Mohammed Aboutrika, Pemain Hebat Afrika yang Tidak Pernah Bermain di Eropa

"Pemain terbaik Mesir sebelum Mohamed Salah."

Biografi | 13 September 2021, 21:28
Mohammed Aboutrika, Pemain Hebat Afrika yang Tidak Pernah Bermain di Eropa

Libero.id - Loyalitas dalam sepakbola kini mengalami kemunduran jika dilihat dari sebagian besar pemain di masa sekarang. Mereka kerap mencari keinginan pribadi, yakni bermain bersama klub besar di dunia ataupun mencari tantangan baru untuk terus lebih baik.

Di era sekarang, kita jarang sekali melihat loyalitas pemain sepakbola. Kesetiaan pada klub dan satu negara menjadi suatu hal yang langka ditemukan.

Tetapi, jika menengok generasi sebelumnya, seperti Paolo Maldini di AC Milan, Francesco Totti di Roma, pasangan Manchester United Gary Neville dan Ryan Giggs, serta Rogerio Ceni di Sao Paolo. Para Legenda ini secara kukuh berkomitmen pada satu sisi untuk keseluruhan karier profesional mereka bersama satu klub.

Akan tetapi, jika kita menggeser ke Afrika. Kita akan temukan kesetiaan Mohammed Aboutrika untuk tetap bermain di Afrika.

Afrika di masa lalu memiliki andil besar dari bintang yang loyal dan terpuji, apalagi melihat mereka tetap di Benua Hitam. Mereka tetap berkomitmen berkarier di sana, meskipun memiliki kemampuan untuk berkembang di tempat lain.

Contohnya adalah Segun Odegbami, satu kali pemenang Piala Afrika pada 1980, hanya tinggal di Shooting Stars sepanjang karier bermainnya. Dia memimpin timnya untuk meraih tiga gelar domestik. Pencetak gol terbanyak dalam kesuksesan Afcon Super Eagles di kandang masih dibicarakan sampai saat ini dan di negara Afrika Barat sebagai salah satu yang terbaik dari generasinya.

Pemain terbaik beberapa dekade yang lalu, seperti Christian Chukwu, dikontrak oleh Enugu Rangers selama bertahun-tahun sebagai seorang profesional dan juga sangat sukses. Dia memenangkan empat gelar liga dan banyak kompetisi.

Tokoh terkemuka lainnya adalah Bibo El-Khatib dari Al-Ahly, yang saat ini menjabat sebagai presiden klub. Banyaknya mantan penyerang tersebut dengan gelar di dalam negeri dan di Benua Eropa dalam 16 tahun tugasnya membuat iri untuk sedikitnya, El-Khatib memenangkan 10 gelar papan atas, dua mahkota Liga Champions (saat itu Klub Champions Afrika) dan gelar Afcon ketiga Mesir pada 1986. 

Secara individu, dia menjadi pencetak gol terbanyak pada 1977/1978 dan 1980/1981, tetapi kejayaan tim itu datang pada 1983 ketika dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika, suatu prestasi yang tidak pernah dirasakan oleh bintang-bintang yang disebutkan di atas meskipun mereka sukses.

Gerombolan prestasi El-Khatib menempatkan dia di atas Odegbami (yang menjadi runner-up untuk penghargaan pemain terbaik Afrika pada 1980) dan Chukwu, dan dia mungkin kepribadian yang paling dihiasi yang tidak pernah bermain di luar benua, setidaknya sampai Mohamed Salah datang di milenium baru.

Mungkin Aboutrika diuntungkan dengan kemajuan teknologi di zamannya, dibandingkan dengan ikon puluhan tahun lalu yang membuat pengamat sering menyaksikan permainan gelandang serang di Al-Ahly, keunggulan yang jarang dimiliki legenda Setan Merah itu.

Pada masanya, meski hanya bermain di Mesir hingga akhir kariernya, dia tampak berbeda kelas.

