5 Formasi Paling Populer di Sepakbola

"Percaya atau tidak dulu formasi paling populer adalah 2-3-5 dengan lima penyerang. Bagaimana kini?"

Analisis | 21 May 2021, 10:28
5 Formasi Paling Populer di Sepakbola

Libero.id - Formasi dan penerapan strategi yang cermat terhadap permainan inilah yang membedakan sepak bola profesional dari versi amatirnya. Formasi tim adalah titik fokus dari berbagai taktik yang digunakan oleh manajer/pelatih selama pertandingan dan sering kali menunjukkan gaya permainan tim. Formasi bisa menunjukkan apakah sebuah tim memiliki pola permainan menyerang atau bertahan.

Sementara sebagian besar manajer ternama telah dianggap sebagai spesialis dalam penggunaan formasi tertentu, namun tetap saja hal tersebut sangat tergantung pada jenis pemain yang cocok untuk tim dan siapa lawan yang dihadapi.

Formasi sepak bola telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, formasi sepakbola selalu berkembang sesuai dengan perkembangan dunia yang semakin modern. Sejenak kita kembali ke tahun 1880-an, formasi paling populer adalah 2-3-5, mengapa formasi tersebut sangat populer? Jawabannya adalah karena formasi tersebut dinilai dapat menghasilkan banyak gol. Lebih dari seabad kemudian, formasi ini jarang digunakan, bahkan dalam permainan amatirpun sangat jarang yang berminat menggunakannya.

Untuk itu, mari kita lihat lima formasi paling populer dalam sepakbola.

5. Formasi 3-5-2

Antonio Conte adalah pendukung terkenal dari formasi 3-5-2, yang juga dapat diubah menjadi formasi 5-3-2 untuk memberikan perlindungan yang lebih defensif.

Inter Milan meraih sukses besar musim ini di bawah Conte dengan penggunaan formasi ini. Chelsea asuhan Thomas Tuchel telah mengadopsi formasi ini juga dan dapat menghubungkan perubahan keberuntungan mereka sejak kepergian Lampard dengan menggunakan formasi efektif mereka yaitu 3-5-2.

Tim 3-5-2 terdiri dari tiga bek tengah dan dua bek sayap, yang beroperasi dalam peran ganda sebagai pemain sayap dan bek sayap. Lini tengah, paling banyak, berisi dua gelandang bertahan untuk mendukung pertahanan; Dalam penyerangan, ada tiga pemain yang berfokus pada posisi ofensif.

Formasi ini memberikan perlindungan pertahanan yang sangat besar, karena memiliki tiga bek dan dua gelandang bertahan, yang memungkinkan para pemain di sekitar mereka untuk menjegal setiap peluang serangan balik.

Efektivitas formasi 3-5-2 dalam serangan terlihat pada paruh pertama leg pertama semifinal Liga Champions Chelsea melawan Real Madrid.

Kehadiran bek sayap, bersama dengan seorang gelandang dan dua penyerang, sehingga tim yang menggunakan formasi 3-5-2 menjadi lebih unggul dalam hal mengalahkan pertahanan lawan dengan perhitungan yang lebih presisi.

4. Formasi 4-1-4-1

Selanjutnya, formasi 4-1-4-1, yang menghasilkan kesuksesan besar bagi Jerman dalam kampanye kemenangan Piala Dunia 2014.

Leeds United telah membuat para penggemar dan pakar terkesan di musim pertama mereka di kasta tertinggi Inggris. Itu sebagian besar tergantung pada penggunaan mahir Marcelo Bielsa dari formasi 4-1-4-1.

Formasi ini banyak menekankan pada pelanggaran tetapi tanpa harus mengorbankan integritas pertahanan. Penggunaan empat gelandang membuat lebih mudah untuk memulai pressing tinggi, karena tim dapat membuat pressing menjadi kesatuan yang rapat dan padat.

Gelandang bertahan memungkinkan pemain di lini serang lebih bebas untuk berkontribusi dalam skenario menyerang; Kehadiran gelandang / gelandang sayap dengan bek sayap dapat dengan mudah membantu menjegal serangan lawan dari sayap. Namun, penekanan utama dari 4-1-4-1 adalah untuk mengungguli lawan dalam hal tempo permainan.

Salah satu cara terbaik formasi ini digunakan dalam serangan adalah dengan mengerumuni sayap, berkat gelandang yang melebar dan bek sayap, yang memungkinkan gelandang pendukung untuk terjun ke lini serang dengan lebih fleksibel.

