Mereka dijuluki Si Kaki Geledek. Dua dari lima orang ini membela Barcelona.
Sepak bola tidak hanya menyajikan sebuah ikatan emosional antara klub dengan para penggemarnya. Lebih dari itu Si Kulit Bundar selalu menyajikan pemandangan indah di setiap pertandingan, apakah itu dari kemampuan seorang pemain dalam menggiring bola melewati pertahanan ? tendangan penalti gaya 'panenka'? gol yang dibuat dengan hati-hati? ataupun tendangan bebas yang mengguncang jaring pertahanan lawan?

Penggemar sepak bola tahu bahwa mencetak gol dari tendangan bebas adalah seni tersendiri. Ada beberapa pemain yang sangat ahli dalam hal tendang bebas di masa lalu seperti Juninho, Roberto Carlos, Ronaldinho dan David Beckham.

Memiliki pemain dengan kecakapan mencetak gol melalui tendangan bebas dalam sebuah tim merupakan keuntungan yang signifikan, karena selain bisa memecah kebuntuan tim, para spesialis itu juga bisa menjadi pembeda dalam sebuah pertandingan.

Dari jumlah pemain saat ini juga, ini adalah beberapa yang telah mencetak banyak gol tendangan bebas selama karir mereka, lalu siapa saja? berikut 5 pemain yang rutin mencetak gol melalui tendangan bebas;

5. Aleksandar Kolarov - 22 gol



Aleksandar Kolarov adalah salah satu bek sayap paling produktif di zaman modern. Pemain berusia 34 tahun itu telah mencetak sekitar 35% dari gol kariernya melalui tendangan bebas, itu merupakan catatan statistik yang mengesankan, terutama untuk seorang bek.

Mantan bintang Manchester City dan AS Roma ini sering disebut sebagai ‘Roberto Carlos’nya Serbia karena kehebatannya dalam mengelola bola mati, dan statistiknya dalam hal ini jelas memiliki beberapa kesamaan dengan legenda Brasil tersebut.

Apa yang membuatnya benar-benar mematikan dari bola mati adalah kemampuannya untuk mencetak tendangan bebas dari sudut dan jarak yang paling tidak menguntungkan.

Penampilannya yang luar biasa untuk Serbia melawan Kosta Rika di Piala Dunia FIFA 2018 dan untuk AS Roma dalam pertandingan pramusim melawan Athletic Bilbao tahun lalu hanyalah beberapa contoh dari kemampuanya.

4. Hakan Calhanoglu - 26 gol



Jika mengikuti Bundesliga, pasti anda pasti akan tahu tentang kemampuan hebat Hakan Calhanoglu dari bola mati, terutama tendangan bebasnya. Setiap kali ia mengambil servis, bolanya pasti akan selalu masuk ke gawang lawan. Begitulah mahirnya pemain internasional Turki itu dari situasi bola mati.

Sebanyak 38% dari golnya di klub sepak bola Jerman, baik itu bersama Bayer Leverkusen, Hamburger SV maupun Karlsruher SC berasal dari tendangan bebas.

Jika mundur ke belakang, tepatnya pada musim 2014/15, Calhanoglu mencetak sembilan gol melalui tendangan bebas untuk Bayer Leverkusen. Sayangnya, kehebatan bola mati Calhanoglu menurun drastis setelah pindah ke AC Milan pada 2017; dia  hanya mencetak tiga gol dari tendangan bebas.

3. Miralem Pjanic - 26 gol



Meskipun jumlah gol pemain Barcelona itu sama seperti Calhanoglu, Pjanic lebih unggul sedikit karena superioritasnya belakangan ini dibandingkan dengan pemain Turki itu.

Pemain Bosnia itu harus berbagi tanggung jawab bola mati dengan Cristiano Ronaldo dan Paolo Dybala di Juventus, tetapi Pjanic membanggakan rekor tendangan bebas yang lebih baik dalam balutan warna Bianconeri daripada kedua pemain itu.

Pjanic yang sekarang berada di Barcelona, mungkin harus mengganti tugas tendangan bebas dengan Lionel Messi, tetapi mengingat tingkat konversi yang luar biasa, ia harus meyakinkan dirinya agar lebih dipercaya oleh pendukung Blaugrana dalam hal pengambilan tendangan bebas.

Pemain berusia 30 tahun itu telah mencetak 22 gol melalui tendangan bebas dalam karier klubnya, dengan empat gol lainnya untuk tim nasionalnya. Menariknya, 68% dari gol tendangan bebas dalam karirnya terjadi dalam lima tahun terakhir, yang menjadikannya salah satu yang terbaik dalam urusan tendangan bebas saat ini.

2. Lionel Messi - 53 gol



Sebenarnya Lionel Messi bukanlah ahli tendangan bebas. Kemampuannya dalam mengambil tendangan bebas adalah keterampilan yang disempurnakan sedemikian rupa sehingga tidak ada yang bisa menyainginya di Barca hingga saat ini.

Pemain Argentina bertubuh mungil ini menjadi yang terbaik dalam mencetak tendangan bebas untuk beberapa waktu sekarang, tidak hanya untuk kecepatan luar biasa saat dia melepaskannya, tetapi juga untuk kualitas.

Gol tendangan bebasnya dari jarak 35 yard saat melawan Liverpool adalah hal yang menakjubkan atau golnya saat melawan Amerika Serikat pada 2016 lalu cukup menjadi bukti bahwa La Pulga memang salah satu spesialis tendangan bebas terbaik saat ini.

Dari 53 gol tendangan bebas yang telah dicetak Lionel Messi, 47 golnya datang dari Blaugrana sementara sisanya datang dalam warna Argentina.

1. Cristiano Ronaldo - 57 gol



Pemain Portugal itu memang sudah menurun dalam urusan mengambil tendangan bebas, baik di Juventus ataupun timnas Portugal. Namun pencapaian golnya di masa lalu melalui tendangan bebas, masih sangat menakjubkan hingga sekarang.

Terkenal karena mempopulerkan The Knuckleball, Ronaldo telah mencetak beberapa gol terbaik di masa produktifnya dahulu, termasuk golnya baru-baru ini ke gawang Swedia yang menghasilkan gol ke-100 untuk Seleccao.  

Mungkin salah gol tendangan bebas yan bisa dikatakan sebagai gol Master Piece CR 7 adalah golnya ke gawang Portsmouth saat masih berseragam Manchester United.