12 Klub yang Menggunakan Nama "Inter" Selain Inter Milan

"Selain United, City, dan Dynamo, Inter menjadi nama klub sering digunakan. Apakah punya koneksi dengan Inter Milan?"

Feature | 20 October 2020, 04:52
12 Klub yang Menggunakan Nama "Inter" Selain Inter Milan

Libero.id - Selain United, City, dan Dynamo, Inter menjadi nama yang cukup banyak digunakan klub-klub sepakbola dari seluruh dunia. Menggunakan bahasa negara masing-masing, "Inter" melekat sebagai sebuah kebanggaan.

Inter Milan memiliki nama asli Internazionale Milano. Lebih dikenal sebagai Inter Milan untuk membedakan dengan klub sekota, AC Milan. Memiliki seragam biru-hitam, klub asuhan Antonio Conte itu memiliki sejarah panjang di sepakbola domestik maupun internasional.

Lahir pada 9 Maret 1908, dengan nama Football Club Internazionale, Inter menjadi klub bernama Inter yang paling terkenal. Sempat berganti nama menjadi Societe Sportiva Ambrosiana, kata Inter kembali digunakan atas desakan suporter sehingga berubah lagi menjadi Associazione Sportiva Ambrosiana-Inter.

Hingga kini, I Nerazzurri adalah salah satu klub paling sukses di Italia. Mereka menjuarai Serie A 18 kali, Coppa Italia 7 kali, dan Supercoppa Italiana 5 kali. Inter juga pernah juara Liga Champions 3 kali, Piala UEFA 3 kali, Piala Intercontinental 2 kali dan Piala Dunia Antarklub 1 kali. Mereka juga jadi satu-satunya tim Italia pengoleksi treble winners.

Berikut 12 klub klub sepakbola di seluruh dunia yang menggunakan nama Inter. Ada yang terinspirasi dari I Nerazzurri. Tapi, ada pula yang tidak:

1. Inter Baku (Azerbaijan)

Berdiri pada 2004, Inter Baku mengambil nama dari The International Bank of Azerbaijan selaku pemegang saham dan sponsor utama. Tapi, akibat kesulitan finansial, pada 28 Oktober 2017, klub berubah menjadi Keshla FK. Warna jersey juga berubah dari biru menjadi merah.


2. Internacional Porto Alegre (Brasil)

Libero.id

Kredit: instagram.com/scinternacional

SC Internacional lagi 1 tahun setelah Inter Milan, tepatnya 4 April 1909 di Porto Alegre, Brasil. Berseragam merah, Internacional didirikan oleh tiga bersaudara berdarah Italia, Luis, Jose, dan Henrique Poppe.

Awalnya, Poppe bersaudara berniat bermain sepakbola dengan bergabung bersama klub di Rio Grande do Sul. Tapi, mereka ditolak karena dua klub yang ada di negara bagian itu hanya diperuntukkan bagi orang-orang keturunan Jerman. Lalu, mereka mendirikan Internacional, yang terinspirasi dari Internazionale dan diperuntukkan bagi semua orang tanpa melihat asal usul negara, etnis, pandangan politik, maupun agama.

Hingga saat ini, Internacional menjadi salah satu klub sukses di Negeri Samba. Mereka pernah menjuarai Piala Dunia Antarklub (2006), Copa Libertadores (2006, 2010), Copa Sudamericana (2008), hingga Recopa Sudamericana (2007, 2011). Untuk gelar domestik, Internacional punya 3 gelar Liga Brasil dan 45 trofi Campeonato Gaucho.

3. Inter de Lages (Brasil)

Libero.id

Kredit: instagram.com/interlages

Inter de Lages adalah tim sepakbola Brasil yang berbasis di Lages, Santa Catarina. Klub ini didirikan pada 13 Juni 1949. Saat ini mereka bermain di Divisi IV kompetisi Brasil dan Divisi II di kompetisi negara bagian Santa Catarina. 

4. Inter de Santa Maria (Brasil)

Inter de Santa Maria adalah klub sepakbola asal Brasil yang bermarkas di Santa Maria, Rio Grande do Sul. Lahir pada 16 Mei 1928, Inter de Santa Maria menjiplak Internacional Porto Alegre. Selain nama, logo dan warna jersey juga sama persis dengan tim asal Porto Alegre itu. Keduanya juga dari negara bagian yang sama.

5. Inter Sao Paulo (Brasil)

Inter Sao Paulo menjadi klub dengan label "Inter" yang paling tua di dunia. Didirikan pada 19 Agustus 1899, Inter Sao Paulo lebih tua dari Inter Milan dan Internacional Porto Alegre.

Sayang, peruntungan Inter Sao Paulo tidak sebagus dua Inter lainnya. Mereka bubar pada 1933 akibat kesulitan keuangan. Lalu, manajemen memutuskan menjual saham klub kepa Antarctica Futebol Clube. Kemudian, klub baru hasil merger dibentuk dengan label Clube Atletico Paulista.

6. Inter Zapresic (Kroasia)

Libero.id

Kredit: instagram.com/nkinterzapresic

Inter Zapresic adalah klub sepakbola profesional Kroasia yang berbasis di Zapresic, yaitu sebuah kota kecil di barat laut Zagreb. Mereka bermain di Druga HNL (Divisi II) setelah terdegradasi dari Prva HNL (Divisi I) pada akhir musim 2019/2020. Tim itu dijuluki Keramicari (Pembuat keramik) karena disponsori oleh perusahaan keramik.

