5 Tim Nasional dengan Fans Terbanyak di Dunia

"Jerman dengan prestasi paling menawan hanya ada di peringkat keempat dalam hal popularitas. Nomor satu Argentina, Brasil atau Prancis?"

Feature | 19 October 2020, 13:21
5 Tim Nasional dengan Fans Terbanyak di Dunia

Libero.id - Sepak bola sejauh ini merupakan olahraga paling populer di dunia. Meskipun kebanyakan orang mudah terhubung dengan sepakbola tingkat klub, tetapi membahas tim nasional atau negara tak kalah menarik.

Pada 17 September 2020, FIFA merilis 210 negara atau tim nasional yang masuk dalam pemeringkatan, tetapi hanya sedikit dari 210 negara itu masuk dan ambil bagian dalam kompetisi elit Internasional, seperti misalnya Piala Dunia FIFA.

Bicara soal timnas, bukan hal yang mengejutkan lagi, ketika seseorang memberi dukungan untuk negara A, padahal dia berkewarganegaraan B. Dan makin kesini, sosial media jadi jembatan untuk menghubungkan ekspresi itu.

Lewat akun sosial media,  sekarang negara-negara dapat membangun basis penggemar jauh dari wilayah mereka sendiri.

Situs olahraga Sportskeeda telah mengamati banyak akun sepakbola resmi negara-negara top,  hal itu berguna untuk mengukur popularitas dan memberi kita gambaran tentang jumlah penggemar yang dimiliki suatu tim. Ada 3 platform media sosial besar yang jadi acuan yakni Facebook, Instagram, dan Twitter. Mari kita lihat 5 tim nasional sepakbola dengan penggemar terbanyak di seluruh dunia, berdasarkan pengikut di media sosial :

5. Argentina - 11,9 Juta Followers

Pemain Argentina Lionel Messi adalah salah satu atlet yang paling banyak diikuti di media sosial. Tidaklah mengherankan jika menemukan Argentina dalam posisi ini. Bisa dikatakan tim Tango kecipratan followers dari Lionel Messi. Total followers timnas Argentina mencapai angka 11,9 juta, dan  akun official Argentina rata-rata menggunakan username @afaselecction. Semua followers di akun sosial media mereka, dapat dilihat dengan rincian sebagai berikut:

Facebook - 4,1 juta suka
Twitter - 3,7 juta pengikut
Instagram - 4,1 juta pengikut

4. Jerman - 13,5 juta Followers

Jerman adalah salah satu tim nasional paling sukses, dengan para pemain terbaik yang dimilikinya, mereka memenangkan empat edisi Piala Dunia (1954, 1974, 1990, 2014), tiga Kejuaraan Eropa (1972, 1980, 1996), dan satu Piala Konfederasi (2017).

Tetapi, popularitas Die Mannschaft mulai kendur dan peringkat FIFA mereka cukup merosot usai tersingkir dalam fase grup  Piala Dunia 2018 dan penampilan buruk di UEFA Nations League tahun lalu. Meski begitu, Jerman tetaplah jadi tim nasional yang paling populer keempat di media sosial. Jerman  memiliki 13,5 juta followers, yang dapat kita lihat pembagiannya sebagai berikut:

Facebook - 6,4 juta suka
Twitter - 3,1 juta pengikut
Instagram - 4,0 juta pengikut

3. Inggris - 16,2 juta followers

Inggris memiliki salah satu skuad paling seimbang dan seperti yang kita ketahui, sepakbola adalah olahraga paling populer di negara tersebut. Jadi tidak heran jika tim nasional Inggris memiliki lebih dari 16,2 juta followers di sosial media.

Meski, The Three Lions belum pernah memenangkan satu trofi internasional pun, sejak kesuksesan mereka di Piala Dunia 1966, popularitas mereka tidak kendur, menariknya mereka paling populer di Facebook, sisanya di bawah ini, mari kita lihat sebaran followers timnas Inggris :

Facebook - 7 juta suka
Twitter - 4,1 juta pengikut
Instagram - 5,1 juta pengikut

2. Prancis - 18,6 juta followers

Prancis adalah juara Piala Dunia dalam edisi terakhir, 2018. Saat ini,  Prancis memiliki salah satu skuad paling menakjubkan,  dengan line up bertabur bintang siapa yang tak ketar-ketir ketika berhadapan dengan 'Ayam Jantan', mereka punya  Kylian Mbappe, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Raphael Varane dan N'Golo Kante.  Di sosial media, Les Blues memiliki sekitar 18,6 juta followers. Berikut ini masing-masing jumlahnya:

Facebook - 6 juta suka
Twitter - 7,8 juta pengikut
Instagram - 4,8 juta pengikut

1. Brasil - 23,7 juta followers

Pemenang Piala Dunia sebanyak 5 edisi, Brazil telah menyihir dunia dengan gaya 'jogo bonito' yang khas. Negara di sisi selatan Amerika  ini telah menghasilkan beberapa talenta terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola, termasuk orang-orang seperti - Pele, Ronaldo, Ronaldinho, Zico dan Neymar.

Permainan yang indah menarik banyak sorot pasang mata untuk mampir ke sosial media Brazil, dan jumlah followers mereka kini telah mencapai 23,7 juta, masing-masing dengan rincian sebagai berikut:

Facebook - 11,8 juta suka
Twitter - 4,6 juta pengikut
Instagram - 7,3 juta pengikut

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network