5 Pemain Barcelona yang Akan Menderita dengan Xavi Sebagai Pelatih

"Nomor 1 akan dikembalikan segera ke Sevilla."

Analisis | 09 November 2021, 23:09
5 Pemain Barcelona yang Akan Menderita dengan Xavi Sebagai Pelatih

Libero.id - Seiring dengan digantinya Ronald Koeman, kemudian manajemen Barcelona menunjuk legenda klub, Xavi Hernandez, pastinya akan ada banyak perbedaan di Camp Nou.

Perbedaan paling mencolok adalah kecenderungan pemilihan pemain. Di atas itu semua, Xavi pasti akan berusaha membantu Barcelona kembali ke masa kejayaannya.

Baik sebagai pemain atau pelatih, Xavi memang dikenal sebagai ahli tiki-taka. Pria asal Spanyol itu memenangkan tujuh gelar dalam dua musim di Al-Sadd menggunakan sistem yang sangat mirip saat dia mainkan strategi di bawah asuhan Pep Guardiola.

Ketika Koeman dan manajer sebelumnya dianggap cocok dengan sejumlah pemain Barcelona saat ini, tapi tidak demikian ketika Xavi berada di Camp Nou. Beberapa pemain ini mungkin tidak cocok dengan rencana bermain Xavi.

Dengan catatan itu, berikut adalah lima pemain yang bisa menderita di bawah Xavi sebagai pelatih baru di Barcelona:

5. Sergi Roberto

Salah satu dari empat kapten klub saat ini, Sergi Roberto merupakan lulusan dari akademi La Masia.
Pemain serba bisa itu menjadi bek kanan andalan Luis Enrique. Tetapi, makin ke sini, sepakbola posisional modern itu akan membutuhkan bek sayap yang bisa lebih eksploratif.

Profil semacam itu lebih cocok untuk Sergino Dest dan Oscar Mingueza. Itu artinya secara tak langsung menit bermain Roberto di Barcelona akan dibatasi di bawah kendali Xavi.

Pada usianya yang baru 29 tahun, dia diyakini bakal meminta pindah dari Camp Nou. Toh, dia juga berada di tahun terakhir kontraknya bersama klub raksasa Catalunya.

4. Phillippe Coutinho

Didatangkan dari Liverpool dengan biaya 142 juta pounds, gelandang Brasil ini gagal membuat Barcelona terkesan.

Musim terbaik pemain berusia 29 tahun itu mungkin sudah lewat ketika dia menghabiskan satu musim dengan status pinjaman di Bayern Muenchen, di mana dia memenangkan Liga Champions.

Coutinho telah berjuang dengan cedera sejak pindah ke Barcelona dan gagal mendapatkan tempat di skuad utama.

Dia sering dimainkan sebagai pemain sayap di bawah Ronald Koeman, tetapi tak jarang juga ditarik sedikit ke tengah.

Namun, di bawah kepelatihan yang baru, tampaknya Xavi akan membutuhkan winger out-and-out atau wide forward agar sistemnya bekerja.

Ansu Fati, Ousmane Dembele, dan Memphis Depay kemungkinan akan menjadi opsi yang lebih disukai untuk Barcelona ke depan. Itu secara pasti akan membatasi waktu bermain Coutinho.

3. Martin Braithwaite

Striker asal Denmark ini bukanlah pemain Barcelona yang ideal, dengan standar penilaian apapun. Status pembelian Braithwaite pun sebenarnya adalah panic buying, di mana Barcelona butuh pemain untuk mendukung Ousmane Dembele yang cedera pada Februari 2020.

Pemain berusia 30 tahun itu sebelumnya bermain di kasta kedua sepakbola Inggris bersama Middlesbrough pada 2018. Dia hampir tidak dikenal sebagai mesin gol di manapun.

Jadi, dengan segala yang bisa dan tak bisa dijelaskan, tak butuh banyak waktu untuk berpikir bahwa Braithwaite memang tak cocok dalam gaya permainan ala Xavi nantinya.

2. Clement Lenglet

Clement Lenglet jarang tampil musim ini, hanya bermain 284 menit di semua kompetisi bersama Barcelona. Pemain Prancis itu tidak disukai oleh Ronald Koeman.

Koeman justru lebih menyukai pemain muda Spanyol, Eric Garcia, di pertahanan sejak kepindahannya dari Manchester City. Hampir tidak diharapkan situasi Lenglet di klub akan berubah setelah penunjukan Xavi.

Pemain berusia 26 tahun itu terbukti sering melakukan kesalahan dan Xavi memiliki opsi bek yang lebih logis, di antaranya Garcia, Ronald Araujo, Gerard Pique, dan Oscar Mingueza yang semuanya dari La Masia.

Cukup mudah untuk mengetahui bek mana yang akan tampil lebih teratur untuk Barcelona di bawah Xavi.

1. Luuk de Jong

Striker Belanda Luuk de Jong adalah penandatanganan pinjaman kejutan oleh Barcelona pada hari batas waktu musim transfer panas ini. Pemain berusia 31 tahun itu direkrut oleh pendahulu Xavi, Ronald Koeman.

De Jong termasuk dalam kategori yang sama dengan Braithwaite dalam hal kualitas. Koeman sendiri menyetujui pembeliannya, terutama karena kemampuannya di udara. Dia bukan pemain yang ulung dengan bola di kakinya.

Di bawah Xavi, diharapkan kesepakatan pinjamannya tidak akan dibuat permanen. De Jong dengan segera pasti akan dikembalikan ke Sevilla.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network