahkan segalanya di final Liga Champions dan untuk fit dan bersaing di Copa America," ucap Firmino, dikutip Samba Foot.

"Terima kasih Tuhan, perjalanan kami di sini sudah sangat bagus dan kami berharap untuk keluar sebagai juara, dan itu di kandang kami. Tim ini sangat solid di lini belakang. Kami masih belum kebobolan dan kami telah mengambil kesempatan yang ada. Biarkan tim ini seperti ini, merasa bebas dan bahagia," ungkap Firmino setelah laga melawan Argentina.

12. Senegal

Pada 10 Oktober 2019, Brasil menjalani pertandingan persahabatan dengan Senegal di National Stadium Singapura. Meski diunggulkan, bukan berarti Brasil bisa mudah bermain. Mereka justru harus bermain imbang 1-1 setelah gol Firmino disamakan Famara Diedhiou.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network