Kisah Omari Hutchinson, Remaja Sensional Arsenal yang Membuat Pele Terpukau

"Meski Arsenal saat ini memprihatinkan, kehadiran Omari Hutchinson rasanya memberikan harapan baru untuk tim"

Biografi | 10 September 2021, 06:05
Kisah Omari Hutchinson, Remaja Sensional Arsenal yang Membuat Pele Terpukau

Libero.id - Pemain sayap berusia 17 tahun itu adalah salah satu pemain muda dengan peringkat paling tinggi di The Gunners setelah mendapatkan reputasi karena keterampilan olah bolanya yang luar biasa.

Tidak banyak anak berusia 12 tahun yang tiba-tiba menjadi pusat perhatian di dunia sepakbola.

Tapi itulah yang terjadi pada pemain muda Arsenal, Omari Hutchinson ketika ia menjadi sensasi internet dalam semalam berkat kemampuannya yang luar biasa.

Hutchinson adalah bintang video yang menjadi viral secara online bersama F2 Freestylers, dengan penggemar sepak bola dari seluruh dunia terpana melihat keterampilan yang ditunjukan oleh Hutchinson, di mana ia telah belajar mengolah Si Kulit Bundar sejak usia lima tahun.

“Itu adalah pengalaman yang gila,” ujar Hutchinson kepada Goal.com.

“Semua orang di sekolah saya menginginkan tanda tangan saya dan Instagram saya meledak! Saya tidak benar-benar tahu bagaimana harus bereaksi. Saya senang, tetapi saya berusia 12 tahun dan itu datang kepada saya dengan cepat. ”

Hutchinson kini adalah bagian dari tim muda Meriam London yang paling menarik. Ia adalah bagian dari sekelompok pemain yang baru saja masuk ke dalam tim U-23 di mana ada kualitas serta potensi mereka akan diuji.

Ada gelandang Charlie Patino, pemain sayap Kido Taylor-Hart dan bek Zane Monlouis, semuanya berasal dari akademi Hale End Arsenal dan melewati kelompok usia bersama satu sama lain.

Pelatih kepala tim U-23 Arsenal, Kevin Betsy kini bertanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan terbaik para bibit unggul tersebut, dan beberapa di antara mereka bisa saja mengikuti jejak kesuksesan Bukayo Saka, Emile Smith Rowe dan Eddie Nketiah yang kini menjadi skuad senior di Arsenal.

“Ada pemain seperti saya, Zane, Charlie, Brooke (Norton-Cuffy), Marcelo (Flores) dan Jack (Henry-Francis), kami sudah bersama sejak U12 dan U13,” jelas Hutchinson.

“Kami telah bersama satu sama lain melalui pasang surut, jadi hubungan di antara kami sangat dekat. Kami seperti keluarga dan kami semua ingin melihat satu sama lain melakukannya dengan baik. Ini seperti grup dengan Emile, Saka dan Joe Willock. Jika semua orang terus bekerja keras, beberapa dari kami semoga suatu hari nanti mendapatkan pengalaman tim utama.”

Sesulit apapun yang terjadi di Arsenal saat ini, kesuksesan akademi Hale End terus menjadi sesuatu yang dibanggakan oleh semua orang yang terhubung dengan klub.

Saka dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Arsenal pada 2020/2021, dan masuknya Smith Rowe ke tim utama musim lalu membantu mendorong peningkatan besar dalam musim keduanya bersama tim utama Arsenal. Ia sekarang telah diganjar dengan kontrak baru dan kaos No.10 yang ikonik, sementara Saka dengan bangga memakai No.7, mengikuti jejak Legenda seperti David Rocastle dan Robert Pires, dan Hutchinson tentu saja ingin meraih kesuksesan seperti para seniornya.

“Ketika kami berada di Hale End sebagai U12, kami akan melihat Joe (Willock), Reiss (Nelson) dan banyak lagi dan kami akan berpikir mereka adalah superstar,” ujarnya.

“Bahkan pergi ke pertandingan Emirates dan bertemu mereka, kami selalu menginginkan gambar, dan ketika mereka bermain untuk U23, kami akan pergi dan mendukung mereka."

“Saat tumbuh dewasa, kami ingin menjadi seperti mereka. Saka dulu menyuruh kami bekerja keras dan bahwa kami tidak jauh di belakang dan itu memberi kami kepercayaan diri. Di Hale End ada gambar di dinding anak laki-laki yang telah berhasil dan Anda hanya ingin berada di sana juga sehingga semua anak muda melihat Anda.”

Perjalanan Hutchinson ke U-23 di Arsenal

Ia karier sepakbolanya sebagai anak berusia delapan tahun bersama Charlton Athletic, di mana kakak laki-lakinya, Oshaye menjadi bagian dari tim U-15.

“Saya diintai oleh mereka ketika saya sedang bermain sepak bola di tempat parkir saat dia sedang berlatih,” kenang penyerang muda itu.

Bahkan pada usia dini itu, Hutchinson sudah memiliki beberapa trik tidak biasa dan mirip dengan trik yang biasa dimainkan dalam pertandingan futsal.

“Saya biasa melakukannya setiap hari sepulang sekolah,” ujarnya.

“Itu hanya lebih mudah dan menyenangkan. Pelatih baru saja mengatakan lakukan semua keterampilan yang Anda inginkan. Anda memiliki kebebasan untuk bersenang-senang saja. Saya sering menonton Falcao, pemain futsal Brasil. Dia sangat menginspirasi saya.”

