13 Pencetak Gol Terbanyak Laga Resmi Sepanjang Masa, Pele atau Romario?

"Jumlah gol yang dihitung hanya dalam pertandingan resmi. Siapa orang tersubur dalam sejarah?"

Feature | 31 October 2020, 01:00
13 Pencetak Gol Terbanyak Laga Resmi Sepanjang Masa, Pele atau Romario?

Libero.id - Lionel Messi keluar sebagai Man of the Match saat Barcelona memastikan kemenangan tandang 2-0  atas Juventus pada Rabu malam dalam lanjutan fase grup Liga Champions edisi 2020. Pemain berusia 33 tahun itu memberikan assist untuk gol pembuka yang dilesakkan oleh Ousmane Dembele dan kemudian, di penghujung babak kedua, Messi mencetak gol ketiganya musim ini dari titik penalti.

Selama pekan-pekan awal di musim ini, Messi tidak selalu dalam performa terbaiknya, meski begitu, tetap saja banyak orang yang menganggapnya sebagai pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Menurut koresponden beIN Sports Tancredi Palmeri, pemenang Ballon d'Or enam kali itu kini telah melampaui Gerd Muller yang hebat dalam daftar pemain dengan gol resmi yang dicetak dalam sejarah sepakbola.

Gol resmi yang dimaksud adalah gol yang dihitung dalam laga yang tercatat oleh federasi sepakbola dunia FIFA. Pele pernah mengklaim bahwa dia mencetak lebih dari 1.200 gol, tetapi menurut versi FIFA, hanya 767 di antaranya yang secara resmi dihitung.

Lalu siapa sajakah nama pesepakbola lain yang masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak di dunia? Mari kita lihat 13 teratas:

13. Alfredo Di Stéfano - 516 gol

Libero.id

Kredit: realmadrid.com

Jauh sebelum laki-laki Portugal bernama Cristiano Ronaldo, salah satu tokoh sepakbola paling legendaris dunia lebih dulu mengguncang Santiago Bernabeu, dia adalah Alfredo Di Stéfano, pesepakbola yang identik dengan Real Madrid.

Di Stefano memulai kiprahnya di Liga Spanyol pada awal tahun 1950-an. Bersama Real Madrid Alfredo Di Stéfano habiskan 11 musim dan mencetak lebih dari 300 gol, 200 lebih lainnya ia kumpulkan dari pelbagai klub dan karir internasional bersama tiga negara dalam rentang tahun yang berbeda, Argentina Kolombia dan Spanyol.

12. Zico - 525 gol

Produktif bersama Flamengo selama tahun 1970-an dan awal 80-an, Zico juga merupakan pencetak gol terbanyak kelima dalam sejarah tim nasional Brasil dengan 48 gol atas namanya.

Sementara untuk level klub, dari semua klub yang pernah Zico bela, ia berhasil menggemas hampir 500 gol, selain bersama Flamengo, Zico juga sukses bersama Udinese, dan lalu Kashima Antlers.

11. Zlatan Ibrahimovic - 552 gol

Libero.id

Kredit: instagram.com/iamzlatanibrahimovic

Masih kuat di usia 39, tidak akan lama lagi agaknya  Zlatan Ibrahimovic bisa menembus 10 besar dalam daftar ini. Memulai karier bersama Ajax, King Ibra telah menghabiskan banyak waktunya bersama klub-klub top Eropa, sebut saja Inter Milan, AC Milan, Manchester United, hingga Barcelona.

Pesepakbola yang juga ahli beladiri Karate, dalam sedekade lebih karirnya, sudah mengemas gol yang tak bisa disepelekan, hingga saat ini tercatat Ibra telah melesatkan 552 gol di semua ajang kompetisi.

10. Arthur Friedenreich - 554 gol

Libero.id

Kredit: fifa.com

Dalam masa perang dunia 1, dunia sepakbola punya cara untuk melupakan ketegangan, adalah Arthur Friedenreich, seorang Brazil yang mendapat julukan "The King of Football",  jauh sebelum Pelé mengambil julukan itu.