Awalnya, Inter Zapresic bernama NK Sava saat didirikan pada 1929. Pada 1932 berubah menjadi NK Jelacic. Setelah Perang Dunia II, berubah lagi menjadi NK Zapresic. Pada 1962, berganti menjadi Jugokeramika (Jugoslavija keramika) setelah didukung perusahaan keramik.

Setelah Kroasia merdeka dari Yugoslavia pada 1991, Jugokeramika berubah menjadi Industrija keramike alias "Inker". NK Inker Zapresic berganti menjadi Inter Zapresic pada 2003 setelah Inker tidak lagi menjadi sponsor utama.

7. Inter Leipzig (Jerman)

Inter Leipzig adalah klub Jerman yang berbasis di Leipzig, didirikan pada 2013, dan bermain di  NOFV-Oberliga (Divisi V). Klub sengaja didirkan menggunakan nama Inter karena memiliki misi mulia sebagai tim yang mendunia dan berpikiran terbuka (open-minded). Salah satu pengurus klub adalah Walikota Lepizig, Wolfgang Tiefensee.

8. Inter Sibiu (Rumania)

Inter Sibiu adalah klub Rumania yang berbasis di Sibiu. Berdiri pada 1982, klub tersebut bubar pada 2000 akibat masalah keuangan. Inter Sibiu sempat menyandang status istimewa di era diktaktor komunis Nicolae Ceausescu. Saat itu, putra sang pemimpin otoriter, Nicu Ceausescu, menjadi pemiliknya.

Dengan permainan politik kelas tinggi, Inter Sibiu mendapatkan banyak keuntungan dari Asosiasi Sepakbola Rumania (RFU) maupun pemerintah sehingga menjadi klub yang disegani selain Steaua Bucharest. Pamor Inter Sibiu menurun seiring runtuhnya Uni Soviet. Klub terus mengalami kemunduran sebelum bubar pada 2000.


9. International Curtea de Arges (Rumania)

Ketika Inter Sibiu bubar, seorang pengusaha lokal Rumania, Ion Lazar, berinisiatif menggunakan nama International untuk mendirikan klub sepakbola dari Curtea de Arges. Klub tersebut diberi nama International Pitesti sebelum diganti International Curtea de Arges pada 2005.

Merangkak dari bawah, International sempat mendapatkan kesempatan bermain di kasta tertinggi Liga Rumania 2009/2010. Tapi, mereka dipaksa kembali ke Divisi IV pada musim selanjutnya setelah mengalami kesulitan keuangan. Pada akhir musim 2010/2011, International akhirnya bubar.

10. Inter Bratislava (Slovakia)

Inter Bratislava adalah klub yang sudah eksis sejak era Cekoslovakia. Didirikan pertama kali pada 1940, Inter menggunakan nama Apollo Bratislava. Akibat masalah keuangan yang datang silih berganti, klub harus berganti kepemilikan dan nama beberapa kali. Sengketa kepemilikan juga sempat menghiasi perjalanan Inter di lapangan hijau.

Pada 1945, klub berubah menjadi TKNB Bratislava. Selanjutnya, Sokol SNB Bratislava (1948) dan Cervena Hviezda Bratislava (1952). Pada 1962, terjadi merger antara Iskra Slovnaft Bratislava dengan Slovnaft Bratislava sehingga klub berganti nama lagi menjadi Internacional Slovnaft Bratislava pada 1965.

Setelah itu, klub merger lagi dengan ZTS Petrzalka menjadi Internacional Slovnaft ZTS Bratislava pada 1986. Kemudian, saat Cekoslovakia bubar, klub klub berubah menjadi Inter Slovnaft Bratislava pada 1991. Lalu, pada 2004 berubah lagi menjadi Inter Bratislava dan pada 2009 lisensi mereka dijual ke FK Senica.

Tidak puas dengan konflik yang berujung penjualan lisensi klub ke Senica, suporter bersatu membentuk klub dengan nama Inter Bratislava pada 2009. Akibatnya, mereka harus memulai dari nol dan menggunakan sumber daya finansial yang sangat minim. Saat ini, Inter masih belum bisa beranjak dari Divisi III.

11. Inter Miami (Amerika Serikat)

Libero.id

Kredit: instagram.com/intermiamicf

Internacional Club de Futbol Miami menjadi klub berlabel Inter termuda. Didirikan oleh David Beckham dan beberapa rekannya, Inter Miami mulai bermain di MLS pada 2020. Mereka diperkuat sejumlah pemain Eropa seperti Blause Matuidi dan Gonzalo Higuain. Kakak Gonzalo, Federico Higuain, juga baru saja bergabung dengan Inter Miami.

12. Inter Cardiff (Wales)

Inter Cardiff adalah klub sepakbola asal Wales yang berbasis di Leckwith, Cardiff. Didirikan sebagai Inter Cardiff pada 1990, klub merupakan hasil merger AFC Cardiff dan Sully FC. Klub berganti nama menjadi Inter CabelTel pada 1996 karena alasan sponsor sebelum kembali ke nama aslinya 3 tahun kemudian.

Sayang, pada akhir musim 1999/2000, Inter Cardiff mengalami kesulitan keuangan. Manajemen memutuskan merger dengan University of Wales Institute Cardiff Football Club menjadi UWIC Inter Cardiff. Pada 2009, klub menghilangkan kata "Inter" dan hanya bersedia disapa UWIC. Lalu, pada 2012 klub secara resmi menggunakan nama Cardiff Metropolitan University FC. Saat ini, mereka bermain di kasta tertinggi Liga Wales.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network