Kebijakan Baru Euro 2020: Botol Bir Tak Lagi Ada di Depan Pemain Muslim

"Botolnya disingkirkan. Tapi, penghargaan 'Star of the Match' dari Heineken tetap diterima."

Viral | 26 June 2021, 14:15
Kebijakan Baru Euro 2020: Botol Bir Tak Lagi Ada di Depan Pemain Muslim

Libero.id - Penyelenggara Euro 2020 memutuskan untuk tidak lagi menempatkan botol bir di meja konferensi pers saat pemain Muslim yang berbicara. Kini, giliran pemain seperti Paul Pogba dan Karim Benzema diminta konsisten untuk tidak menerima penghargaan pemain terbaik "Star of the Match" dari Heineken.  

Semua kontroversi ini berawal dari aksi Coca-Cola ala Cristiano Ronaldo yang diikuti Heineken dengan Pogba. Akibatnya, UEFA segera mencari solusi dan jalan tengah agar semua orang lebih fokus ke pertandingan, bukan gimick recehan.

UEFA telah menekankan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara tidak memilih alkohol berdasarkan alasan agama dengan menolak produk berdasarkan gaya hidup dan alasan kesehatan. 

Menggeser produk seperti alasan yang diyakini CR7 berpotensi dikenakan denda kepada pemain jika hal tersebut terus berlanjut. Sebaliknya, jika alasan yang diungkapkan adalah keyakinan religius yang dianut seorang pemain, maka UEFA bisa menerimanya.

Ternyata, oleh beberapa orang, apa yang dilakukan Pogba juga dipertanyakan. Gelandang Manchester United itu memang menggeser botol minuman beralkohol. Tapi, saat dinobatkan sebagai pemain terbaik di laga versus Jerman dan mendapatkan penghargaan "Star of the Match", Pogba bersedia menerimanya. Padahal, penghargaan tersebut disponsori Heineken, yang baru saja disingkirkan botolnya. 

Jadi, cukup masuk akal jika ada orang yang mempertanyakan alasan dan konsistensi Pogba melakukan hal tersebut. Sebab, jika konsisten, dia akan menolak diberi "Star of the Match" juga.

Star of the Match sengaja diberikan kepada para pemain terbaik di setiap pertandingan dan akan diberikan sejak laga pembukaan hingga final. Untuk menilai pemain yang berhak atas penghargaan itu, UEFA sudah menunjuk panel juri yang terdiri dari mantan pemain atau pelatih top. Ada juga media dan pengamat sepakbola.

Nama-nama juri Star of the Match adalah Packie Bonner, Esteban Cambiasso, Fabio Capello, Cosmin Contra, Corinne Diacre, Jean-François Domergue, Dušan Fitzel, Steffen Freund, Frans Hoek, Aitor Karanka, Robbie Keane, Ginés Meléndez, David Moyes, Mixu Paatelainen, Peter Rudbaek, dan Willi Ruttensteiner.

Kebijakan menyingkirkan botol bir di depan pemain Muslim dari meja konferensi pers sudah mulai dilakukan saat Prancis menghadapi Portugal. Saat itu, Karim Benzema yang berpicara di podium. Itu sebagai penghargaan karena dirinya mencetak dua gol yang membawa Les Blues lolos ke babak 16 besar.

Nah, sama seperti Pogba, Benzema ternyata juga bersedia menerima piala kaca Star of the Match dari Heineken.

(muhammad alkautsar/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network