Salah satu elemen terpenting dari formasi 4-1-4-1 adalah gelandang bertahan, yang harus mahir mendukung rekan-rekan penyerang dalam tekanan tinggi, tetapi tidak membiarkan dua bek tengahnya terbuka.

Javi Martinez terkenal karena memainkan peran ini secara efektif dalam 4-1-4-1 yang digunakan oleh Bayern Munich.

3. Formasi 4-3-3

4-3-3 adalah salah satu formasi yang paling banyak digunakan, terutama di sepak bola Italia di awal 2010-an. Formasi beroktan tinggi dan bertempo cepat ini berkembang pesat pada tiga gelandang tengah yang sangat terampil dan sadar taktik.

Salah satu dari ketiganya harus menjadi gelandang bertahan yang andal untuk mendukung bek tengah, sementara dua gelandang lainnya bisa lebih ekspansif dalam peran menyerang. Seorang gelandang bertahan yang solid juga memberikan kebebasan kepada full-back untuk memberikan lebih banyak keleluasaan dalam skenario menyerang, dan kehadiran mereka dapat berguna untuk mengalahkan pertahanan lawan.

Pep Guardiola adalah pendukung utama formasi 4-3-3. Formasi ini adalah favorit tim yang suka mengekspresikan diri dan memainkan sepakbola menyerang. Sementara organisasi pertahanan dipertahankan, perhatian penuh diberikan pada lini serang lawan, seperti pada 4-1-4-1.

Namun, dibandingkan dengan 4-1-4-1, formasi 4-3-3 memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam situasi menyerang, seperti menempatkan banyak pemain sekaligus sebagai pengganti penyerang tengah yang sering diterapkan dalam formasi klasik.

Manchester City hampir sepanjang musim 2020-21 tanpa pemain nomor 9 yang layak, tetapi telah menjadi salah satu tim dengan skor paling tinggi di Eropa musim ini, mencetak 119 gol dalam 56 pertandingan.

2. Formasi 4-4-2 Diamond

4-4-2 adalah formasi khas dari tanah Inggris yang telah sukses membuat seseret momen comeback yang mengejutkan dalam beberapa tahun terakhir.

Leicester City dan Atletico Madrid telah mencapai kesuksesan besar selama beberapa tahun terakhir dengan menggunakan formasi klasik 4-4-2. Gaya bermain yang sangat bervariasi dari kedua tim juga menunjukkan banyak cara yang berbeda untuk implementasi formasi klasik ini.

Penggunaan empat gelandang adalah pembeda utama antara pola menyerang 4-4-2 dan yang berbentuk defensif.

Leicester City, telah sukses memainkan formasi ini, mencetak 90 gol di semua kompetisi musim ini, sekaligus kebobolan 39 gol di Liga Inggris. Sebaliknya, Atletico Madrid telah mencetak 71 gol musim ini tetapi hanya kebobolan 44 gol, termasuk 22 gol dari 34 pertandingan La Liga musim ini.

La Liga musim 2019-20 menampilkan kebangkitan formasi 4-4-2, dengan 18 tim menggunakannya sebagai salah satu dari tiga formasi yang paling mereka sukai.

1. Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1 adalah yang paling banyak digunakan dan dianggap sebagai formasi terbaik di dunia sepakbola saat ini. Menurut laporan tahun 2013, formasi ini telah digunakan sebanyak 1253 kali di liga-liga top Eropa, dengan penggunaan terbanyak di La Liga sebanyak 432 penggunaan.

4-2-3-1 tetap menjadi salah satu formasi paling taktis dalam sejarah permainan sepakbola yang indah, karena memberikan penekanan yang sama pada integritas pertahanan dan kesiapan menyerang. Formasi ini sangat efisien untuk tim yang percaya pada ideologi sepak bola total, di mana penguasaan bola adalah yang terpenting.

Kedua gelandang bertindak sebagai poros keseimbangan pertahanan tim dan juga memungkinkan bek sayap untuk menjelajah ke depan sambil memberikan pola permainan lebar sembari melakukan penetrasi ke depan.

Posisi gelandang serang, adalah fondasi formasi 4-2-3-1.

4-2-3-1 sedang dalam performa terbaiknya saat ada gelandang serang yang bagus. Salah satu contohnya adalah Manchester United, yang berjuang untuk mencetak banyak gol sebelum kedatangan Bruno Fernandes.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 100%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Djoko Oke (2021-05-21 15:22:06)
4-2-3-1 favorit, menguasai area lapangan tengah, kans untuk menang tinggi
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network