Selamat Ulang Tahun!

15 Pemain Chelsea dengan Nomor 9, Berikut Performanya di Stamford Bridge

"Nomor 13 merupakan bek yang mengenakan nomor keramat tersebut."

Feature | 20 August 2021, 18:09
15 Pemain Chelsea dengan Nomor 9, Berikut Performanya di Stamford Bridge

Libero.id - Sejak Liga Premier memperkenalkan nomor skuad pada 1993, 15 pemain berbeda telah mengenakan kaus nomor 9 selama membela Chelsea - dan sangat sedikit yang berhasil.

Jersey itu menjadi agak 'terkutuk', di mana para pemain cenderung berjuang di klub saat mengenakannya. Padahal, seluruh pemain nomor itu secara kolektif memiliki biaya transfer sebesar 170,5 juta pounds.

Penghitungan itu kini telah melonjak hingga hampir 270 juta pounds menyusul kesepakatan rekor klub untuk membawa Romelu Lukaku kembali ke Stamford Bridge, satu dekade sejak kedatangan pertamanya sebagai remaja dari Belgia.

Lukaku akan diberi nomor punggung 9 yang dikosongkan oleh Tammy Abraham. Mengingat betapa bagusnya sang striker dalam kemenangan Scudetto Inter musim lalu, dia akan membuat kita percaya pada kutukan jika dia gagal tampil dalam tugas keduanya bersama The Blues.

Kami telah melihat setiap pemain yang mengikuti jejak Lukaku dan memberi peringkat atas kontribusi mereka kepada Chelsea.

15. Radamel Falcao

Setelah musim pinjaman yang gagal di Manchester United, Falcao diberi kesempatan lagi untuk membuktikan dirinya kepada penonton Inggris bersama Chelsea pada musim 2015/2016.

10 Foto Marrion Farrah, Istri Kiper West Ham Berdarah Filipina

10 Foto Marrion Farrah, Istri Kiper West Ham Berdarah Filipina

Namun, pinjamannya sangat tidak berhasil, dan The Blues secara mengejutkan menolak kesempatan untuk mengontraknya seharga 38 juta pounds di akhir musim.

Dengan upah 140.000 pounds per minggu, Falcao menelan biaya Roman Abramovich 800.000 pounds per tembakan dan 57.000 pounds per sentuhan bola, mencetak hanya sekali dalam 12 penampilan.

14. Franco di Santo

Di usia 18 tahun, Di Santo melakukan transfer senilai 3,4 juta pounds dari klub Chili Audax Italiano pada Januari 2008. Tetapi, dia gagal mencetak gol dalam 16 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea.

Dia bergabung dengan Blackburn dengan status pinjaman untuk kampanye 2009/2010. Kemudian, dia dijual ke Wigan sebelum tampil untuk Werder Bremen dan Schalke di Bundesliga.

13. Khalid Boulahrouz

Yang paling tercela adalah Boulahrouz, dan peringkatnya adalah 98% berdasarkan fakta bahwa kita tidak tahan melihat seorang bek mengenakan kaus nomor 9.

Dia juga sangat dilupakan di Stamford Bridge, membuat 20 penampilan dalam satu musim.

12. Chris Sutton

Empat tahun setelah memenangkan gelar liga, Blackburn terdegradasi dan Sutton melihat dirinya pindah ke Chelsea dengan biaya 10 juta pounds.

Waktu sang striker di Stamford Bridge adalah masa yang suram, hanya berlangsung satu musim. Dia mencetak satu gol sebelum dia pindah ke Celtic pada musim panas berikutnya.

“Saya masuk ke tim dengan orang-orang seperti Zola, Desailly, Gus Poyet, Dennis Wise, dan manajer yang sangat baik (Gianluca) Vialli, jadi saya tidak menyalahkan orang lain,” kata Sutton.

