Selamat Ulang Tahun!

16 Pemain Belanda Terbaik dalam Sejarah Liga Premier

"Marc Overmars ada di peringkat 11 sementara Arjen Robben di peringkat 8."

Feature | 16 May 2021, 13:35
16 Pemain Belanda Terbaik dalam Sejarah Liga Premier

Libero.id - Meski kompetisi Eredivisie tak begitu seterkenal Liga Premier atau pun La Liga, nyatanya kompetisi nomor 1 di Belanda itu selalu memberikan kontribusi kepada dunia sepak bola Eropa melalui para pemain mudanya dari tahun ke tahun. Para bibit muda itu banyak dikirim ataupun diboyong oleh tim top Eropa yang bermain di Liga Premier misalnya dan salah satu yang paling ikonik adalah Dennis Bergkamp.

Lulusan akademi Ajax ini adalah salah satu pemain terbaik di masa jayanya dan golnya ke gawang Newcastle United di musim 2001/02 adalah gol masterpiece yang akan selalu diingat oleh seluruh penggemar Liga Premier. Bergkamp sendiri hanyalah salah satu dari banyak pemain Belanda yang pernah menghiasi tanah Inggris, dimana nama-nama besar seperti Arjen Robben, Virgil van Dijk dan Rafael van der Vaart juga pernah bahkan masih bermain disana.

Situs sepakbola kenamaan asal Inggris, givemesport, membuat sebuah peringkat untuk para pemain Belanda terbaik yang pernah atau masih bermain di Liga Premier, penasaran siapa saja pemainnya ? berikut ulasannya:
 
16. George Boateng

Dengan total 382 penampilan, George Boateng, yang merupakan saudara dari Kevin-Prince dan Jerome Boateng, adalah pemain Belanda yang paling banyak tampil di Liga Premier ketimbang pemain Negri Tulip lainnya.

15. Ryan Babel

Merupakan pemain muda yang pernah dianggap sebagai calon bintang dunia, Babel justru lebih sering berurusan dengan tindakan indisipliner. Meski begitu, selama tampil untuk Liverpool,  Babel adalah pemain sayap yang sangat baik dan penampilannya bisa dianggap tidak mengecewakan sama sekali. Selama 4 musim di Anfield,  ia sukses mengemas 91 penampilan dengan 12 gol di Liga Premier.

14. Boudewijn Zenden

Libero.id

Kredit: instagram.com/boudewijn_zenden

Fleksibilitas, ketangkasan, dan komitmennya membuat pemain kelahiran kota Maastricht itu sangat diandalkan oleh 4 tim Liga Premier yang pernah dibelanya, yakni Chelsea, Liverpool, Middlesbrough dan Sunderland.

13. Jaap Stam

Merupakan salah satu bek tengah terbaik di masanya, Stam pernah menghabiskan waktu bermainnya selama 3 musim bersama Setan Merah antara tahun 1998 dan 2001.

12. Nigel de Jong

Selam waktunya di kota pelabuhan, Nigel dikenal sebagai pemain yang sangat ahli dalam tekel dan ia merupakan bagian integral Manchester City saat mereka memenangi  Liga Premier di musim 2011/12 untuk pertama kalinya sejak tahun 1967.

11. Marc Overmars

Libero.id

Kredit: twitter.com/arsenal

Marc Overmars mencetak 25 gol dan memberikan 27 assist dalam 100 pertandingan liga untuk Arsenal dan ia juga berperan dalam raihan gelar Liga Premier 1997/98.

10. Georginio Wijnaldum

Wijnaldum adalah pemain penting Juergen Klopp saat melakukan perubahan untuk Liverpool, dimana dalam waktu 4 tahun bersama Mo Salah, Sadio Mane dan rekan senegaranya, Vigil van Dijk, Liverpool akhirnya bisa mendapatkan raihan gelar Liga Premier pertama mereka di tahun 2020 kemarin.

9. Rafael van der Vaart

Didatangkan dari Real Madrid pada tahun 2010, Van der Vaart langsung menjelma sebagai pemain penting di Tottenham. Meski hanya bertahan 2 musim di White Hart Line, mantan  pemain Ajx itu adalah seorang playmaker yang sangat baik, dari 63 penampilan di Liga Premier,  ia sukses mencetak 24 gol.

8. Arjen Robben

Libero.id

Kredit: chelseafc.com

Mungkin penampilan Arjen Robben selama di Chelesea tak begitu mentereng, bahkan tebilang biasaa -bisanya. Tapi harus kita akui bahwa penampilan Robben bersama Real Madrid dan Bayern Muenchen begitu impresif dan itu adalah sesuatu yang istimewa, bahkan banyak rekor tercipta dari pemain 'Berkaki Kaca' itu.

7. Dirk Kuyt

Salah satu pemain pekerja keras terbaik yang pernah ada di Liga Premier. Dirk Kuyt bergabung dengan Liverpool pada tahun 2006 dari Feyenoord. Gol pertama Kuyt untuk The Reds terjadi saat menghadapi Newcastle dan selama 6 musim di kota Merseyside, Kuyt sukses dengan 51 gol dan memberikan 32 assist dalam 208 pertandingan Liga Premier.

6. Jimmy Floyd Hasselbaink

Jimmy Floyd Hasselbaink adalah pencetak gol terbanyak ke-14 dalam sejarah Liga Premier dan ia sangat layak masuk dalam list ini.

5. Edwin van der Sar

Libero.id

Kredit: instagram.com/edwinvandersar1

Hanya enam kiper dalam sejarah Liga Premier yang mencatatkan clean sheet lebih banyak dari Edwin van der Sar. Direktur olahraga Ajax itu adalah pemain penting Sir Alex Ferguson selama periode dominasi Manchester United di Liga Premier.

4. Ruud van Nistelrooy

Dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik di eranya, Ruud van Nistelrooy mencetak 95 gol di Liga Premier hanya dalam 150 pertandingan untuk Man United, mendapatkan satu sepatu emas Liga Premier dan dua sepatu emas Liga Champions sebelum pindah ke Real Madrid pada 2006.

3. Virgil van Dijk

Bisa dibilang penandatanganan Van Dijk  dari Southampton adalah salah satu penandatanganan terbaik dalam sejarah  Liverpool. Mantan pemain Celtic itu sering disebut sebagai role model atau percontohan untuk bek moderns saat in. Kuat dalam bertahan namun juga sangat mematikan di area kotak penalti.

2. Robin van Persie

Penggemar Arsenal mungkin membenci Robin van Persie karena bergabung dengan Manchester United, tetapi tidak ada keraguan bahwa ia adalah penyernag yang sangat tajam.
Memiliki kaki kiri yang kuat dan ditopang oleh sikap yang tenag, presisi serta kekuatan dalam melepaskan tendangan, van Persie adalah penyerang tengah yang berbahaya dan merupakan pemain non-Inggris dengan skor tertinggi ketiga dalam sejarah Liga Premier setelah Sergio Aguero dan Thierry Henry.

1. Dennis Bergkamp

Libero.id

Kredit: instagram.com/officialdennisbergkamp

Mungkin Bergkamp tidak seproduktif Van Persie di Arsenal l, tapi bila melihat gocekan serta gol yang diciptakan oleh Bergkamp, mantan pemain Ajax itu adalah yang terbaik.
Striker berkaki lincah itu memainkan si kulti bundar seperti tanpa ada beban.

"Jika dia bermain di salju, dia tidak akan meninggalkan jejak kaki," ujar mantan penyerang Arsenal, John Hartson.




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=uZiDnSmspvE

Artikel Pilihan