Ia menambahkan: “Saya selalu dikenal sebagai seorang yang sedikit terampil. Saya akan mengatakan setengahnya berasal dari futsal. Tetapi juga ketika saya masih muda, saya biasa melakukan keterampilan di ruang depan saya, di kebun saya dan di dapur saya."

“Langsung setelah sekolah saya akan berganti pakaian dan melakukan keterampilan. Aku menyukainya.”

Hutchinson tinggal bersama Charlton selama dua tahun, dan setelah saudaranya mendapat beasiswa di Sheffield United, ia pun mulai dilelang oleh Charlton.

Klub berjuluk The Addicks itu mematok harga kompensasi sebesar 6.000 Poundsterling untuk Hutchinson, dan itu membuat ia sulit menemukan klub baru - karena hanya ada sedikit klub yang mau membayar anak berusia 10 tahun sebesar itu.

Ia kemudian menjalani uji coba dengan Arsenal, Tottenham dan Brentford sebelum memutuskan untuk istirahat dari akademi sepakbola dan kembali bermain futsal dengan teman-temannya.

“Memiliki waktu istirahat benar-benar membantu saya berkembang sebagai seorang anak karena ada lebih sedikit tekanan,” ujar Hutchinson. 

“Saya hanya bekerja pada diri saya sendiri, melakukan pekerjaan saya di futsal. Saya melatih teknik saya dan kaki kanan saya yang lebih lemah. Itu sangat membantu.”

Sekitar setahun kemudian, ayah Omari menerima telepon dari seorang pencari bakat yang terhubung dengan Arsenal dan ia diundang untuk hadir. Hutchinson tampil mengesankan selama periode keduanya bersama The Gunners, mendapatkan kontrak sebelum bergabung secara resmi dengan tim U-12.

Ia mulai bermain sebagai bek kiri saat itu, tetapi kekuatan menyerang dan kemampuannya untuk mengelabui para pemain bertahan menjadi pembeda.

Adapun rekaman video F2 Freestylers yang membuatnya terkenal adalah berkat keikutsertaanya di turnamen yang diselenggarakan oleh Pele, 

“Kami menyelesaikan turnamen dan semua tim berkumpul dalam kerumunan, dan F2 Freestylers keluar dan mulai menunjukkan keterampilan mereka,” kenang Hutchinson.

“Mereka meminta satu anggota dari setiap tim untuk keluar dan melakukan keterampilan dan semua anak laki-laki berkata 'Ayo Omari, ayo!'

“Jadi saya pergi ke sana dan melakukannya. Mereka memberi saya bola dan saya mulai melakukan keterampilan saya. Ketika kami berfoto dengan Pele setelah itu, dia mengatakan sesuatu seperti 'itu luar biasa' dalam aksen Brasilnya."

“Kemudian pada malam itu, Jeremy Lynch dari Freestylers menelepon ibuku dan berkata dia ingin membuat video dengan kami. Jadi saya membuat video dan itu menjadi viral dari sana.”

Ia menandatangani kontrak senior pertamanya pada November 2020, dan menjadi pemain yang menonjol untuk tim U-18 selama musim pertamanya sebagai pemain profesional, mencetak tujuh gol dan menyumbang delapan assist di liga.

Hutchinson sesekali menerima undangan untuk berlatih bersama tim utama dan di awal musim panas ini ia dipanggil ke skuat Mikel Arteta untuk perjalanan pra-musim mereka ke Skotlandia. Selain menghabiskan waktu seminggu berlatih dengan bintang senior Arsenal, pemain muda internasional Inggris itu juga diberikan waktu 15 menit di lapangan selama pertandingan melawan Hibernian.

“Anak-anak benar-benar membuat saya merasa diterima,” ujar Hutchinson. 

"Mereka sangat ramah, seperti keluarga. Saya bersama mereka setiap hari, berlatih, saya mulai terbiasa berada di sekitar mereka. Saya akan duduk di meja dengan anak laki-laki Hale End, berbicara dengan mereka dan mereka mengatakan kepada saya untuk menjadi diri saya sendiri, untuk terus bekerja.

“(Alexandre) Lacazette juga memberi saya banyak bantuan, mengatakan kepada saya untuk tidak gugup, dan (Pierre-Emerick) Aubameyang adalah pria yang lucu untuk berada di dekat saya. Saat kami berlatih tendangan bebas, rasanya seperti bersama teman-teman saya."

Kemajuan mengesankan Hutchinson membuatnya diberi kesempatan tim utama lainnya selama jeda internasional saat ini, ketika ia masuk dari bangku cadangan tim saat sukses menang 4-0 melawan Brentford dalam pertandingan persahabatan tertutup di London Colney.

Namun meski sudah merasakan lebih awal bagaimana rasanya bersama tim senior, untuk saat ini fokusnya tetap sepenuhnya pada tim U-23 - yang telah mencetak dua gol dan dua assist dalam tiga pertandingan musim ini.

"Saya hanya mengambil langkah demi langkah," ujarnya.

“Saya hanya ingin berkonsentrasi pada penampilan saya bersama tim U-23. Saya harus tetap konsisten, berusaha mencetak gol, membantu dan memengaruhi permainan dengan cara yang saya bisa."

“Semua yang lain akan pergi dari sana.”

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network