“Saya memulai dengan buruk, saya melewatkan peluang, saya kehilangan kepercayaan diri, dan saya merasa telah mengecewakan Vialli. Saya pikir dia adalah pria yang sangat baik, dan saya tidak berpikir menghabiskan 10 juta pounds untuk saya musim itu membantu karier manajerialnya,” timpalnya.

11. Tony Cascarino

Cascarino berjuang dalam dua musim di Chelsea pada awal era Liga Premier, hanya mencetak delapan gol dalam 51 penampilan.

Striker itu sukses besar di Prancis, mencetak 61 gol dalam 84 penampilan untuk Marseille, dan menambah 44 gol dalam tiga musim di Nancy.

10. Steve Sidwell

Ya, benar, Sidwell yang berusia 24 tahun diberikan jersey nomor 9 saat bergabung dengan Chelsea dengan status bebas transfer pada 2007.

Dia hanya bertahan satu tahun dan membuat 25 penampilan di semua kompetisi. Dia hanya mencetak satu gol sebelum dia dijual ke Aston Villa seharga 5 juta pounds.

9. Mateja Kezman

Setelah 129 gol dalam empat tahun di PSV, Kezman bergabung dengan Chelsea dengan beban harapan di pundaknya.

Dalam satu musim di klub, saya hanya berhasil mencetak empat gol liga sebelum dikirim ke Atletico Madrid, meskipun saya masih menyebut kepindahan itu “hal terbaik yang pernah terjadi pada saya”.

"Saya tidak tahu apakah saya melakukan kesalahan karena saya pindah begitu cepat, tetapi transfer ke Chelsea membuat impian saya menjadi kenyataan," katanya.

8. Gonzalo Higuain

Ditandatangani dengan status pinjaman dari Juventus pada Januari 2019, Higuain mengambil keputusan berani untuk mengenakan seragam nomor 9.

Chelsea diberi opsi untuk membelinya secara permanen seharga 36 juta pounds atau memperpanjang pinjamannya selama setengah musim. Fakta The Blues tidak mengatakan itu semua tentang betapa suksesnya dia.

Namun, dia benar-benar mencetak lima kali dalam 14 pertandingan di Liga Premier, yang dalam batas-batas daftar ini sebenarnya cukup bagus.

7. Alvaro Morata

Yang paling mahal dari semuanya, Morata, membuat Chelsea memecahkan rekor klub 60 juta pounds pada 2017. Tetapi, Morata jarang terlihat mampu membenarkan biaya tersebut.

Morata kadang-kadang menunjukkan kualitas, mengelola 11 gol yang tidak membawa bencana di musim pertamanya di Liga Premier. Tetapi, adil untuk mengatakan bahwa dia gagal mengisi peran Diego Costa.

6. Hernan Crespo

Crespo mengenakan kaus nomor 21 di musim debutnya di klub, tetapi diberi nomor 9 setelah satu tahun dipinjamkan ke AC Milan ketika Jose Mourinho berusaha meyakinkannya untuk tetap tinggal.

Secara total, dia mencetak 25 gol dalam 73 penampilan untuk The Blues sebelum bergabung dengan Inter dengan kontrak sementara selama dua tahun, hingga kontraknya di Chelsea berakhir.

5. Mark Stein

Stein ditandatangani oleh Glenn Hoddle dalam upaya untuk meringankan kesengsaraan dalam serangan, dan dia pasti melakukan itu. Stein meraih 14 gol dalam 24 pertandingan segera setelah tiba dari Stoke.

Dia meninggalkan Chelsea setelah mencetak 25 gol dalam dua musim sebelum sembilan penampilan tanpa gol di musim 1995/1996 terbukti menjadi akhir kisahnya.

Khususnya, baru setelah musim debutnya, Stein diberi kaus nomor 9 yang ditakuti.

“Saya senang saya menjadi bagian dari perjalanan ini,” kata Stein tentang waktunya di Stamford Bridge.