Namanya mungkin asing, tapi FIFA melacak jumlah gol Friedenreich dan memastikan ia pernah berjaya dalam balutan klub lokal seperti Sao Paulo, termasuk Americano, Atlas, Paulista, Paysandu dan Paulistano.

9. Ferenc Deak - 558 gol

Nama Ferenc Deak tercatat sebagai salah satu pemain hebat Hongaria pertama, ia mencetak setidaknya 200 gol masing-masing untuk dua klub lokal yakni Szentlorinci AC dan Ferencvarosi TC. Sisanya tentu saja untuk timnas Hungaria.

8. Eusebio - 615 gol

Libero.id

Kredit: fifa.com

Eusebio mencetak 473 gol luar biasa hanya dalam 440 pertandingan untuk Benfica, klub yang ia cintai.
Jauh sebelum nama Rui Costa, Cristiano Ronaldo dan sebagainya, Eusebio adalah salah satu striker terhebat yang pernah dimiliki  timnas Portugal, bahkan pemain legendaris Real Madrid Alfredo di Stefano menyebut Eusebio adalah salah satu pemain paling hebat di dunia.

7. Josef Bican - 636 gol

Salah satu penyerang terhebat yang mungkin belum pernah Anda dengar, Josef Bican mencetak 395 gol menakjubkan dalam 217 pertandingan untuk Slavia Praha antara musim 1937 hingga 1948. Ia merupakan Legenda untuk dua negara, Austria dan Republik Ceko.

6. Ferenc Puskas - 706 gol

Libero.id

Kredit: fifa.com

Nama Ferenc Puskas diabadikan menjadi nama stadion, nama jalan hingga nama sebuah penghargaan bergengsi untuk pencetak gol terbaik tahunan, jadi tak perlu lagi bertanya-tanya mengapa bisa legenda timnas Hungaria dan Real Madrid itu mengemas lebih dari 700 gol.

5. Gerd Muller - 720 gol

Pencetak gol luar biasa yang brilian, Gerd Muller mencetak 565 gol untuk Bayern Munich, ditambah lagi 68 gol untuk negaranya, Jerman hanya dalam 62 penampilan.

4. Lionel Messi - 721 gol

Libero.id

Kredit: instagram.com/leomessi

Messi pasti berencana akan mengakhiri karier termasyhurnya dengan lebih banyak gol resmi daripada Romario, Cristiano Ronaldo atau Pele sekalipun. Tapi yang membedakan adalah Messi bisa saja melakukan itu dengan satu klub, siapa lagi kalau bukan Barcelona.

3. Romario - 734 gol

Libero.id

Kredit: instagram.com/romariofaria

Dalam hal mencetak gol, Romario adalah seorang yang fenomenal. Pemain asal Brasil itu tidak diragukan lagi adalah salah satu penyerang terhebat di era 1990-an. Brasil sepertinya tak pernah habis untuk menghasilkan keajaiban.

2. Cristiano Ronaldo - 742 gol

Libero.id

Kredit: juventus.com

Sebetulnya, ketika menyebut nama Cristiano Ronaldo, orang-orang tak ada lagi keraguan untuk mengatakan, dialah yang paling hebat. Dari Portugal ke Inggris lalu ke Spanyol dan kini berseragam raksasa Italia, pesepakbola yang identik dengan nomor 7 ini telah mengumpulkan 700 lebih gol, hanya butuh beberapa lagi untuk melampaui Pele.

1. Pele - 767 gol

Libero.id

Kredit: instagram.com/pele

Dari semua nama yang ada di atas, tak satupun yang menyamai Pele, legenda sepakbola Brazil itu masih menempati posisi terdepan dalam hal gol resmi yang dicetak. Pele pernah mengklaim mencetak 1.284 gol dalam 1.375 pertandingan, tapi itu menurut perhitungannya sendiri, dimana dia bermain di berbagai level, termasuk liga amatir pada awal-awal ia menggemari sepakbola, tapi statistik resmi Pele yang dicatat FIFA, hanya 767 gol. Dan itu bukan jumlah yang sembarangan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network