Mantan pemain Tersana itu tidak memenangkan gelar liga sebanyak El-Khatib, tujuh berbanding 10 legenda, tetapi dia menghancurkan kesuksesan yang terakhir di benua itu. Dia memenangkan Liga Champions Afrika pada lima kesempatan dan membintangi tim itu dalam dominasi mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya di Afrika dari 2006 hingga 2010.

Negara Afrika Utara itu mengklaim emas di pameran paling glamor di benua itu tiga kali berturut-turut pada 2006, 2008 dan 2010, dengan playmaker virtuoso yang disebutkan dalam turnamen XI setelah dua kemenangan pertama, dan secara khusus menjadi pemain terbaik dan pemenang pertandingan di turnamen itu.

Hebatnya, sejak kesuksesan terakhir di benua itu, Mesir telah berjuang kecuali perjalanan mereka ke final pada 2017. Mereka menderita kekalahan di tangan Singa yang gigih, dengan Generasi Emas terbukti sulit untuk digantikan. Sebelum edisi di Gabon, juara tujuh kali itu gagal berpartisipasi pada 2012, 2013 dan 2015, yang mengecewakan setelah penampilan gemilang mereka.

Ini bertepatan dengan tahun-tahun maju Aboutrika (dia berusia 31 tahun pada 2010), dan sementara penurunan mereka di benua itu tidak boleh semata-mata disebabkan oleh penuaan playmaker tingkat lanjut, penurunannya memainkan peran terlepas dari itu.

Pertunjukan mengecewakan 2019 di kandang sendiri, atau 13 tahun setelah mereka berkuasa di depan pendukung mereka. Itu menegaskan fakta bahwa Mesir tidak lagi menjadi kekuatan akhir 2000-an.

Kepandaiannya tidak hanya terlihat dalam bagaimana dia melewati para pemain bertahan, tetapi juga dalam umpannya di sepertiga akhir lapangan. Aboutrika menguasai lapangan dengan beragam kepandaian: menggiring bola, mengumpan, sundulan kepalanya, hingga tendangan bebas dia mahir dalam mencetak gol.

Mohamed Aboutrika dari Al Ahly

Untuk seorang posisi gelandang, dia mencetak banyak gol, yakni 38 gol dari 100 pertandingan bersama Mesir yang menempatkannya di peringkat keempat dalam daftar Top Skor sepanjang masa dan 79 gol dalam 163 pertandingan untuk Al Ahly. Sebelumnya, bintang lincah itu telah mencetak 27 gol dalam 52 pertandingan untuk Tersena. 

Bermain untuk Setan Merah, penyerang itu dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2008, pemain non Eropa kedua setelah Mohamed Barakat yang mengklaim kehormatan itu.

Dia gagal memenangkan penghargaan CAF untuk tahun yang sama, menempati posisi kedua setelah pemain Arsenal, Emmanuel Adebayor, satu-satunya saat dia mencapai tiga besar.

Selain itu, Aboutrika termasuk dalam Tim CAF Tahun Ini sebanyak empat kali dan pantas dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Berbasis Afrika pada tiga kesempatan.

Tentu saja, kehebatannya tidak ada duanya, tetapi mengapa dia tidak pernah bermain di Eropa meskipun seolah-olah memiliki kualitas untuk berkembang di luar Afrika?

Ironisnya, ini dapat dikaitkan dengan transfernya ke Ahly pada 2004, dengan Aboutrika mengklaim bahwa dia merasakan kesetiaan yang kuat kepada Ahly karena memberinya alasan untuk bersinar dan mendukungnya sepanjang karier.

Bagaimanapun, Aboutrika menyenangkan para pendukung di benua itu selama satu dekade dan Afrika mungkin tidak akan melihat pemain handal yang sejenis lagi.

Pemenang Liga Champions Afrika lima kali itu mengalahkan El-Khatib, Odegbami, dan Chukwu sebagai pemain Afrika terhebat yang tidak pernah bermain di Eropa dan statusnya di sini tak terbantahkan.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network