50 Kiper Terbaik Sepanjang Masa

"Jika Iker Casillas ada di peringkat 8 sementara Fabien Barthez di peringkat 41, menarik melihat siapa di posisi 5 besar."

Feature | 17 November 2020, 03:17
50 Kiper Terbaik Sepanjang Masa

Libero.id - Kiper atau penjaga gawang adalah posisi yang sering kali mendapat sorotan ketika tim yang dibelanya bobol, jadi wajar saja bila semakin banyak penyelamatan yang dilakukan oleh seorang kiper membuat  jasanya menjadi lebih besar ketimbang aktor lapangan hijau lainnya.

Dan sepak bola memiliki rentetan kiper dengan peran yang luar biasa. Situs olaharaga kenamaan asal Inggris, SPORTbible telah membuat daftar 50 kiper terbaik sepanjang masa, siapa saja mereka? berikut ulasannya;

50. Andoni Zubizarreta

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Zubizarreta adalah salah satu kiper terbaik Spanyol. Zubizaretta juga merupakan pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang masa untuk tim nasional Spanyol selama beberapa tahun, ia sukses bermain untuk Athletic Bilbao dan Barcelona.

49. Kasper Schmeichel

Libero.id

Kredit: lcfc.com

Kiper milik Leicester City itu pada awalnya diragukan kapabilitasnya sebagai seorang anak penjaga gawang terkenal, namun perlahan tapi pasti ia menunjukan kualitasnya bersama The Foxes.

48. Robert Enke

47. Vladimir Beara

46. Neville Southall

45. Jorge Campos

Mantan kiper timnas Mexico itu lebih banyak menghabiskan karir sepak bolanya bersama Club Universidad Nacional, dimana total 205 penampilan berhasil ia bukukan dan sukses mencetak 28 gol.

44. Pat Jennings

43. Andreas Kopke

42. Lorenzo Buffon

41. Fabien Barthez

Libero.id

Kredit: manutd.com

Mantan kiper Setan Merah awal tahun 2000-an itu mendapat 3 gelar internasional bergengsi seperti Piala Dunia, Piala Eropa serta Piala Konfederasi.

40. Jose Luis Chilavert

39. Claudio Taffarel

38. Vitor Baia

Baia merupakan kiper yang sangat dihormati para pendukung FC Porto, dengan meraih 27 gelar, ia sekarang merupakan duta besar untuk tim berjuluk Dragons tersebut.

37. Ray Clemence

36. Harald Schumacher

35. Artur Boruc

34. Jozef Miynarczyk

33. Ronnie Hellstrom

32. Pepe Reina

Libero.id

Kredit: instagram.com/preinaofficial

Putra dari kiper Barcelona dan Atletico Madrid, Miguel Reina, Pepe Reina memulai karirnya bersama tim muda Barcelona dan melakukan debutnya di La Liga pada musim 2000-01, sejak saat itu cerita legendarisnya dimulai.

31. Dida

Nama Dida tentu tak akan asing ditelinga para fans AC Milan. Berkat jasanya, Milan sukses memenangi Liga Champions musim 2002/03 serta 2006/07.

30. Igor Akinfeev

29. Rinat Dasayev

28. Lukasz Fabianski

27. Jens Lehmann

26. Guillermo Ochoa

Penampilanya untuk Meksiko pada ajang Piala Dunia 2014 benar-benar memikat perhatian para pecinta sepak bola, kini meski sudah berada di usia 35 tahun, Ochoa tetap pilihan utama timnas El Tri (The Tricolor).

25. Jan Oblak

24. Michel Preud'homme

23. Tim Howard

22. Gyula Grosics

21. David Seaman

20. Rene Higuita

19. Jean-Marie Pfaff

18. Hugo Lloris

Libero.id

Kredit: premierleague.com

Ia adalah kapten timnas Prancis dan Tottenham Hotspur. Lloris adalah pemenang tiga kali National Union of Professional Footballers (UNFP) Ligue 1 Goalkeeper of the Year award. Ia dikenal karena kemampuan refleksnya yang cepat dan duel satu lawan satu.

17. Peter Shilton

16. Thibaut Courtois

15. Jan Tomaszewski

14. Keylor Navas

13. Marc-Andre ter Stegen

Libero.id

Kredit: fcbarcelona.com

Kiper asal Jerman itu didatangkan dari Borussia Moenchengladbach setelah 4 musim disana dan memenangkan treble winner di musim pertamanya bersama EL Barca.

12. Sepp Maier

11. Gordon Banks

10. David de Gea

Libero.id

Kredit: manutd.com

Meski terpilih sebagai kiper terbaik sepanjang masa oleh para penggemar, untuk saat ini performanya masih dipertanyakan apakah layak atau tidak.

9. Dino Zoff

8. Iker Casillas

7. Manuel Neuer

Libero.id

Kredit: fcbayern.com

Ia secara luas dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terhebat dalam sejarah sepak bola, penghargaan seperti FIFA World Cup Golden Glove serta L'Équipe's player of the year pernah ia dapatkan.

6. Edwin van der Sar

5. Petr Cech

4. Peter Schmeichel

3. Oliver Kahn

Libero.id

Kredit: bundesliga.com

Kahn adalah salah satu pemain Jerman paling sukses dalam sejarah, setelah memenangkan delapan gelar Bundesliga, enam DFB-Pokals, Piala UEFA pada tahun 1996, Liga Champions UEFA dan Piala Interkontinental.

2. Lev Yashin

1. Gianluigi Buffon

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network