11 Pemain Selain Calvert-Lewin yang Cetak Gol di Debut Bersama Inggris

"Tidak semuanya bertahan lama di timnas Inggris, atau memiliki jejak karier gemilang di The Three Lions. Banyak pula yang terpuruk."

Feature | 11 October 2020, 13:25
11 Pemain Selain Calvert-Lewin yang Cetak Gol di Debut Bersama Inggris

Libero.id - Dominic Calvert-Lewin membuat debut gemilang bersama tim nasional Inggris saat beruji coba melawan Wales. Striker muda Everton tersebut langsung membayar lunas kepercayaan pelatih dengan gol yang membantu The Three Lions menang 3-0 pada pertarungan tanpa penonton di Wembley.

Calvert-Lewin membuat gol pembuka lewat sundulan setelah menuntaskan umpan silang Jack Grealish. Dua gol Inggris lainnya datang lewat aksi Conor Coady dan Danny Ings.

"Sungguh ini debut impian. Sayang,  tidak ada suporter di sini untuk merayakan dan keluarga saya tidak ada di sini. Itu pahit dalam pengertian debut. Tapi, untuk mencetak gol pada debut saya ini adalah hal yang penting. Impian terwujud," kata Calvert-Lewin, dikutip BBC Sport.

"Saya telah bekerja sangat keras untuk sampai ke tahap ini. Ini terasa seperti perjalanan yang panjang. Tapi, saya sangat senang berada di sini dan mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol pada debut saya," tambah penyerang berusia 23 tahun itu.

Calvert-Lewin boleh bangga, meski bukan satu-satunya pemain Inggris yang mencetak gol saat debut berseragam The Three Lions. Sebelumnya, ada 11 pemain yang memiliki catatan sama seperti Calvert-Lewin. Berikut ini daftarnya:

1. Darius Vassell

Libero.id

Kredit: transfermarkt.com

Vassell menjalani debut saat Inggris bermain imbang 1-1 dengan Belanda, 13 Februari 2002. Saat itu, dia berstatus penyerang Aston Villa. Vassell mencuri perhatian dengan penampilan membanggakan dan terpilih menjadi man of the match lantaran gol menyama kedudukan yang dicetak berupa bicycle kick.

Kariernya di Inggris berakhir dengan kekecewaan dua tahun kemudian karena gagal mengeksekusi tendangan penalti yang menentukan dalam kekalahan dari Portugal di perempat final Euro 2004. Vessell menderita cedera lutut serius saat bermain untuk Leicester City pada 2011. Dia akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya dari sepakbola pada 2016.

2. Francis Jeffers

Libero.id

Kredit: thefa.com

Sekarang Jeffers kembali ke Everton sebagai pelatih. Tapi, saat bermain dia menjalani debut pada 12 Februari 2003 saat Inggris menghadapi Australia di uji coba. The Three Lions kalah 1-3 dan Jeffers menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol. Setelah laga itu, Jeffers tidak pernah bermain untuk Inggris lagi. Sebaliknya, rekan setimnya saat itu, Wayne Rooney, bernasib sedikit lebih baik karena menjelma menjadi legenda The Three Lions.

3. Shaun Wright-Phillips

Pada 18 Agustus 2004, sebuah gol solorun brilian melawan Ukraina pada penampilan pertama membuat Wright-Phillips dianggap sebagai calon pemain Inggris yang akan memenangkan Ballon d'Or suatu hari nanti. Tapi, setelah mengumpulkan 36 caps, mantan pemain Manchester City itu tidak juga memenangkan penghargaan pemain terbaik dunia. Sekarang, dia berusia 38 tahun dan sudah pensiun.

4. Kieran Richardson

Libero.id

Kredit: thefa.com

Kemenangan 2-1 atas Amerika Serikat pada uji coba, 29 Mei 2005, didapatkan berkat dua gol Richardson, termasuk satu tendangan bebas yang luar biasa. "Untuk pemain muda mencetak dua gol dan bermain seperti dirinya adalah fantastis. Tendangan bebasnya luar biasa," kata Sven-Goran Eriksson kepada BBC Sport saat itu.

Namun, pemain sayap kiri itu pada akhirnya hanya memiliki 7 caps lagi. Richardson terlempar dari sepakbola Inggris sebelum menjalani trial di klub La Liga, Granada, pada 2017 dan setelah itu tidak terdengar lagi kiprahnya.

5. David Nugent

Sejak 19 Maret 2007, spekulasi di media-media Inggris menyatakan Steve McClaren sedang memantau Nugent untuk dipanggil ke timnas menggantikan Darren Bent (Charlton Athletic) yang cedera. Lalu, pada 28 Maret 2007 kesempatan membela The Three Lions benar-benar datang.

Hari itu, Nugent menjalani debut bersama Inggris menghadapi Andorra pada Kualifikasi Euro 2008 di Barcelona. Dia mencetak gol ketiga Inggris pada menit 93 memanfaatkan rebound Jermain Defou untuk membuat skor 3-0.