“Ketika saya di Chelsea, klub itu berkembang secara bertahap dan kemudian tiba-tiba menjadi cepat. Fakta saya adalah bagian dari sejarah itu membuat saya bahagia," paparnya.

4. Tammy Abraham

Setelah beberapa kali dipinjamkan, lulusan akademi Chelsea itu akhirnya mendapatkan kesempatan - dan jersey nomor 9 - di Stamford Bridge ketika Frank Lampard menjadi pelatih pada 2019.

“Saya merasa terhormat untuk memakai nomor 9 di Chelsea. Saya berbicara dengan pelatih dan dia bertanya apakah saya siap untuk menerimanya. Saya bilang 'Ya, saya siap',” kata Abraham saat itu.

“Saya senang telah menawarkannya kepada saya. Saya telah mendengar semua omong kosong tentang nonor 9, tetapi saya di sini untuk memainkan permainan saya dan melakukan yang terbaik," timpalnya.

Seragam itu tentu saja tidak tampak terlalu berat bagi Abraham saat dia mencetak 10 gol dalam 12 pertandingan Liga Premier di awal musim 2019/2020.

Dia tidak pernah bisa mempertahankan performanya yang luar biasa, tetapi mencetak 30 gol dalam 82 penampilan saat mengenakan kaus nomor 9.

Setelah tidak disukai di bawah Thomas Tuchel, sang striker baru saja pindah ke AS Roma asuhan Jose Mourinho dengan nilai transfer 34 juta poundsterling - tetapi Chelsea dilaporkan memiliki klausul pembelian kembali senilai 78 juta pounds jika dia merobeknya di ibukota Italia.

3. Fernando Torres

Setelah lama diminati oleh Abramovich, Torres akhirnya bergabung dengan Chelsea seharga 50 juta pounds pada Januari 2011.

Secara luas dianggap sebagai kegagalan di klub, Torres sebenarnya mencetak 45 gol dalam 172 penampilan, yang merupakan rekor yang lebih baik daripada yang mungkin disadari banyak orang.

Lebih penting lagi, dia membantu Chelsea mengangkat trofi Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Torres mencetak gol mengesankan melawan Barcelona di semifinal kompetisi sebelum menambahkan sembilan gol pada musim berikutnya saat timnya memenangkan Liga Europa.

2. Gianluca Vialli

Vialli mencetak 40 gol dalam 78 penampilan untuk Chelsea, sementara Vialli juga mengambil peran sebagai pemain-manajer hanya 18 bulan dalam waktunya di klub.

Ikon sepakbola 1990-an, Vialli sangat disukai di Stamford Bridge, memenangkan Piala FA, Piala Liga dan Piala Winners selama waktunya sebagai pelatih di London Barat.

Dia bergabung dengan klub pada 1996 dan akhirnya pergi pada awal kampanye 2000/2001 setelah berselisih dengan sejumlah pemain.

1. Jimmy Floyd Hasselbaink

Transfer rekor klub lainnya, Chelsea membayar Atletico Madrid 15 juta pounds untuk Hasselbaink pada 2000. Tetapi, tidak seperti kebanyakan yang lain dalam daftar ini, pemain Belanda itu membenarkan biaya tersebut. Kemudian, mencetak 70 gol Liga Premier dalam 136 penampilan untuk The Blues.

“Saya memiliki kenangan indah tentang waktu saya di Chelsea,” kata Hasselbaink pada 2013. “Saya memiliki empat tahun yang indah di sana dan saya masih kembali. Saya berada di sana baru-baru ini untuk menonton mereka bermain, dan saya selalu mendapatkan sambutan yang luar biasa,” paparnya.

“Mereka adalah klub yang sangat saya cintai. Masalahnya adalah kami tidak cukup menang dan itulah penyesalannya," kenangnya.

(yuli ardianto/yul)




Hasil Pertandingan Chelsea


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan