Terowongan Baru Dibangun di The New Santiago Bernabeu, Ini Fungsinya

"Renovasi menelan biaya nyaris Rp 9 triliun. Sebanyak Rp 1,6 triliun diinvestasikan untuk papan skor terbesar sejagat."

Feature | 08 November 2020, 07:25
Terowongan Baru Dibangun di The New Santiago Bernabeu, Ini Fungsinya

Libero.id - Florentino Perez membuat keputusan besar untuk memprioritaskan pembangunan kembali Estadio Santiago Bernabeu demi memperkuat Real Madrid. Keputusan itu dibuat untuk kepentingan jangka panjang dan seiring pembangunannya sejak 2019 lalu, kini sudah ada sebuah terowongan di dalam stadion.

Terowongan tersebut menjadi sebuah objek pemandangan baru dalam renovasi Santiago Bernabeu.

Adapun dengan adanya terowongan tersebut, kebutuhan logistik Los Merengues akan menjadi lebih efisien dan nyaman karena memang didesain untuk keperluan arus keluar masuk logistik. Meskipun hingga sekarang terowongan itu belum jadi dan termasuk pekerjaan rumah yang belum selesai.

Sebenarnya pembangunan terowongan disana adalah salah satu syarat yang ditetapkan oleh Dewan Kota Madrid untuk memberikan lampu hijau ketika manajemen klub mengajukan proposal renovasi, tentunya dengan tujuan bisa menopang kebutuhan logistik, pemeliharaan dan bongkar muat pengiriman barang klub.

Semua barang yang perlu dipindahkan ke Santiago Bernabeu akan melewati terowongan ini yang ditempatkan di sebelah tempat parkir mobil, sementara itu, terowongan ini memiliki fungsi sebagai akses jalan menuju lapangan, itulah mengapa dibuat sebuah folding stand di sekitarnya.

Ketika pertandingan di gelar, pemandangan di sekitar stadion menjadi lebih enak untuk dipandang karena truk, bus, dan unit televisi dengan semua kendaraan yang berlalu lintas dapat di arahkan di tempat parkiran mobil baru, yang otomatis bakal melewati terowongan.

Bus tim yang biasanya memasuki stadion melalui jalan Padre Damian, tetapi dengan terowongan baru, tim akan melewati jalan Concha Espina, sebuah jalan di sebelah Plaza de los Sagrados Corazones dan bus akan langsung masuk melalui fasilitas parkir bawah tanah.

Selain pembangunan terowongan, ada beberapa hal lainnya yang perlu diketahui; soal renovasi yang memakan biaya sebesar 525 juta euro itu.

1.Skuat Madrid masih akan bermain di Estadio Alfredo Di Stefano

Libero.id

Skuat Madrid masih akan bermain di Estadio Alfredo Di Stefano

Hingga musim panas 2022, skuat El Real diperkirakan masih akan bermain di Estadio Alfredo Di Stefano dan itu memungkinkan percepatan kerja di Bernabeu, kendati sebenarnya renovasi yang memakan biaya 525 juta Euro itu diprediksi akan selesai pada 2022.

2.Atap yang terbuka

Libero.id

Atap yang terbuka

Santiago Bernabeu akan memiliki atap yang bisa terbuka dan kini sudah mulai terlihat bentuknya. Pemandangan baru itu adalah bagian dari  fase pekerjaan yang paling rumit disana dan tidak akan selsai pada waktunya, artinya pada 2022 kemungkinan besar kita masih belum bisa melihat pemandangan mewah tersebut.

3.Terowongan baru akan membuat lebih efektif dan aman

Libero.id

Terowongan baru

Kembali pada soal terowongan baru di Bernabeu, fasilitas baru tersebut akan memungkinkan akses truk masuk ke stadion menjadi lebih efektif dan aman karena tidak akan memakan ruang di jalan-jalan sekitarnya dan membuat pejalan kali menjadi lebih nyaman.

4. Sudut pandang

Libero.id

Sudut pandang

Salah pemadangam baru di Santiago Bernabeu nantinya adalah akan ada bar dan restoran yang menghadap ke Paseo de la Castellana, jalan utama di kota Madrid.

5. Lapangan yang bisa dibongkar pasang

Jika sesuai dengan rencana awal, maka Los Blancos akan memiliki lapangan yang mirip dengan dua lapangan Tottenham saat ini, dimana mereka akan mempunyai lapangan yang dapat dibongkar pasang sehingga semua jenis acara dapat diselenggarakan.

6. Setiap hari ada sekitar 350 pekerja harian

Sebanyak 350 orang bekerja di lokasi setiap hari, meskipun itu bahkan kadang-kadang mencapai 500 orang.

7. Bisakah saat ini Santiago Bernabeu dipakai?

Libero.id

Bisakah saat ini Santiago Bernabeu dipakai?

Tidak mungkin. Meski rumput sudah dipasang, pertandingan masih belum bisa digelar disana, kenapa? karena mobil derek dan truk masih memenuhi stadion dan hanya para pekerja serta beberapa orang penting saja yang dapat mengakses stadion.

8. Papan skor paling besar di dunia akan terpasang

Santiago Bernabeu akan memiliki The 360-degree scoreboard, yakni papan skor digital paling terbesar di dunia dan akan mengelilingi stadion. Sebanyak 100 juta Euro diinvestasikan oleh manajemen Los Blancos untuk mendatangkan papan skor tersebut.

9. Memberikan pemasukan untuk keuangan klub

Stadion baru ini akan memberikan dorongan ekonomi bagi Real Madrid dan proyeksi pendapatan tahunan akan meningkat sebesar 150 juta Euro jika berjalan sesuai dengan perhitungan manajemen klub.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network