Selamat Ulang Tahun!

Sering ke Stadion, Klub Mana yang Sebenarnya Didukung Khabib Nurmagomedov?

"Hadir di Madrid, MU, Liverpool, Man City. Jadi, apa klub favorit Khabib? Ini jawabannya."

Biografi | 07 October 2021, 09:01
Sering ke Stadion, Klub Mana yang Sebenarnya Didukung Khabib Nurmagomedov?

Libero.id - Khabib Nurmagomedov dikenal sebagai petarung asal Rusia yang pensiun dengan rekor profesional membanggakan di mixed martial art. Tapi, jagoan di gelandang oktagon UFC itu ternyata juga menggemari olahraga lain, khususnya sepakbola.

Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov lahir di kota kecil Sildi di Republik Dagestan, Rusia, pada 20 September 1988. Dia tertarik olahraga beladiri karena ayahnya memiliki gym  yang digunakan untuk berlatih. Selain itu, beladiri jadi aktivitas yang normal bagi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya.

Lalu, pada 2001, saat berusia 12 tahun, Khabib dan keluarganya pindah ke kota terbesar di Dagestan, Makhachkala. Di sanalah dia mendapatkan gairah sepakbola selain beladiri. Di menjadi penggemar setia dari tim lokal yang dikemudian hari mendunia karena kedatangan para pemain legenda seperti Roberto Carlos, Willian, dan Samuel Eto'o, yaitu Anzhi Makhachkala.

Kecintaan kepada sepakbola terus berlanjut. Ketika sudah menjadi bintang besar, Khabib menyempatkan diri menghadiri beberapa pertandingan sepakbola di sejumlah klub Eropa. Dia pernah mengunjungi Real Madrid, Manchester United, Chelsea, Liverpool, hingga Manchester City.

Jadi, klub mana yang sebenarnya didukung Khabib? Selain Anzhi, tampaknya sulit untuk menebak klub mana yang didukung Khabib, meski dalam sebuah kesempatan wawancara dengan BT Sport mengaku sebagai penggemar berat Los Blancos.

Tapi, di lain kesempatan, Khabib juga sempat menyebut menggemari Liverpool. Bahkan, dia mengaku jatuh cinta kepada The Reds setelah melihan comeback menakjubkan Steven Gerrard dkk saat final Liga Champions 2004/2005 melawan AC Milan yang legendaris.

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

10 Pesepakbola yang Pernah Didakwa Kasus Pidana

Apakah itu berarti Khabib merupakan pendukung Liverpool? Tidak juga! Pasalnya,  pada 2 Oktober 2021, Khabib hadir dan duduk menonton laga MU ketika bermain imbang 1-1 dengan Everton. Dia juga memanfaatkan kesempatan itu untuk bertemu Sir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo.

"Merupakan kehormatan besar untuk mengunjungi stadion legendaris ini, atas undangan klub sepak bola legendaris @manchesterunited Terima kasih atas sambutan hangatnya," tulis Khabib di Instagram resmi miliknya, @khabib_nurmagomedov.

"Saya harap @cristiano dan @davidbeckham tidak keberatan saya mendapat nomor 7. Saya tidak akan rugi dengan kaus ini, karena saya akan menggantungnya di dinding dalam bingkai, di tempat yang paling terlihat di rumah saya," lanjut tulisan itu.

Sehari setelah mengunjungi Old Trafford, Khabib berada di Anfield untuk pertandingan Liga Premier antara Liverpool dengan Manchester City. Lagi-lagi, dia memposting tulisan yang membuat banyak orang bingung.

"Suasananya luar biasa hari ini. Tapi, permainannya lebih baik. Hari ini saya mendukung @mancity. Saya suka olahraga ini," tulis atlet berjuluk The Eagle itu.

Apakah Khabib Nurmagomedov bermain sepak bola? Ketika mencapai puncak profesionalnya sebagai petarung MMA, Khabib sempat menyatakan bahwa sepakbola akan selalu menjadi "cinta pertamanya".

Karena dia masih berusia 32 tahun, ada pembicaraan pada Agustus 2021 tentang kontrak yang disepakati dengan salah satu klub kasta bawah di Rusia, Legion Dynamo. Khabib dengan cepat mengabaikan laporan-laporan itu. Tapi, dia telah mengakui dalam sesi tanya jawab Facebook bahwa terbuka untuk tawaran bermain sepakbola.

"Banyak klub sepakbola mengajukan kontrak untuk saya. Tapi, saya harus melakukan penyesuaian karena sepakbola sedikit berbeda dari MMA. Ini adalah dua olahraga yang berbeda," kata Khabib, dilansir Goal.

"Tapi, jika beberapa klub membuat tawaran dan mereka membuat saya tertarik, saya akan menerima ini. Karena ini adalah impian masa kecil saya. Saya suka sepakbola. Saya telah mengikuti sepakbola sejak saya masih kecil. Ini cinta pertama saya," tambah Khabib.

"Sepakbola ada di level lain. MMA lain lagi. Saya suka MMA. Saya suka berkelahi. Saya suka kompetisi dengan orang-orang, dengan petarung terbaik di dunia. Tapi, sepakbola bagi saya, adalah olahraga terbaik," pungkas Khabib.

(mochamad rahmatul haq/anda)




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Foto


Komentar

(500 Karakter Tersisa)
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=3HhTsB9sW4g

Artikel Pilihan