10 Pembelian Terbaik Liverpool di Bawah Direktur Olahraga Michael Edwards

"Jarang yang menyadari, Michael Edwards adalah transfer guru Liverpool yang berperan besar dalam manajemen jual beli pemain."

Feature | 06 November 2020, 11:44
10 Pembelian Terbaik Liverpool di Bawah Direktur Olahraga Michael Edwards

Libero.id - Selama beberapa tahun terakhir, Direktur Olahraga Liverpool, Michael Edwards adalah salah satu orang penting di balik kunci kesuksesan pembentukan skuad Liverpool yang luar biasa. Pada November tahun 2016, Edwards ditunjuk untuk mengisi kekosongan posisi Direktur Olahraga. Itu adalah jabatan yang baru dalam sejarah klub. Dan Edwards atas saran Jurgen Klopp jadi orang pertama yang memainkan peran negosiasi dalam tiap bursa transfer.

Edwards adalah lulusan manajemen bisnis dan teknik informatika dari University of Sheffield . Meski jarang tampil di depan umum, Edwards adalah sosok yang sangat populer di kalangan penggemar berkat keahliannya di bursa transfer.

Seandainya bukan karena kebijakan dan  strategi direktur kawakan itu, The Reds yang dilatih oleh Juergen Klopp mungkin tidak akan pernah memenangkan Liga Champions dan Liga Premier yang mereka nanti-nantikan.

Selama empat tahun terakhir, Edwards telah mengamankan transfer untuk deretan pesepakbola yang tak kalah hebatnya dari pemain top manapun dan paling tidak masih jauh dari kata buruk, sebutlah seperti Alex Oxlade-Chamberlain, Shaqiri, Naby Keita, Adrian, Konstantinos Tsimikas dan Takumi Minamino.

Total biaya yang harus dibayar oleh Liverpool untuk enam pemain di atas ialah sekitar 119 juta pounds lebih sedikit.

Sebetulnya, tak semua yang dilakukan Edwards berjalan mulus, ia juga bertanggung jawab atas dua rekrutan yang menurut kebanyakan penggemar tampil buruk alias mengecewakan. Misalnya akuisisi Loris Karius dan Dominic Solanke.

Namun, nama terakhir hanya menelan biaya 4 juta pounds dan Liverpool berhasil menutupi itu dengan mampu menjual striker asal Inggris itu ke Bournemouth dengan biaya sekitar 20 juta pounds.

Adapun untuk kiper yang rajin blunder, agaknya para penggemar tak sedikitpun menyisakan ruang memori.

Selain pembelian nama-nama di atas, situs olahraga Givemesports telah mengumpulkan 10 pembelian terbaik Liverpool di bawah kendali Direktur Olahraga, Michel Edwards. Siapa saja mereka, ini dia :

Lima Besar Terbaik

1. Mohamed Salah | 38 juta poundsterling

2. Sadio Mane |  37 juta poundsterling

3. Virgil van Dijk | 75 juta poundsterling

4. Alisson Becker | 67 juta poundsterling

5. Wijnaldum |  25 juta poundsterling

5 pesepakbola teratas dalam daftar ini adalah skuad inti yang dipasang oleh Juergen Klopp dalam capaian capaian penting, seperti juara Liga Champions dan Liga Premier.

Karier Salah yang semula naik turun bersama As Roma dan Chelsea, seketika jadi mulus dan terang benderang saat dirinya berseragam Liverpool.

Libero.id

Mohamed Salah. Kredit: liverpoolfc.com

Pun dengan dua nama di bawahnya, Sadio Mane dan Van Dijk, jauh lebih terlihat pas gagah dan mentereng saat bersama Liverpool ketimbang saat membela klub papan tengah, Southampton.

Sepuluh Besar Terbaik

6. Joel Matip | Gratis

7. Fabinho |  40 juta poundsterling

8. Andy Robertson |  8 juta poundsterling

9. Thiago Alcantara |  25 juta poundsterling

10. Diogo Jota |  45 juta poundsterling

Sama halnya seperti 5 pemain sebelum ini, nama Joel Matip, Fabinho, dan Robertson adalah tim inti dan pelapis yang jadi andalan Juergen Klopp dalam suksesi meraih juara.

Tapi tidak dengan dua nama terakhir, musim panas ini, Liverpool merekrut beberapa pemain potensial. Mereka adalah bekas pemain Barcelona yang tahun lalu bersinar bersama Bayern Munich, Thiago Alcantara dan penyerang timnas Portugal yang jadi musim lalu jadi tongkat sihir untuk Wolverhampton, Diogo Jota.

Kita mulai dari nama pertama, Alcantara yang dibeli dengan harga yang tak begitu mahal, telah memberi warna tersendiri di lini tengah Liverpool.

Sementara itu, dalam 10 penampilan pertamanya di semua kompetisi, Jota telah mencetak tujuh gol, juru gedor asal Portugal itu bahkan sudah mencetak hat-trick pertamanya dalam kemenangan tandang 5-0 atas Atalanta di fase penyisihan grup Liga Champions.

Libero.id

Diogo Jota. Kredit: instagram.com/diogoj_18

Tak usah panjang lebar, angka-angka di atas lebih dari cukup untuk menjelaskan. Betapa Diogo Jota dan 41 juta pounds bersertanya bukanlah kesia-siaan.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network