Sayang, setelah pertandingan bersejarah itu Nugent tidak pernah kembali ke timnas. Dia menjadi satu dari tiga pemain Inggris selain Paul Goddard serta Francis Jeffers yang mencetak gol di debut sebagai pemain pengganti dan tidak pernah dipanggil lagi. Bahkan, pengalaman 11 menitnya di laga melawan Andorra menjadi yang paling pendek dalam sejarah The Three Lions, khususnya bagi sang pencetak gol.

6. Steven Caulker

Libero.id

Kredit: thefa.com

Pada 14 November 2012, Roy Hodgson memanggil Caulker untuk menjalani pertandingan uji coba melawan Swedia. Dia bermain 74 menit dan mencetak gol dalam laga yang berakhir dengan kekalahan 2-4 The Three Lions itu. Setelah pertadingan, Caulker tidak pernah lagi kembali ke timnas. Bahkan, kariernya di Liga Turki bersama Alanyaspor harus diselingi masalah perjudian, kecanduan alkohol, dan depresi berat.

7. Andros Townsend

Townsend melakukan debut di tim senior Inggris saat melawan Montenegro pada Kualifikasi Piala Dunia 2014, 11 Oktober 2013, dalam usia 22 tahun 87 hari. Dia terlibat pada gol pertama Inggris dalam kemenangan 4-1. Dia mencetak gol ketiga dari luar area penalti setelah 78 menit.

Setelah laga itu, Townsend bermain lagi saat melawan Polandia, 15 Oktober 2013. Skornya, 2-0 untuk The Three Lions. Kemudian, Townsend masih rajin memperkuat Inggris hingga 2016. Meski masih aktif membela Crystal Palace, Townsend sudah tidak pernah dipanggil The Three Lions. Secara total dia memiliki 13 caps dan 3 gol.

8. Rickie Lambert

Libero.id

Kredit: thefa.com

Pada 8 Agustus 2013, Lambert dipanggil ke timnas Inggris untuk pertama kalinya pada usia 31 tahun. Pada hari pengumuman bersejarah itu, istrinya melahirkan anak ketiga mereka, seorang putri bernama Bella.

Enam hari kemudian, dia mencetak gol pada debutnya di Inggris dengan sentuhan pertamanya padapertandingan melawan Skotlandia dari sebuah sundulan. Itu adalah 2 menit 43 detik setelah masuk lapangan sebagai pengganti Wayne Rooney untuk mengamankan kemenangan 3-2.

Performa bagus membuat Lambert menjadi pemain Inggris setelah debutnya. Pada 12 Mei 2014, namanya masuk daftar 23 pemain The Three Lions yang tampil di Piala Dunia 2014. Lambert tampil di laga kedua Inggris kontra Uruguay. Dia masuk lapangan menggantikan Jordan Henderson jelang laga berakhir.

9. Harry Kane

Kane sebenarnya memenuhi syarat untuk membela Irlandia karena sang ayah lahir di Galway. Tapi, dia memilih Inggris. Setelah penampilan bagus dengan Tottenham Hotspur, dia menjalani debut pada 19 Maret 2015 saat Inggris menghadapi Lithuania pada Kualifikasi Euro 2016 di Stadion Wembley. Dia masuk lapangan menggantikan Wayne Rooney di babak kedua dan mencetak gol hanya 80 detik kemudian dengan sundulan dari umpan silang Raheem Sterling.

10. Marcus Rashford

Libero.id

Kredit: thefa.com

Pada 16 Mei 2016, Rashford masuk dalam skuad sementara Inggris asuhan Roy Hodgson untuk Euro 2016. Lalu, dia masuk daftar final Rashford terpilih hanya 4 bulan setelah debut di tim senior Manchester United. Hebatnya, dia juga belum pernah bermain untuk The Three Lions.

Debut Rashford akhirnya datang pada 27 Mei 2016. Dia memulai pertandingan pemanasan jelang Euro 2016 melawan Australia di Stadium of Light dan langsung mencetak gol dalam kemenangan 2-1.

Selanjutnya, pada 16 Juni 2016, Rashford menggantikan Adam Lallana pada menit 73 saat Inggris menang 2-1 atas Wales di Euro 2016. Dia melakukan debut pada turnamen besar dalam usia 18 tahun dan 229 hari. Itu tercatat sebagai pemain termuda yang pernah mewakili Inggris di kompetisi Eropa. Dia memecahkan rekor Waye Rooney di Euro 2004 dengan selisih 4 hari.

11. Callum Wilson

Wilson membuat debut untuk Inggris pada 15 November 2018 melawan Amerika Serikat di Wembley pada uji coba internasional. Saat itu, dia langsung mencetak gol pada menit 77 dan membantu The Three Lions menang 3-0. Saat itu, dia menjadi pemain Bournemouth pertama yang mencetak gol untuk Inggris.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network